Kamis, 22 Agustus 2019

Troubleshooting Masalah Konektivitas Mac Bluetooth Tidak Tersedia

Standar Bluetooth telah berevolusi secara mantap dari waktu ke waktu, dan tetap menjadi salah satu perkembangan nirkabel paling bermanfaat selama 15 tahun terakhir. Keyboard nirkabel, headphone, ponsel cerdas kami, dan teknologi seperti AirPlay dan AirDrop semua mengandalkan standar Bluetooth yang selalu berubah.

Tetapi semuanya bisa dan memang salah: perangkat tidak akan berpasangan, pengeras suara tidak berfungsi, dan file tidak akan ditransfer. Inilah yang harus dicoba ketika Anda memiliki masalah Bluetooth.

Catatan: Jika Mac Anda menjadi tidak responsif dalam hal konektivitas Bluetooth, lanjutkan.

Pertama: Periksa Perangkat Anda
Perangkat Anda harus hidup, dan perlu memiliki baterai. Ini mungkin terdengar jelas, tetapi ada baiknya memeriksa sebelum Anda berusaha keras memperbaiki masalah yang tidak benar-benar ada. Jika Anda belum memasangkan perangkat ini sebelumnya, pastikan Anda melakukannya dengan benar (dan itu terlihat oleh Mac Anda).

Jika Anda mencoba membuat speaker Bluetooth atau perangkat audio lainnya berfungsi, telah memasangkannya, dan bertanya-tanya mengapa Anda tidak dapat mendengar apa pun maka Anda harus memastikan itu dipilih sebagai output utama Anda di bawah System Preferences > Sound > Output. Anda juga dapat mengklik tombol Volume di bilah menu dan memilih perangkat audio Anda di sana.

Hal yang sama berlaku untuk headset Bluetooth dengan mikrofon: buka tab Input dan pilih perangkat Bluetooth Anda di sana. Mac Anda harus mengingat pilihan Anda untuk kali berikutnya Anda menghubungkan perangkat audio nirkabel.

Nonaktifkan dan Aktifkan Kembali Bluetooth
Untuk versi yang lebih cepat dari restart seluruh Mac Anda, pergi ke System Preferences> Bluetooth dan klik Turn Off. Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth dengan mengklik ikon bilah menu - klik Aktifkan untuk mencoba lagi. Saya menemukan ini berguna untuk menyelesaikan masalah transfer file antara Mac dan iOS melalui AirDrop.

Anda juga dapat mencoba mematikan proses Bluetooth sepenuhnya, meskipun ini tidak seefektif membunuh proses inti Mac lainnya untuk memperbaiki masalah. Buka Terminal dan masukkan sudo pkill blued diikuti dengan kata sandi admin Anda. Ini akan mematikan dan memulai kembali proses latar belakang, memungkinkan Anda untuk mencoba lagi.

Pasangkan Perangkat Anda Lagi
Jika Anda sudah memasangkan perangkat di masa lalu, opsi lain adalah memberi tahu Mac Anda untuk melupakannya dan mulai lagi. Anda dapat mengungkapkan semua perangkat Bluetooth yang saat ini dipasangkan di System Preferences> Bluetooth. Temukan apa pun yang menyebabkan Anda mengalami masalah, pilih itu, lalu klik "X" diikuti oleh Remove untuk menyingkirkannya.
Baca Juga
Anda sekarang harus memasangkan perangkat lagi, yang sebagian besar melibatkan menahan tombol hingga lampu berkedip.

Reboot, Hapus, Setel Ulang
Mem-boot ulang Mac Anda di Apple> Restart akan memperbaiki hampir setiap masalah Bluetooth, terutama yang mengalami kerusakan pada modul Bluetooth dan Anda mengalami macOS yang tidak responsif. Demikian pula, melepas semua perangkat USB dapat membantu (menurut Apple) sehingga Anda mungkin ingin mencobanya juga.

Anda juga dapat mencoba mengatur ulang PRAM Mac Anda, yang seringkali dapat menjadi penyebab masalah konektivitas nirkabel.

Kesalahan “Bluetooth Not Available”
macOS menyimpan informasi tentang perangkat Bluetooth dalam dua file di hard drive Anda, satu yang bersifat pribadi untuk Anda dan yang lainnya digunakan oleh semua pengguna di Mac Anda. Menghapus file-file ini sering dianjurkan ketika pengguna menemukan masalah Bluetooth, karena memaksa macOS untuk membuat yang baru ketika komputer Anda restart.

Kedua file tersebut adalah file PLIST yang digunakan di seluruh sistem operasi untuk menyimpan data aplikasi dalam format XML. Untuk menghapus dan membuat ulang file-file ini:
  • Buka Finder dan klik Go> Go to Folder dari menu bar.
  • Ketik atau rekatkan / Perpustakaan / Preferensi.
  • Cari file bernama com.apple.Bluetooth.plist dan seret ke Sampah.
  • Klik Go> Go to Folder lagi dan ketik atau rekatkan ~ / Library / Preferences / ByHost
  • Cari file yang dimulai dengan com.apple.Bluetooth diikuti dengan angka dan huruf (finishing .plist) dan seret ke Sampah.
  • Putuskan sambungan semua perangkat USB dan matikan komputer Anda.
  • Matikan perangkat Bluetooth Anda, dan mulai lagi Mac Anda.
  • Aktifkan Bluetooth di perangkat Anda dan coba memasangkan lagi.

Nuke Modul Bluetooth Anda
Sebagai upaya terakhir, Anda dapat mencoba mengatur ulang modul Bluetooth Anda ke pengaturan pabrik. Ini berarti Anda akan kehilangan semua koneksi pasangan yang ada. Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba semua hal di atas, itu mungkin harga kecil untuk membayar agar perangkat Anda berfungsi kembali.

Jika Anda belum mendapatkan ikon Bluetooth di bilah menu, buka System Preferences> Bluetooth dan periksa Show Bluetooth di bilah menu. Sekarang tahan Shift + Option dan klik ikon Bluetooth di menubar. Di menu yang muncul, pilih Debug> Reset modul Bluetooth. Anda sekarang dapat mencoba memasangkan kembali perangkat Anda.

Juga, Opsi + Klik sering mengungkapkan lebih banyak informasi dan opsi dalam menu konteks, sementara tombol shift memungkinkan menu debug. Lihat apa lagi yang dapat Anda lakukan dengan tombol opsi Mac.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar