Jumat, 16 Agustus 2019

Cara Screen Recorder (Merekam layar) di Mac

Ada banyak waktu ketika merekam layar Mac Anda bisa berguna. Mungkin Anda ingin membuat tutorial screencast. Mungkin Anda sedang membuat presentasi bisnis. Atau mungkin Anda tertarik untuk membuat catatan video sendiri.

Apa pun alasannya, itu sederhana, dan Anda memiliki beberapa cara berbeda untuk melakukannya. Jadi, inilah cara merekam layar Anda di Mac dengan beberapa metode.

Cara Merekam di Mac Dengan QuickTime
QuickTime hadir dengan pra-instal pada Mac Anda dan Anda dapat melakukan banyak hal dengannya, seperti memutar file video misalnya. Jadi menggunakan alat ini untuk merekam layar Anda masuk akal. Buka QuickTime Player, lalu pilih File > New Screen Recording dari bilah menu.

Klik panah di sebelah tombol merah untuk mengatur rekaman. Di sini, pilih dari None atau Internal Microphone untuk audio Anda dan periksa atau hapus centang Show Click Clicks in Recording.

Sekarang tekan tombol merah, lalu cukup klik untuk merekam seluruh layar Anda, atau seret untuk memilih bagian tertentu darinya, dan mulai merekam. Ini akan menempatkan ikon QuickTime Player di bilah menu Anda. Ketika Anda selesai merekam, cukup klik tombol itu.

Rekaman Anda akan langsung terbuka untuk Anda tonton. Untuk menyimpannya, pilih File> save dari bilah menu, beri nama rekaman Anda, dan pilih lokasinya. Klik save dan Anda selesai.

Manfaat
  • Aplikasi ini diinstal pada Mac Anda secara default, jadi tidak ada biaya tambahan atau pemasangan.
  • QuickTime Player menawarkan fitur tambahan seperti perekaman film dan audio.
  • Anda dapat menggunakan AirPlay atau opsi berbagi langsung dari video yang direkam.
Cara Merekam di Mac Dengan Utilitas Screenshot
Salah satu fitur baru yang hadir bersama macOS Mojave adalah utilitas tangkapan layar. Alat keren ini memungkinkan Anda menangkap rekaman layar selain tangkapan layar.

Untuk membuka utilitas, tekan Cmd + Shift + 5 pada keyboard Anda. Di bagian bawah jendela yang menampilkan, Anda akan melihat dua opsi untuk Merekam Seluruh Layar dan Merekam Bagian yang Dipilih.

Jika Anda memilih Rekam Seluruh Layar, ikon kamera akan muncul. Ini berguna jika Anda menggunakan lebih dari satu monitor. Cukup pindahkan kamera ke layar yang ingin Anda rekam dan klik untuk memulai perekaman.

Jika Anda memilih Rekam Bagian yang Dipilih, seret sudut kotak yang Anda lihat untuk menyesuaikan ukuran. Anda juga dapat memindahkan kotak ke area lain di layar Anda. Klik Rekam untuk mulai merekam.
Baca Juga
Manfaat
  • Utilitas tangkapan layar adalah fitur baru dari macOS Mojave, jadi gratis dan tidak perlu menginstal perangkat lunak.
  • Fitur-fitur termasuk mikrofon internal untuk audio, timer untuk rekaman waktunya, dan kemampuan untuk menampilkan klik mouse untuk tutorial.
  • Seperti QuickTime, Anda dapat menggunakan AirPlay atau opsi berbagi langsung dari video yang direkam.
Cara Merekam di Mac Dengan Aplikasi Pihak Ketiga
Dengan dua opsi di atas, tidak ada alasan untuk mencari aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar Mac Anda kecuali Anda menginginkan atau membutuhkan lebih banyak fitur. Berikut adalah beberapa opsi yang menawarkan sedikit tambahan.

Viking Recorder Lite
Setelah Anda menginstal Viking Recorder Lite, ikon praktis akan muncul di bilah menu Anda, memungkinkan Anda memulai rekaman dalam sekejap. Anda dapat menangkap seluruh layar Anda atau hanya sebagian saja, memasukkan audio bersama dengan klik mouse, dan menyesuaikan pengaturan codec dan bingkai.

Untuk memulai, pilih Mulai Perekaman Layar dari kotak dropdown bilah menu dan buat penyesuaian pengaturan Anda di jendela sembulan. Pilih Stop Recording dari dropdown ketika Anda selesai dan kemudian ikuti prompt untuk menyimpan rekaman Anda.

Fitur yang menonjol
  • Viking Recorder Lite hadir dengan editor film dan pengunduh YouTube bawaan.
  • Anda dapat menggunakan tombol cepat, mengubah antarmuka pengguna, melihat balon bantuan, membuat ikon bilah menu berkedip selama perekaman, dan menggunakan Pusat Pemberitahuan.
  • Saat Anda memindahkan jendela Rekaman Baru, Anda dapat melihat pratinjau cepat.
Jika fitur-fitur menonjol ini menarik bagi Anda, maka cobalah Viking Recorder Lite secara gratis. Jika Anda menyukainya dan ingin lebih banyak fitur, termasuk panjang video tanpa batas, Anda dapat melihat versi berbayar.

Unduh: Viking Recorder Lite (Gratis) | Viking Recorder ($ 3)

Smart Recorder Lite
Smart Recorder Lite adalah aplikasi perekaman layar bagus lainnya dengan antarmuka super sederhana. Buka aplikasi dan pilih opsi Anda untuk perangkat tangkap, layar penuh atau sebagian, kualitas layar, sumber audio, dan jalur tersimpan.

Untuk memulai, buka aplikasi, buat penyesuaian pengaturan Anda, lalu klik Mulai Perekaman. Sebuah ikon akan muncul di bilah menu tempat Anda dapat melihat waktu yang telah berlalu saat Anda merekam. Klik ikon itu ketika Anda selesai, dan rekaman Anda akan segera terbuka untuk Anda lihat. Ini juga akan menyimpan ke lokasi yang Anda tentukan dalam pengaturan.

Fitur yang menonjol
  • Smart Recorder Lite memungkinkan Anda merekam layar Anda atau menggunakan kamera FaceTime HD.
  • Anda dapat merekam audio dari sumber tambahan (bahkan lebih dari satu sekaligus), termasuk mikrofon internal, kartu suara komputer, atau perangkat input.
  • Opsi kualitas layar berkisar dari rendah ke tinggi, dan opsi kecepatan bingkai beralih dari 1-30FPS.
Jika Anda suka ini, Anda dapat mengambil Smart Recorder Lite secara gratis. Anda juga dapat melihat versi berbayar, yang menawarkan fitur tambahan seperti waktu perekaman melebihi 300 detik.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar