Selasa, 24 Desember 2019

Tips dan Cara Untuk Bikin Sepatu Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Semua orang pasti menginginkan sepatu berkualitas yang tahan lama walaupun sudah sering digunakan sehari-hari. Namun apa jadinya jika sepatu yang telah dibeli dengan harga mahal malah rusak dalam waktu singkat atau penampilan yang terlihat kusam berbeda saat pertama kali dibeli. Terkadang sepatu yang kita beli memang memiliki kualitas bagus namun cara perawatan yang salah malah bikin sepatu menjadi cepat rusak.



Tips Bikin Sepatu Tidak Mudah Rusak

Perawatan yang salah dapat menyebabkan sepatu menjadi lebih cepat rusak dari umur yang seharusnya sehingga cara perawatan memang harus diperhatikan. Berikut cara merawat sepatu agar awet dan tidak cepat rusak.

1.    Mengeringkan sepatu dengan benar
Sepatu memang sudah umum dikenal membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengeringan bisa seharian bahkan hingga 2 hari. Namun sepatu yang dibiarkan lembab terlalu lama dapat menyebabkan sepatu menjadi cepat rusak bahkan meninggalkan bau yang tidak sedap.
Sebaiknya untuk mengeringkan sepatu menggunakan hair dryer mode dingin agar cepat mengering dan biarkan di tempat terbuka terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Jangan sekali-kali menggunakan hair dryer dalam mode panas karena akan merusak sepatu. Sebaiknya anda juga selalu menyediakan sepatu cadangan ketika sepatu lainnya dibersihkan.

2.    Mencuci sepatu sneakers dengan benar
Teknologi yang semakin canggih membuat adanya fitur untuk mencuci sepatu sneakers menggunakan mesin cuci. Banyak orang yang menggunakan fitur ini agar lebih praktis dan instan namun ternyata mencuci dengan menggunakan mesin cuci dapat merusak sneakers bahkan menjadi rentan terkena goresan.

Sebaiknya untuk mencuci sneakers secara manual tanpa menggunakan mesin cuci. Lepas tali sepatu dan sol terlebih dahulu kemudian cuci dengan perlahan agar tidak merusak sepatu menggunakan deterjen. Gunakan sikat gigi bekas yang masih layak pakai untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

3.    Menghilangkan noda dari sepatu baru
Membeli sepatu baru merupakan hal yang membahagiakan sehingga kita selalu ingin buru-buru langsung mengenakannya. Namun terkadang sepatu baru dapat menyebabkan noda pada kaos kaki ataupun kaki. Tentu hal ini sangat menyebalkan. Bukan berarti hal ini membuat kualitas sepatu menjadi jelek karena hal ini memang sudah umum terjadi.

Untuk menghilangkan noda pada sepatu baru, gunakan bedak talek. Gosokkan bedak pada bagian dalam permukaan sepatu secara merata kemudian gunakan kain bersih untuk membersihkan sisa-sisa bedak. Anda juga bisa mengganti bedak talek dengan menggunakan bedak bayi atau tepung.

4.    Membersihkan noda pada sepatu kain
Sepatu kain dikenal sangat susah diberikan karena kotoran yang menempel hingga ke dalam kain namun jangan khawatir karena anda bisa menggunakan jeruk lemon untuk membersihkan noda. Jeruk lemon dikenal dapat dengan mudah mengangkat kotoran bahkan selalu menjadi bahan sabun cuci piring.

Caranya cukup dengan memotong jeruk lemon menjadi dua bagian kemudian gosokkan secara perlahan pada bagian yang kotor. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air biasa. Jeruk lemon dapat mengangkat kotor namun tetap menjaga warna sepatu tetap bagus tanpa merusaknya.

5.    Gunakan lilin
Goresan pada sepatu pastinya akan membuat tampilan sepatu menjadi kusam dan tidak menarik lagi terutama ada sepatu kulit. Untuk melindungi permukaan sepatu dari goresan, anda bisa menggosok lilin pada permukaan sepatu cukup sedikit saja. Lapisan tipis dari lilin efektif melindungi permukaan sepatu dari goresan dan kotoran bahkan dari air membuat sepatu tidak mudah basah. Lilin juga dapat bikin sepatu terlihat mengkilap.

Deskripsi : bikin sepatu menjadi lebih awet dan tahan lama dapat dengan mudah dilakukan asalkan melakukannya dengan benar. 

0 komentar:

Posting Komentar