Rabu, 14 Agustus 2019

Cara Mengubah Tampilan Desktop Windows 10 Sesuai Selera Kita

Meskipun Windows 10 memiliki tampilan yang apik, Anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara membuat Windows 10 terlihat lebih baik. Kami di sini untuk menjelaskan kekayaan opsi penyesuaian yang akan membuat komputer Anda lebih pribadi.

Telusuri metode-metode ini untuk mengubah tampilan dan nuansa Windows, dan komputer Anda akan menjadi tempat yang lebih hidup setelah Anda selesai.

Atur Wallpaper Desktop Baru dan Latar Belakang Layar Kunci
Salah satu cara termudah untuk memberikan tampilan baru pada desktop Anda adalah dengan memilih wallpaper desktop yang sesuai dengan minat Anda. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Pengaturan (menggunakan pintasan keyboard, Win + I jika Anda mau) dan masuk ke bagian Personalisasi.

Di sini, pada tab Latar Belakang, Anda akan menemukan beberapa opsi yang terkait dengan wallpaper desktop Anda. Di kotak dropdown di bawah Latar Belakang, pilih Gambar untuk menggunakan satu gambar. Tekan tombol Browse di bawah ini untuk memilih gambar dari PC Anda.
Jika Anda ingin melampaui gambar statis, coba atur tayangan slide. Pilih folder yang penuh gambar di komputer Anda, dan Windows akan mengubahnya pada interval yang Anda tentukan.

Di bagian bawah, Anda dapat memilih bagaimana gambar Anda pas di layar jika ukurannya tidak tepat. Jika Anda tidak yakin, Fill mungkin akan memberikan hasil terbaik.

Saat Anda di sini, buka tab Layar kunci untuk memilih gambar untuk tampilan itu. Sama seperti desktop Anda, Anda dapat memilih satu gambar atau tampilan slide.

Cat Windows Dengan Warna Favorit Anda
Tetap di jendela Personalisasi, melompat ke bagian Warna untuk opsi kustomisasi mudah lainnya. Pilih warna favorit Anda dari kotak, dan Anda dapat menerapkan warna itu di seluruh Windows.

Jika Anda tidak menyukai salah satu warna standar, buka warna Kustom untuk kontrol lebih rinci. Setelah Anda memilih satu, centang kedua kotak di bawah Tampilkan warna aksen pada permukaan berikut untuk menerapkannya pada bilah judul aplikasi, serta elemen Windows seperti Taskbar dan menu Mulai.

Juga di menu ini, Anda dapat menonaktifkan efek transparansi Windows 10 dan memilih antara mode terang dan gelap. Jika Anda benci dibutakan oleh cahaya putih, ini adalah cara utama untuk membuat Windows 10 terlihat lebih baik.

Tetapkan Gambar Akun
Siluet abu-abu umum yang mewakili akun pengguna Windows 10 Anda di luar kotak membosankan. Anda dapat mempersonalisasi akun Anda dengan foto khusus, yang sangat berguna pada sistem multi-pengguna.

Untuk melakukan ini, kunjungi Pengaturan> Akun> Info Anda. Di sini Anda dapat memilih Kamera untuk mengambil foto baru dengan webcam Anda, atau Jelajahi untuk mengunggah gambar dari PC Anda.

Setelah diatur, Anda akan melihat ikon ini di beberapa tempat di sekitar antarmuka Windows.

Merevisi Menu Start
Kemungkinannya adalah Anda sering menggunakan menu Start untuk meluncurkan program dan mencari file Anda. Untuk merampingkannya, Anda harus menghapus ubin sampah dan aplikasi yang tidak Anda pedulikan.

Untuk menghapus ubin dengan cepat dari Start Menu, klik kanan dan pilih Unpin from Start. Anda juga dapat menghapus semua ubin dalam grup dengan mengklik kanan nama grup dan memilih Unpin group dari Start.
Baca Juga
Selanjutnya, Anda dapat membuat menu Start lebih bermanfaat dengan menyeret aplikasi yang sebenarnya Anda gunakan dari daftar ke area ubin di sebelah kanan. Ini bertindak sebagai pintasan, dan aplikasi dengan Live Tiles bahkan dapat memperbarui dengan informasi baru secara real time.

Saat berada di menu Mulai, Anda juga harus meluangkan waktu untuk menghapus bloatware Windows 10. Pengguna tingkat lanjut mungkin malah mempertimbangkan untuk membersihkan dan merapikan windows 10

Rapikan dan Atur Desktop Anda
Memiliki banyak ikon desktop dapat menghalangi wallpaper yang Anda pilih. Banyak orang menggunakan desktop mereka sebagai tempat pembuangan umum untuk file yang mereka belum tahu apa yang harus dilakukan, sehingga membuatnya semakin cepat berantakan.

Beberapa langkah cepat dapat membuat desktop Anda menjadi tempat yang lebih waras. Jika Anda mengalami situasi yang sangat berantakan, Anda mungkin perlu panduan kami untuk membersihkan desktop Anda untuk.

Sembunyikan Ikon Sistem di Desktop
Pertama, Anda mungkin ingin menyembunyikan ikon Windows standar seperti PC ini sehingga tidak membuang-buang ruang. Untuk melakukan ini, kunjungi Pengaturan> Personalisasi> Tema dan klik tautan Pengaturan ikon desktop di sisi kanan jendela.

Ini akan memunculkan jendela kecil baru, tempat Anda dapat menghapus centang ikon Windows yang tidak ingin ditampilkan.

Atur Ikon Desktop
Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan beberapa alat untuk mengatur ikon Anda dengan mengklik kanan ruang kosong di desktop Anda dan memilih Lihat. Ini memungkinkan Anda mengubah ukuran ikon, mengaturnya secara otomatis, dan mengambil semua ikon ke kisi.

Jika Anda suka, Anda bahkan dapat menghapus centang pada ikon desktop untuk menyembunyikan semuanya. Perhatikan bahwa ini tidak menghapus file Anda; itu hanya menghapus ikon. Anda masih dapat menelusuri file di desktop menggunakan File Explorer.

Setelah Anda mendapatkan tata letak visual seperti yang Anda suka, gunakan opsi menu Sort by untuk secara otomatis mencantumkan ikon desktop Anda dengan berbagai kriteria.

Kustomisasi Suara Windows
Sejauh ini, kami telah melihat cara membuat Windows terlihat lebih baik secara visual. Tetapi Anda dapat menyesuaikan bagaimana suara Windows juga. Hanya perlu sedikit usaha untuk mengesampingkan suara default generik.

Untuk menyesuaikan ini, buka Pengaturan> Sistem> Suara dan klik tautan Panel Kontrol Suara di sisi kanan. Di jendela yang dihasilkan, beralih ke tab Suara.

Di sini Anda akan melihat daftar berbagai acara yang dimainkan oleh Windows. Masing-masing yang saat ini memiliki kumpulan suara menampilkan ikon speaker di sebelahnya. Sorot yang ingin Anda pratinjau, lalu klik tombol Uji untuk mendengarnya. Untuk mengganti suara, sorot dan pilih suara baru dari menu dropdown.

Jika Anda tidak dapat menemukan yang Anda sukai, klik tombol Browse untuk memilih file dari komputer Anda. Perhatikan bahwa semua suara Windows harus dalam format WAV agar berfungsi dengan benar.

Jadikan Windows 10 Cantik Dengan Rainmeter
Tidak ada diskusi tentang bagaimana membuat Windows 10 terlihat keren selesai tanpa menyebutkan Rainmeter. Ini adalah alat kustomisasi desktop terbaik, dan sempurna untuk pengguna yang lebih maju yang tidak puas dengan apa yang telah kami bahas di atas.

Lihat juga alat terbaik untuk tweak dan kostumisasi windows 10 Anda  menjadi lebih keren dari sebelumnya

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar