Kamis, 14 November 2019

Berselancar di Pantai Pangandaran, Ombak Ganas Pemacu Adrenalin Peselancar Handal


Berselancar di Pantai Pangandaran tidak hanya difavoritkan oleh para peselancar handal dalam negri saja, namun juga peselancar dari luar negri. Menurut beberapa peselancar, ombak yang ada di Pangandaran sangat cocok untuk Berselancar.



Bukan hal baru bagi pada penduduk asli di sekitar Pangandaran, karena selama ini ada banyak atlit peselancar nasional yang berasal dari Pangandaran dan dalam kompetisi nasional telah mampu mengharumkan nama daerahnya.

Hal Apa Saja yang Menjadi Magnet Untuk Berselancar di Pantai Pangandaran

Ada banyak alasan yang menjadi daya tarik bagi para penantang ombak di Pantai Pangandaran. Berikut penjabarannya dilansir dari harapanrakyat.com.

1.             Tidak hanya sebagai tempat berselancar namun juga berwisata
Pantai Pangandaran merupakan pantai yang membentang sejauh 91 km. Lokaisnya berada di Desa Pangandaran, Jawa Barat. Sepanjang pantai tersuguh pemandangan alam yang indah misalnya Pantai Pangandaran sebelah timur terdapat cagar alam, hutan mangrove. Di wilayah timur juga terdapat Pelabuhan Nelayan Cikidang sehingga bagi Anda yang menyukai seafood, banyak tersedia di antai timur Pangandaran ini.

Tempat wisata yang ada ditunjang dengan akses yang mudah dan ketersediaan hotel untuk menginap, sehingga jika Anda tidak hanya ingin berselancar namun juga ingin berwisata bersama keluarga, Pantai Pangandaran menyediakan semua yang dibutuhkan.

2.             Terdapat titik-titik pecah ombak yang memacu adrenalin
Di Pangandaran terdapat beberapa titik yang sering dijadikan spot peselancar dari barat ke timur pantai. Lokasi tersebut diantaranya Pantai Pasir Putih Timur, Pantai Bulak Sentra, Pantai Barat, blok Batu Mandi dan masih banyak lainnya.

Jika Anda sudah mahir dalam berselancar, Anda bisa menjajal pantai dengan ombak yang cukup memacu adrenalin yakni pantai di blok Batu Mandi yang terdapat di Pasir Putih Pangandaran, Jarak yang harus ditempuh yakni dengan jalan kaki 10 menit dari pintu masuk hutan cagar alam. Bagi Anda yang belum terlalu mahir, lokasi ini sebaiknya Anda hindari karena ombaknya yang ganas yang dapat membahayakan bagi para peselancar pemula.

Jika Anda ingin berselancar di Pantai Pangandaran dengan ombak yang memanjang, maka spot Pantai Bulak Laut dan Pantai Barat bisa menjadi pilihan. Musim ombak pada spot ini yaitu pada sekitar bulan Agustus sampai September. Pada bulan-bulan tersebut umumnya para peselancar berdatangan.

3.             Adanya komunitas peselancar yang aktif
Terdapat setidaknya 5 komunitas peselancar di Pantai Pangandaran. Komunitas tersebut dibagi-bagi berdasarkan tingkat kemampuan peselancar dan berdasarkan ukuran papan Berselancar yang digunakan. Jika Anda masih pemula, Anda tidak perlu khawatir karena keberadaan komunitas tersebut akan sangat membantu Anda meningkatkan kemampuan berselancar Anda. Kegiatan berselancar oleh komunitas diadakan setiap hari tergantung kondisi ombak.

4.             Tempat lahirnya atlit-atlit peselancar nasional
Terdapat beberapa atlit nasional yang merupakan peselancar di Pantai Pangandaran. Beberapa atlit bahkan pernah menjuarai kompetisi Berselancar tingkat nasional sehingga jika Anda Berselancar di Pantai Pangandaran, sangat mungkin Anda menemui atlit-atlit dan menimba ilmu dari profesi peselancar tersebut.

5.             Kompetisi tahunan
Baru-baru ini (tanggal 28 Agustus 2019), diadakan kompetisi berselancar yaitu kejuaraan Berselancar Competition 2019 di Pantai Barat Pantai Pangandaran. Terdapat beberapa gagasan yang lahir setelah event tersebut diadakan, misalnya menurut atlet Berselancar asal Pangandaran, Dian Herdianto. Dian menyampaikan harapan agar ke depan kejuaraan Berselancar dijadikan event tahunan di Pantai Pangandaran. Selain itu dia berharap di beberapa titik pantai Pangandaran ditetapkan sebagai zona Berselancar sehingga Pantai Pangandaran dapat menambahkan satu lagi list varian atraksi wisata pantai yaitu Berselancar.

Bagi Anda yang juga memiliki hobi menantang ombak, tentu sangat menarik untuk rajin-rajin mengunjungi Pantai Pangandaran untuk dapat menikmati ombak bersama peselancar handal yang lain. Bagi Anda yang baru mulai mencoba, tidak jadi masalah untuk Berselancar di Pantai Pangandaran. Anda dapat bergabung bersama komunitas yang ada sesuai dengan kapabilitas dan besar papan yang digunakan. Selain Anda mempelajari tentang cara peselancar handal menaklukan ombak, informasi mengenai pentingnya memahami kondisi gelombang dari para professional tentu menambah wawasan tentang pentingnya keamanan ketika Anda ingin berselancar.

0 komentar:

Posting Komentar