Selasa, 26 November 2019

Cara Merawat Print Kain Supaya Tahan Lama


Kain printing sudah popular sejak dulu. Salah satunya dibuat pada kain batik. Tapi sekarang tidak hanya kain batik saja yang dibuat dengan metode printing. Banyak baju, hijab dan item fashion lainnya yang dibuat dengan metode printing. Kain ini dibuat dengan mesin digital khusus dan dicetak dengan tinta khusus, sehingga menghasilkan motif yang tajam, cerah dan berkualitas. Supaya bisa digunakan dalam waktu lama, anda harus merawat print kain dengan baik. berikut ini cara merawat kain printing supaya tahan lama.


Teknik Mencuci
Dengan menggunakan teknik mencuci yang benar akan membuat kain printing anda lebih awet. Kain printing lebih baik dicuci dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Jika menggunakan mesin cuci akan membuat serat kain rusak dan warna cepat memudar. Selain itu pilih detergen khusus yang bisa merawat kain dengan baik. anda bisa memilih detergen yang kandungannya kimianya tidak terlalu tinggi. Detergen cair bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merawat kain printing.
Membersihkan Noda Membandel di Kain Printing
Jika kain printing terkena noda membandel yang susah dibersihkan, jangan langsung panik. Anda bisa membersihkannya dengan kulit jeruk. Bisa juga dengan merendam kain sebentar dengan detergen cair, kemudian kucek sampai bersih. Jangan merendam kain terlalu lama, karena bisa membuat serat kain cepat rusak. selain itu saat mengucek kain lakukan secara perlahan, tidak perlu menggunakan sikat cucian. Karena bisa merusak kain. Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk mengangkat noda yang membandel. Membersihkan noda yang membandel di kain printing, harus disesuaikan dengan jenis nodanya.
Teknik Menjemur
Semua orang pasti bisa menjemur pakaian dengan baik. tapi sayangnya banyak yang menggunakan teknik salah. Sehingga kain cepat pudar warnanya. Setelah dicuci anda bisa mengeringkan kain dengan mesin cuci pengering. Ini akan membuat proses menjemur lebih cepat. Jika tidak memiliki mesin cuci, bisa diperas manual dengan tangan. Tapi pastikan jangan memeras terlalu keras, karena bisa merusak serat kain. Jemur kain di sinar matahari dan letakan bagian dalam di bagian luar. Jika kain tidak terlalu tebal, anda cukup meletakan di tempat teduh dan mengangin-anginkannya. Ini akan membuat serat kain tetap terawat dengan baik dan warna kain tidak cepat pudar.
Teknik Menyetrika
Saat menyetrika kain printing, harus disesuaikan dengan jenis kainnya. Untuk kain satin atau sifon, anda harus lebih hati-hati menyetrikanya. Jangan gunakan suhu yang terlalu panas, karena bisa membuat kain cepat rusak dan bolong. Jika kainnya cukup tebal, lebih mudah untuk menyetrikanya. Jenis kain sifon atau satin, bahkan tidak disetrika pun tak masalah. karena setelah dijemur akan tetap rapi. Jangan lupa semprotkan pewangi, supaya proses menyertika lebih mudah dan cepat. Tapi jangan semprotkan pewangi terlalu dekat, karena bisa merusak kain.
Teknik Penyimpanan
Menyimpan kain printing bisa disesuaikan dengan item fashionnya. Untuk jilbab harus disimpan dengan bentuk yang tepat, supaya jilbab bisa dikenakan dengan bagus di kepala. Untuk baju anda bisa menyimpan dengan melipatnya. Pastikan untuk menyimpan di tempat yang kering. Supaya kain tidak cepat berjamur dan bau. Anda bisa menambahkan pewangi lemari pakaian, supaya baju anda tetap tercium wanginya.
Dengan melakukan semua perawatan diatas, akan membuat print kain anda terawat dengan baik. tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

0 komentar:

Posting Komentar