Rabu, 28 Agustus 2019

Cara Mengubah Ikon di Windows 10 Dengan Mudah

Bosan dengan ikon Windows 10 default, mereka tidak terlalu menarik. Jika Anda ingin membuat ikon pribadi di komputer Anda, mengubah ikon Windows 10 adalah cara yang bagus untuk melakukan ini.

Kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengubah ikon pada Windows 10, termasuk ikon program dan folder. Dengan sedikit kerja, Anda akan memiliki antarmuka yang semuanya baru!

Di mana Menemukan Ikon Kustom untuk Windows 10
Sebelum Anda mulai mengubah ikon Windows 10, Anda memerlukan beberapa ikon untuk menggantikannya. OS memiliki beberapa ikon tambahan bawaan, tetapi ikonnya tidak terlalu bagus.

Flaticon adalah sumber yang bagus untuk semua kebutuhan ikon Windows Anda. Situs ini berisi lebih dari satu juta ikon berkualitas tinggi yang disusun dalam ribuan paket yang nyaman. Anda dapat mengambil semuanya dalam satu paket sekaligus, atau mengunduh satu ikon.

Situs ini menawarkan unduhan dalam beberapa format. Kami sarankan untuk mengunduhnya dalam PNG agar mudah dikonversi ke format ICO. Simpan semua unduhan mentah dalam folder yang disebut PNG Icons atau serupa.

Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari di sini, coba Findicons, IconArchive, atau GraphicBurger

Konversi Gambar PNG ke Ikon ICO
Windows menggunakan file ICO untuk ikon-ikonnya. Karenanya, Anda harus mengonversi gambar dari PNG (atau format lain) sebelum menggunakannya sebagai ikon.

ConvertICO menawarkan cara mudah untuk melakukan ini. Anda dapat mengunggah hingga 50 gambar PNG sekaligus untuk mengubahnya menjadi format ICO. Jika Anda mau, Anda juga dapat memasukkan URL gambar yang ingin Anda konversi, memotong langkah tengah mengunduh PNG.

Simpan semua file ICO Anda di folder mereka sendiri. Pastikan Anda menempatkan ini di tempat permanen, karena memindahkan file ikon setelah Anda mengaturnya akan menyebabkan masalah.

Ubah Ikon Program di Windows 10
Windows 10 memudahkan untuk mengubah ikon program untuk jalan pintas, tetapi tidak dapat dieksekusi utama. Dengan demikian, Anda harus membuat pintasan desktop untuk ikon aplikasi yang ingin Anda ubah, jika Anda belum memilikinya.

Untuk melakukan ini, cari aplikasi di menu Start, klik kanan namanya dan pilih Open file location. Di folder yang dihasilkan, klik kanan nama program dan pilih Send to > Desktop (create shortcut)..

Sekarang Anda dapat memodifikasi pintasan baru di desktop Anda. Klik kanan dan pilih Properti untuk membuka jendela baru. Di sini, beralih ke tab shortcut dan klik tombol Change Icon di bagian bawah.

Anda akan melihat daftar ikon alternatif yang disertakan dalam aplikasi, jika ada. Untuk mengatur ikon Anda sendiri, klik Browse dan arahkan ke tempat Anda menyimpan file ICO Anda.

Klik dua kali untuk memilihnya, lalu pilih OK pada kedua kotak dialog yang terbuka. Hanya itu yang harus Anda lakukan untuk mengubah ikon program di Windows 10.

Menyematkan Ikon Kustom ke Bilah Tugas
Ingin menyesuaikan ikon di Taskbar Anda juga? Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat ikon desktop kustom. Setelah itu, cukup klik kanan pintasan dan pilih Pin to Taskbar.

Jika suka, Anda dapat menyesuaikan ikon yang telah disematkan ke Bilah Tugas. Sambil menahan Shift, klik kanan ikon aplikasi dan pilih Properties. Dari sini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas untuk mengatur ikon baru.

Perubahan yang Anda lakukan dengan cara ini memerlukan beberapa saat untuk diterapkan.

Ubah Ikon Folder Individual di Windows 10
Mengubah ikon folder mirip dengan proses di atas. Klik kanan folder yang ingin Anda ubah dan pilih Properti.

Pada jendela yang dihasilkan, beralih ke tab Customize. Pilih tombol Change Icon di bagian bawah untuk memilih ikon baru dari komputer Anda. Windows menyertakan banyak ikon default untuk ini, tetapi kebanyakan dari mereka adalah old-school dan jelek.

Jika Anda berubah pikiran, buka saja jendela ini dan pilih Restore Defaults  untuk mendapatkan ikon asli kembali.

Ubah Semua Ikon Folder Sekaligus
Catatan: Kami menguji metode ini yang tampaknya populer di seluruh web, tetapi itu tidak berfungsi pada Windows 10 versi 1903. Jarak tempuh Anda mungkin bervariasi tergantung pada versi Windows 10 Anda.

Ingin mengubah semua ikon folder di komputer Anda sekaligus? Anda harus menggali ke dalam Registry untuk melakukannya. Ingatlah bahwa mungkin untuk merusak sistem Anda dengan melakukan ini, jadi berhati-hatilah jika Anda memilih untuk melakukannya.

Pertama, ketik regedit ke menu Start untuk membuka utilitas. Anda harus memberikan izin administrator untuk melanjutkan. Arahkan ke lokasi berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
Sekarang, klik kanan pada folder Explorer di sidebar kiri dan pilih New> Key. Beri nama Shell Icons key baru, lalu pilih di sidebar. Di ruang kosong di sebelah kanan, klik kanan dan pilih New> Expandable Value. Tetapkan namanya sebagai 3. Ulangi ini dan buat string lain yang disebut 4.

Terakhir, klik dua kali string yang baru saja Anda buat. Di bidang Value data, masukkan lokasi ikon folder Anda dalam tanda kutip. Cara mudah untuk melakukan ini dengan menahan Shift sambil mengklik kanan file ICO Anda, lalu memilih opsi Copy as path.

Seharusnya terlihat seperti ini:
"C:\Users\User\Documents\ICO Icons\folder.ico"
Ulangi ini untuk 4 string, lalu klik OK dan keluar dari Registry Editor. Anda harus memulai kembali File Explorer agar perubahan Anda berlaku.

Untuk melakukan ini, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. Klik  More details untuk mengembangkannya jika perlu. Pada tab Processes, cari Windows Explorer. Klik kanan ini dan pilih Restart.

Ini harus menerapkan ikon baru Anda ke semua folder. Untuk menghapus ini di masa depan, cukup hapus kunci Registri Shell Icons yang Anda buat.

Cara Mengubah Ikon File berdasarkan Jenis
Secara default, untuk setiap jenis file, Windows menampilkan ikon program default. Jika Anda ingin mengubahnya, Anda dapat menggunakan utilitas gratis bernama FileTypesMan untuk mengubah ikon untuk semua jenis file.
Baca Juga
Setelah mengunduh dan menjalankannya, tekan Ctrl + F untuk menemukan jenis file yang ingin Anda ubah. Klik dua kali dalam daftar untuk membuka jendela baru dengan lebih banyak opsi. Di sebelah bidang Default Icon, Anda akan melihat tombol .

Klik ini dan Anda akan membuka kotak dialog Windows yang familier yang memungkinkan Anda mengubah ikon.

Menggunakan ini, Anda dapat mengatur ikon terpisah untuk membedakan jenis file, bahkan jika mereka terbuka di program yang sama. Anda mungkin ingin membuatnya lebih mudah untuk mengambil file JPG dan HTML sekilas atau melihat file DOC Word lama yang tidak menggunakan format DOCX yang lebih baru, misalnya.

Cara Mengubah Ikon Drive di Windows
Ingin mengubah ikon yang Anda lihat di This PC untuk berbagai drive komputer Anda? Utilitas gratis bernama Drive Icon Changer membuatnya mudah.

Ini mirip dengan FileTypesMan yang disebutkan di atas tetapi jauh lebih mendasar. Cukup pilih drive dan ikon yang diinginkan, dan itu akan berlaku untuk Anda setelah restart. Hanya itu yang dibutuhkan.

Cara Membuat Ikon Bilah Tugas Kosong
Biasanya, semua ikon Taskbar Anda muncul berdampingan. Jika Anda ingin menambahkan beberapa ruang, mungkin untuk memisahkan ikon berdasarkan jenis, Anda dapat mencapainya dengan solusi.

Membuat File Batch Dummy
Untuk memulai, buat folder baru di suatu tempat di mana Anda dapat menyimpannya secara permanen. Beri nama Spaces atau yang serupa. Di dalam folder ini, klik kanan lagi dan pilih New > Text document. Klik dua kali file untuk membukanya.

Di dalam file teks, masukkan yang berikut ini. Ini akan membuat file batch yang dummy; itu akan segera membuka dan menutup jendela Prompt Perintah jika Anda mengkliknya.
@echo off
exit
Setelah ini, buka File> Save As. Di kotak dialog penyimpanan, beri nama file yang diakhiri dengan .BAT. Jika Anda ingin membuat banyak spasi, salin, tempel, dan ganti nama file sehingga Anda memiliki beberapa yang bernama Space1.bat, Space2.bat, dan sebagainya.

Mengatur Ikon Kosong
Windows memiliki ikon kosong bawaan. Namun dalam pengujian kami, ini muncul sebagai kotak hitam di Taskbar Anda, bukan kotak transparan, yang tidak baik. Ini berarti Anda harus segera membuat ikon "kosong" sendiri.

Buka editor gambar (kami menggunakan Paint.NET) dan buat kanvas yang benar-benar persegi — 256 × 256 akan berfungsi. Tekan Ctrl + A untuk memilih seluruh gambar, lalu tekan Del untuk menghapusnya. Ini akan membuat kotak transparan saat disimpan sebagai PNG.

Namun, jika Anda membiarkannya seperti ini, Anda akan mengalami masalah blok hitam yang sama. Jadi, Anda perlu mengambil alat Pensil, memperbesar, dan menggunakannya untuk menggambar satu piksel di sudut gambar.

Simpan file sebagai PNG, kemudian gunakan konverter online seperti yang disebutkan di atas untuk mengubahnya menjadi file ICO.

Membuat dan Menyematkan Shortcut
Sekarang, klik kanan setiap file Space dan pilih Create shortcut, karena Anda akan memerlukan pintasan, bukan file BAT utama, untuk mengubah ikon. Klik kanan setiap file pintasan, pilih Properties, dan gunakan tombol Change Icon untuk memilih ikon kosong baru Anda.

Setelah ini selesai, Anda harus menambahkan satu elemen lagi untuk menambahkan pintasan ini ke Taskbar Anda. Di tab shortcut dari setiap file BAT, masukkan explorer di depan semua yang ada di kotak Target. Pastikan ada ruang sebelum kutipan pembuka.

Sekarang Anda dapat mengklik kanan semua file Space Anda dan memilih Pin to taskbar. Mereka akan muncul sebagai ikon kosong, memungkinkan Anda untuk menyeretnya ke mana pun Anda suka dan mengelompokkan ikon lainnya.

Cara Mengubah Ukuran Ikon pada Windows 10
Hanya ingin menyesuaikan ukuran ikon Windows 10? Itu perbaikan yang mudah. Pada desktop, Anda dapat mengklik kanan ruang kosong dan memilih View untuk memilih Small icons, Medium icons, atau Large icons..

Jika Anda tidak menyukai salah satu preset itu, tahan tombol Ctrl dan gulir roda mouse Anda. Ini memberi Anda lebih banyak kontrol granular atas ukuran ikon.

Di jendela File Explorer, Anda akan menemukan opsi ukuran lebih banyak di bawah menu View yang sama. Metode menggulir roda mouse Anda sambil menahan Ctrl juga berfungsi.

Ikon Desktop Windows 10 Tidak Ada?
Jika Anda tidak melihat ikon apa pun di desktop Anda, kemungkinan besar Anda telah menyembunyikan semuanya. Mendapatkannya kembali hanya membutuhkan beberapa klik.

Klik kanan di mana saja di desktop Anda, lalu pilih View > Show desktop icons jika belum dicentang. Dengan ini diaktifkan, Anda akan melihat ikon desktop Anda tanpa masalah.

Jika ini tidak memperbaiki masalah Anda, komputer Anda mungkin berada dalam mode tablet, yang mencegah ikon desktop Anda muncul. Untuk menonaktifkan mode tablet, kunjungi Settings > System > Tablet mode.

Terakhir, jika Anda kehilangan ikon sistem Windows 10 default, Anda harus mengembalikannya di menu lain. Buka Settings > Personalization > Themes dan di sisi kanan jendela, pilih Desktop icon settings.

Ini akan meluncurkan jendela baru di mana Anda dapat beralih ikon This PC ini, folder pengguna Anda, Network, Control Panel dan Recycle Bin. Saat di sini, Anda juga dapat mengubah ikon untuk pintasan ini.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar