Jumat, 13 September 2019

Mainan Star Wars Yang Berharga Juta-an Dolar

Star Wars episode VIII: The Last Jedi sudah lama dikeluarkan, membuat juta-an fans menggila. Sekarang, film maupun mainan star wars jadi satu diantara waralaba film dengan penghasilan terbesar, jauh di atas Harry Potter. Tetapi, apa yang membuat waralaba film ini jadi penting? Kegilaan fans dari beberapa generasi yang membuat waralaba ini jadi berkepanjangan. Semenjak pertama-tama dibikin pada 1977 oleh George Lucas, film ini sudah merampas perhatian serta cinta dari beberapa orang.



Tahun kemarin, Wali Kota Chicago Rahm Emanuel membuat proposal dengan jual obligasi sejumlah lebih dari $1,5 miliar untuk bikin museum dengan topik "Star Wars." Museum itu gagasannya akan dinamakan The Lucas Museum of Narrative Art itu akan berisi koleksi lukisan, contoh, serta seni digital punya Lucas yang terkait dengan semua pernak-pernik Star Wars. Gagasannya, dia akan dibangun dalam suatu tanah di pinggir Danau Michigan dekat Soldier Field, tempat team American football Chicago Bears.

Film pertama yang dikasih judul Star Wars Episode IV: A New Hope habiskan bujet sebesar 11 juta dolar, tetapi penghasilan film ini sampai $775,4 juta. Film selanjutnya yang bertopik The Empire Strikes Back (1980) memperoleh penghasilan tinggi dengan nilai $538,4 juta. Sesaat, untuk film seterusnya Return of the Jedi (1983) mendapatkan pendapatan sejumlah $475,1 juta. Waralaba ini pasti tidak menghasilkan tiga film. Sampai sekarang, ada sembilan film yang dibuat dengan keseluruhan penghasilan sampai $30,5 miliar.

Star Wars berkembang dari film mengenai perjuangan remaja untuk cari identitasnya, jadi waralaba dengan nilai miliaran dollar. Bukan sekedar film, waralaba ini mendatangkan buku, seri tv, video games, komik, serta mainan. Sekarang Star Wars menggenggam rekor dari Guinness World Records untuk waralaba dengan penghasilan paling tinggi di dunia. Pada 2012, Walt Disney beli Lucasfilm, pemilik hak cipta Star Wars, dengan nilai $4,06 miliar.

Menariknya, penghasilan dua film paling baru Star Wars, yakni Rogue One serta Force Awakens memberikan indikasi jika waralaba ini masih berkibar serta penghasilan mereka selalu bertambah. Fortune serta Forbes turunkan laporan bagaimana Star Wars jadi merk dagang paling mengundang selera. Hampir tiap produk dapat ditempeli serta dibikin dengan gimik Star Wars, dari mulai air minum dalam paket sampai sandal kempit.



Data dari Box Office Mojo, mengatakan penjualan keseluruhan semua penjualan enam film awal Star Wars sampai film animasi Star Wars: The Clone Wars yang dikeluarkan pada 2008, sekarang sudah sampai $5,2 miliar. Angka ini belum juga sesuai dengan inflasi. Fortune memprediksi penghasilan tujuh film Star Wars dengan inflasi sekarang sampai $7,3 miliar. Itu cuma hasil penjualan ticket dari bioskop, belum terhitung penjualan film-filmnya dari kaset VHS sampai unduhan digital.

Data dari Statistic Brain Research Institute, penghasilan yang didapat dari penjualan DVD, sewa, penjualan digital, serta penjualan VHS sampai ini hari sudah sampai $5,3 miliar dolar. Data itu belum juga ditambah lagi penjualan film dari The Force Awakens yang sampai $458 juta serta Rogue One yang belum juga dikeluarkan penghasilan penjualan fisiknya.

Berapakah banyak Disney mengeruk laba dari penjualan beberapa merchandise Star Wars?

Mainan terbanyak dicari waktu natal 2015 ialah tiruan BB-8 droid dari Star Wars. Banyak beberapa anak sampai orang dewasa mengincar mainan mungil ini. Bukan sekedar lucu, mainan yang dapat dikontrol dengan hp ini membuat penjualan merchandise Star Wars naik gila-gilaan. Fortune memprediksi penjualan mainan ini akan menaklukkan penjualan mainan lain dalam sisi jumlahnya. Bloomberg memprediksi nilai pasar mainan, action figur serta mainan fisik Star Wars seperti lego akan menghasilkan pasar dengan nilai $5 miliar.

Fortune mengatakan sekarang ada 100 judul game yang terkait dengan Star Wars dengan nilai penghasilan sampai $3 miliar. Sekarang ada banyak judul game yang dikeluarkan dari beberapa konsol. Satu diantara game yang paling sukses ialah Star Wars: Battlefront. Game ini mendatangkan pengalaman jadi pemberontak serta berjenis first person shooter serta third person shooter bergantung hasrat. Game ini sudah terjual lebih dari 14 juta kopi serta mendatangkan penghasilan sampai $1,28 miliar. Belakangan ini, ada berita game Star Wars Battlefront II melaju serta direncanakan akan membuahkan penjualan yang tambah tinggi.

Tidak hanya game serta mainan, buku jadi satu diantara sumber penghasilan penting dari Star Wars. Sekarang sudah ada 360 buku yang terkait dengan Star Wars dari 76 penulis berlainan. Sekarang penghasilan dari penjualan buku serta komik sampai $1,8 miliar. Buku pertama dikeluarkan pada 1978 serta sekarang sudah ada 10 novel Star Wars yang dapat dibaca buat beberapa penggila waralaba ini. Ada rewrite off atau narasi samping, sampai kanon penting narasi yang menerangkan siapa Skywalker, Sith, Jedi, serta apakah itu Force.

Nilai penghasilan yang didapat Disney lewat waralaba Star Wars menaklukkan penghasilan dari waralaba lain. Dengan nilai keseluruhan hampir $40 miliar, sampai sekarang Star Wars menaklukkan Harry Potter dengan nilai waralaba $25 miliar, James Bond $33 miliar, Twilight sampai $6 miliar, serta Lord of The Rings yang sampai $6 miliar. Penghasilan Disney direncanakan akan melompat tahun ini, bersamaan dengan rilisnya Star Wars episode VIII: The Last Jedi.

0 komentar:

Posting Komentar