Jumat, 23 Agustus 2019

Cara Reset Laptop HP ke Pengaturan Pabrik

Pada waktu tertentu, Anda mungkin perlu mengembalikan komputer Windows ke pengaturan pabrik. Mungkin Anda mengalami malware dan perlu awal yang baru, atau mungkin Anda berencana untuk menjual komputer dan menghapusnya.

Apa pun alasannya, kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang harus dilakukan. Berikut ini cara mengatur ulang pabrik laptop HP Anda.

Pertama: Jangan Lupa Untuk Mencadangkan
Sebelum Anda melakukan reset pabrik, Anda harus memastikan Anda memiliki cadangan file Anda. Dalam kebanyakan kasus, melakukan reset pabrik akan menghapus semua data dari mesin Anda.


Reset Pabrik Laptop HP Anda Menggunakan Recovery Manager
Hingga 2018, komputer HP datang dengan alat yang disebut HP Recovery Manager. Anda dapat menggunakan ini untuk mengembalikan laptop ke pengaturan default, tetapi disertai dengan beberapa ketentuan. Untuk melihat apakah Anda telah menginstalnya, buka menu Start dan cari Recovery Manager.

Jika Anda tidak melihatnya, komputer Anda mungkin terlalu baru sehingga tidak menyertakan perangkat lunak. Anda juga tidak dapat menggunakan opsi ini jika Anda telah menghapus partisi HP Recovery di hard drive sistem Anda. Terakhir, alat pemulihan HP hanya berfungsi untuk versi Windows yang dikirimkan komputer Anda. Jadi, jika Anda membeli laptop Anda dengan Windows 8.1 dan kemudian ditingkatkan ke Windows 10, Anda tidak dapat menggunakan utilitas.

Jika Anda memenuhi semua persyaratan ini, Anda dapat menggunakan HP Recovery Manager untuk mengembalikan PC Anda ke keadaan standarnya. Aplikasi ini akan memandu Anda melalui prosesnya, termasuk mencadangkan file Anda terlebih dahulu. Setelah selesai, Anda dapat mengatur Windows lagi.

Lihat halaman HP pada Recovery Manager dan video Dukungan HP di bawah ini untuk bantuan dengan proses ini. Jika komputer Anda tidak memiliki Recovery Manager, HP merekomendasikan untuk menggunakan opsi Windows bawaan (tercakup di bawah).




Reset Pabrik Laptop HP Menggunakan Opsi Pra-Boot
Jika Anda tidak bisa boot ke Windows secara normal, atau Anda tidak memiliki Recovery Manager tersedia, Anda bisa beralih ke opsi pra-boot. Saat memulai laptop, Anda akan melihat beberapa teks di layar yang memberi tahu Anda tombol apa yang perlu Anda tekan untuk mengakses lingkungan startup. Di laptop HP saya, ini adalah tombol Esc, tetapi mungkin berbeda untuk Anda.

Segera setelah Anda mem-boot komputer Anda, tekan tombol dengan cepat sampai ia melompat ke layar opsi. Anda mungkin melihat kunci yang terkait dengan opsi Pemulihan semacam. Di laptop saya, saya harus menekan F10 untuk mengakses menu BIOS Setup terlebih dahulu.

Setelah ini, di bagian Security, saya menemukan opsi berlabel Secure Erase. Ini memungkinkan Anda untuk menghapus seluruh hard drive, berguna ketika Anda berencana untuk memberikan komputer Anda.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda pilih di sini. Komputer Anda mungkin tidak menyertakan opsi untuk menginstal ulang Windows melalui menu ini. Opsi Secure Erase di atas membersihkan hard drive, artinya Anda harus menginstal ulang Windows sendiri.

Opsi Reset Pabrik Windows 10
Jika Anda tidak ingin menggunakan salah satu metode di atas, atau menemukan bahwa mereka tidak berfungsi, Anda dapat beralih ke opsi reset universal di Windows 10. Tidak peduli apa pun laptop yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan ini untuk mendapatkan komputer Anda kembali ke keadaan standarnya.

Lihat panduan kami tentang pengaturan ulang komputer Windows 10 untuk semua yang perlu Anda ketahui tentang ini. Anda dapat menggunakan opsi Reset this PC di Pengaturan, buka opsi startup lanjutan untuk reboot ke lingkungan pemulihan, atau bahkan menginstal ulang Windows dengan media instalasi.

Yang Anda Butuhkan Saat Mereset Laptop HP
Sekarang Anda tahu opsi Anda untuk mengatur ulang laptop HP ke pengaturan pabrik. Tampaknya HP telah mengakui bahwa Windows 10 memiliki opsi reset pabrik yang hebat yang terpasang di dalamnya, menjadikan metode pemulihan sekolah lama kurang penting. Anda mungkin sebaiknya menggunakan itu, tetapi ada baiknya untuk mengetahui apa yang termasuk HP sehingga Anda memiliki semua pangkalan yang dicakup.

Jika Anda lupa kata sandi Windows Anda, Anda tidak harus melalui pengaturan ulang pabrik. Lihat panduan kami untuk mengatur ulang kata sandi Windows 10 yang hilang tentang cara memulihkannya.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar