Rabu, 21 Agustus 2019

Cara Mengaktifkan atau Memperbaiki Bluetooth di Windows 10

Nyalakan Bluetooth di Windows dan nikmati gadget yang bisa Anda hubungkan. Saat ini, Anda akan kesulitan menemukan gadget teknologi yang tidak mendukung konektivitas Bluetooth. Semuanya ada di mulai streaming kotak dan pengeras suara ke mobil dan telepon.

Menggunakan Bluetooth di Windows juga lebih bermanfaat dari sebelumnya. Ini memungkinkan Anda mengintegrasikan komputer Anda ke dalam ekosistem teknologi yang lebih luas. Jika Anda ingin tahu cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 10, atau jika Anda tidak yakin mengapa Bluetooth Anda tidak berfungsi pada Windows 10, teruslah membaca.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10
Windows 10 berfungsi seperti perangkat Bluetooth lainnya. Sebelum Anda dapat memasangkan mesin Anda dengan gadget lain yang mendukung Bluetooth, Anda harus terlebih dahulu membuat komputer Anda dapat ditemukan.

Jika Anda ingin mengaktifkan Bluetooth di Windows, Anda memiliki dua opsi yang tersedia untuk Anda.

Nyalakan Bluetooth Menggunakan Action Center
Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Bluetooth dengan menggunakan ubin yang sesuai di Windows Action Center.

Untuk mengakses Pusat Aksi, klik ikon yang terlihat seperti balon ucapan di sisi kanan bilah tugas. Anda mungkin perlu mengklik Expand untuk mengungkapkan daftar ubin lengkap jika Bluetooth tidak segera terlihat.

Klik ikon Bluetooth, dan ubin akan berubah menjadi biru untuk menunjukkan bahwa itu diaktifkan. Ubin juga akan menampilkan pesan Not Connected, atau nama perangkat yang terhubung dengan komputer Anda.

Nyalakan Bluetooth Menggunakan Menu Pengaturan

Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 dengan menggunakan menu Pengaturan. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk langkah demi langkah sederhana di bawah ini:
  • Buka menu Start.
  • Klik pada ikon Settings di sisi kiri menu.
  • Buka Devices > Bluetooth and other devices.
  • Temukan sakelar Bluetooth.
  • Geser ke posisi ON.

Apa pun pendekatan yang Anda gunakan untuk mengaktifkan Bluetooth di Windows, Anda akan melihat ikon Bluetooth muncul di taskbar setelah dihidupkan. Anda dapat menggunakannya untuk mengakses pengaturan Bluetooth, mengirim file, dan memasangkan perangkat baru dengan cepat.

Jika Anda lebih suka ikon untuk ditampilkan di bilah tugas utama daripada di bagian "meluap", buka Settings > Home > Personalization > Taskbar, lalu gulir ke bawah ke Notification area dan klik Select which icons appear on the taskbar.

(Catatan: Ingatlah bahwa untuk menghubungkan Windows 10 dengan perangkat lain melalui Bluetooth, Anda juga harus mengaktifkan konektivitas Bluetooth di perangkat lain. Proses untuk melakukannya sangat bervariasi, tergantung pada gadget yang Anda gunakan. Lihat literatur produsen perangkat untuk panduan lebih lanjut.)

Cara Memasangkan Perangkat Bluetooth di Windows 10
Setelah Anda mengaktifkan Bluetooth di Windows dan perangkat yang ingin Anda sambungkan, saatnya membuat pasangan.

Anda hanya perlu melakukan prosedur pemasangan pada salah satu dari dua perangkat. Karena artikel ini berbasis Windows, kami hanya akan melihat cara melakukan tugas di Windows.
Baca Juga
Untuk membuat pemasangan Bluetooth pada Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka menu Settings.
  • Ke Devices > Bluetooth and other devices.
  • Klik Add Bluetooth or other device di bagian atas panel sebelah kanan.

Jendela menu baru akan terbuka. Pilih opsi pertama dari daftar berjudul Bluetooth. Windows 10 akan secara otomatis mulai mencari perangkat terdekat yang dapat terhubung dengannya. Biarkan hingga 30 detik untuk menyelesaikan pemindaian dan Windows untuk menemukan semua opsi yang tersedia.

Untuk terhubung dengan perangkat, klik namanya. Jika ini adalah pertama kalinya Anda terhubung ke perangkat, Anda mungkin harus menjalani prosedur verifikasi. Ini melibatkan memastikan bahwa kode PIN pada mesin Windows Anda cocok dengan kode PIN yang ditampilkan pada perangkat yang Anda coba sambungkan.

Dengan asumsi kode PIN cocok, klik Connect. Jika Anda terlalu lama menekan tombol, kode PIN akan kedaluwarsa, dan Anda harus memulai kembali prosesnya. Anda mungkin juga perlu menekan tombol Pair pada perangkat yang terhubung dengan Anda.

(Catatan: Anda juga dapat mengklik kanan ikon Bluetooth di bilah tugas dan memilih Add a Bluetooth device dari menu konteks. Ini akan membuat Anda melihat pada layar Tambahkan Perangkat yang sama seperti yang Anda lihat saat menggunakan pendekatan menu Pengaturan.)

Cara Menghapus Perangkat Bluetooth di Windows 10
Sekarang Anda tahu cara mengaktifkan Bluetooth Windows 10 dan memasangkan komputer Anda dengan perangkat eksternal. Namun, penting juga untuk memahami cara membatalkan koneksi Bluetooth yang ada.

Mengelola daftar perangkat pasangan Anda adalah bijaksana. Jika Anda membiarkan daftar menjadi terlalu besar, Anda akan kehilangan jejak perangkat mana yang Anda gunakan dan berpotensi membuka diri Anda terhadap kerentanan keamanan berbasis Bluetooth.

Untuk membatalkan pemasangan Bluetooth yang tidak digunakan, Anda harus kembali ke menu Pengaturan Windows.
  • Buka aplikasi Settings.
  • Arahkan Devices > Bluetooth and other devices.
  • Di panel sebelah kanan, gulir ke bawah daftar koneksi Bluetooth sampai Anda menemukan yang ingin Anda hapus.
  • Klik pada nama perangkat untuk menyorotnya.
  • Tekan tombol Remove device.
  • Setuju dengan konfirmasi di layar.

Jika Anda ingin menyambung kembali ke perangkat di masa mendatang, Anda harus membuat koneksi baru.

Nyalakan Bluetooth di Windows: Advanced Settings
Ada beberapa pengaturan Bluetooth tingkat lanjut pada Windows 10 yang harus Anda ketahui.

Untuk melihatnya, buka  Start > Settings > Devices > Bluetooth and other devices, gulir ke bagian bawah halaman, dan klik pada More Bluetooth Options. Jendela baru akan terbuka.

Pilih tab Options, dan Anda akan melihat pengaturan Bluetooth yang dapat Anda atur:
  • Allow Bluetooth devices to find this PC: Jika Anda ingin membiarkan koneksi Bluetooth Anda aktif, tetapi jangan ingin perangkat baru melihatnya (misalnya, jika Anda menggunakan komputer di area publik), hapus centang pada kotak centang.
  • Alert me when a new Bluetooth device wants to connect: Anda harus membiarkan opsi ini diaktifkan jika Anda melakukan proses pemasangan dari gadget pihak ketiga eksternal.
  • Show the Bluetooth icon in the notification area: Jika Anda membiarkan Bluetooth dihidupkan sepanjang waktu, Anda mungkin ingin menonaktifkan opsi ini, sehingga ikon Bluetooth tidak mengacaukan taskbar Anda.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar