Jumat, 23 Agustus 2019

Cara Lengkap Backup Data File di Windows 10

Windows 10 membuat backup data menjadi mudah. Di tengah banyak perubahan pada pengaturan pemeliharaan Windows 10, Microsoft telah meningkatkan permainan cadangannya tanpa menjatuhkan fitur yang telah dicoba dan diuji. Windows 10 dipersiapkan dengan baik untuk revolusi penyimpanan berbasis cloud dan masih menawarkan semua yang Anda butuhkan untuk mengamankan file secara lokal.

Kami telah merangkum setiap cadangan, pemulihan, pemulihan, dan opsi perbaikan asli yang dapat kami temukan di Windows 10. Gunakan kiat sederhana kami dan jangan pernah putus asa karena kehilangan data lagi!

Cadangan Penyimpanan Lokal
Penyimpanan lokal adalah praktik menyimpan file Anda ke lokasi fisik seperti PC Anda atau ke thumb drive. Ini adalah metode penyimpanan file yang aman dan mudah diakses yang tidak memerlukan koneksi internet.

Riwayat File
File History adalah metode yang relatif baru menyimpan file secara aman ke pen drive yang terpisah (tersedia untuk Windows 8 dan 10).

Untuk menemukan program Riwayat File, tekan tombol Windows, cari histori file dan klik Restore your files with File History. Anda juga dapat mengakses program ini di Panel Kontrol di bawah Tombol Windows Key + X > Control Panel > System and Security > File History.

Perbedaan antara Riwayat File dan transfer file sederhana adalah kemampuannya untuk menjadwalkan pencadangan secara teratur ke thumb drive Anda. Dari jendela Riwayat File, klik pada Configure File History settings  untuk memulai.

File History secara otomatis menemukan perangkat penyimpanan eksternal yang terhubung ke komputer Anda.

Sebelum mengaktifkan Riwayat File, klik pada Advanced settings dan atur jadwal pilihan Anda.
Simpan perubahan Anda dan Nyalakan Riwayat File untuk menjaga agar cadangan Anda aman dan terdokumentasi. Secara default, Riwayat File hanya menyalin file dari: Perpustakaan, Desktop, Kontak, dan Favorit.

Pemulihan Sistem
System Restore adalah pendamping lama Windows dan metode yang mudah untuk mencadangkan image sistem Anda bersama dengan file yang digunakan secara teratur.

Untuk menemukan pemulihan sistem, tekan tombol Windows, kemudian cari restore point dan klik Create a system restore..

Sebagai pengguna setia Pemulihan Sistem, saya dapat memastikan perlunya saat bereksperimen dengan unduhan driver dan perangkat lunak yang tidak jelas. Microsoft menulis:
Terkadang, penginstalan program atau driver dapat menyebabkan perubahan tak terduga ke komputer Anda atau menyebabkan Windows berperilaku tidak terduga. Biasanya, menghapus instalan program atau driver memperbaiki masalah. Jika menghapus instalan tidak memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba mengembalikan sistem komputer Anda ke tanggal sebelumnya ketika semuanya bekerja dengan benar. - Microsoft.com
Cukup buat titik pemulihan ke titik di mana mesin Windows Anda bekerja secara teratur untuk memiliki kondisi PC yang aman. Untuk mengembalikan ke poin sebelumnya, buka jendela Create a system restore dan klik tombol System Restore untuk memulai. Meskipun program ini tidak memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen tertentu, Pemulihan sistem sangat bagus untuk menyelamatkan keadaan PC Anda jika terjadi kegagalan sistem operasi (OS).

System Restore mungkin tidak selalu berfungsi. Pastikan untuk memeriksa daftar hal-hal ini untuk memeriksa ketika Pemulihan Sistem tidak berfungsi.

Cadangkan dan Kembalikan
Cadangkan dan Kembalikan, jangan bingung dengan Pemulihan Sistem, adalah program yang awalnya tersedia di Windows 7, yang mencadangkan file data dari pustaka sistem Anda dan semua file dan folder tertentu (atau semua file dan folder) yang ada di hard drive Anda.

Cadangkan dan Kembalikan memberikan sedikit lebih banyak kebebasan untuk mencadangkan file daripada Riwayat File, sementara Riwayat File memiliki keuntungan tambahan dengan menyediakan log reguler cadangan Anda. Seperti Riwayat File, Kembali dan Kembalikan juga menyediakan cadangan terjadwal secara teratur. Anda bahkan dapat terus mencadangkan seluruh hard drive Anda ke hard drive internal eksternal atau alternatif, menghilangkan kebutuhan akan perangkat lunak cadangan pihak ketiga.

Untuk meluncurkan Cadangkan dan Kembalikan, buka Start untuk mencari dan pilih Backup and Restore.

Recovery Drive Creator
Windows 10 dengan mudah menawarkan program bernama Recovery Drive Creator, yang membuat file sistem cadangan OS Anda. Anda kemudian dapat menggunakan drive pemulihan ini untuk menginstal atau menginstal ulang Windows jika terjadi sesuatu yang tragis pada PC.

Untuk mengakses alat ini, buka Start (tekan tombol Windows), cari recovery drive, dan pilih Create a recovery drive.

Prosesnya sangat mudah dan menghemat rasa sakit berurusan dengan perangkat lunak pemulihan USB pihak ketiga yang kurang memiliki reputasi. Microsoft untungnya menyediakan artikel Wiki yang jelas, singkat dan resmi tentang cara menggunakan program ini.

Disk Perbaikan Sistem
Bersamaan dengan membuat thumb drive pemulihan, Windows 10 memungkinkan Anda membuat CD pemulihan untuk membuat cadangan PC Anda. Untuk menemukan opsi ini buka Start, cari backup and restore, lalu pilih Backup and Restore (Windows 7). Anda memiliki opsi untuk Create a system repair disc . Perhatikan bahwa ini membutuhkan drive CD / DVD.
Baca Juga
Membuat disk perbaikan sistem seperti Drive Pemulihan adalah proses yang sederhana dan mudah. Microsoft juga telah berbaik hati untuk menyediakan artikel resmi yang mencakup program dan fitur-fiturnya juga.

Software Pencadangan Pihak Ketiga
Perangkat lunak cadangan pihak ketiga adalah subjek yang sulit, mengingat kualitas cadangan mereka yang goyah. Namun, perusahaan hard drive tertentu, seperti orang-orang di Western Digital, menyediakan perangkat lunak gratis seperti Acronis True Image WD Edition Software, jadi pastikan untuk memeriksa situs web pembuat hard drive Anda untuk memastikan Anda menggunakan perangkat lunak cadangan yang tepat untuk PC Anda.
Acronis True Image WD Edition dapat mengkloning drive, mencadangkan sistem operasi, aplikasi, pengaturan, dan semua data Anda, sambil juga secara aman menghapus data rahasia yang tidak lagi Anda perlukan. Acronis True Image WD Edition memberi Anda semua alat penting yang Anda butuhkan untuk memulihkan sistem komputer Anda jika terjadi bencana, seperti kehilangan data, penghapusan file atau folder penting secara tidak sengaja, atau kerusakan hard disk lengkap. Jika terjadi kegagalan yang menghalangi akses ke informasi atau memengaruhi operasi sistem, Anda akan dapat memulihkan sistem dan data yang hilang dengan mudah. - Dukungan.wdc.com
Jika Anda akan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk mencadangkan komputer Anda, pastikan untuk mempelajari perangkat lunak tersebut sebelum meletakkan kehidupan digital Anda di tangannya.

Cadangan Penyimpanan Cloud
Penyimpanan berbasis cloud tidak bergantung pada ibu jari atau hard drive Anda. Faktanya, itu sama sekali tidak bergantung pada Anda sama sekali; Penyimpanan berbasis cloud adalah metode yang semakin populer untuk mencadangkan file pribadi dan sistem (bersama dengan banyak hal lain), sementara juga menjaga file-file itu dapat diakses di mana saja di sana ada koneksi internet. Dan ada banyak layanan cadangan online yang dapat diandalkan untuk dipilih.

OneDrive adalah outlet penyimpanan berbasis cloud yang dibuat oleh Microsoft, yang menyediakan hingga 15 GB penyimpanan gratis jika Anda cukup beruntung untuk mendaftar dan mengklaimnya tepat waktu, dan 5 GB untuk orang lain.

OneDrive memungkinkan pengguna, melalui program desktop atau aplikasi seluler, untuk mencapai file yang dimuat dalam repositori akun mereka.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal OneDrive, sistem penyimpanan muncul di File Explorer Anda seperti USB normal atau drive penyimpanan memori eksternal. Cukup masuk ke akun Microsoft Live Anda dan Anda dapat menikmati ruang penyimpanan cloud.

Anda bahkan dapat mengakses file saat bepergian menggunakan aplikasi OneDrive seluler yang tersedia di Android, dan iOS. Harga untuk paket penyimpanan tambahan kompatibel dengan perusahaan penyimpanan berbasis cloud lainnya, seperti Dropbox dan Amazon Cloud.

Tahun lalu, Microsoft mengumumkan siapa pun dengan sistem Windows 10 dapat dengan mulus mencadangkan file mereka di layanan berbasis cloud bernama Microsoft Azure. Microsoft Azure adalah sistem cadangan online berbasis langganan, yang berjanji untuk menjaga file Anda tetap aman dan sehat serta aman.

Tetapi jangan salah mengira bahwa Microsoft Azure hanya perangkat lunak cadangan; ada banyak aspek hebat untuk Microsoft Azure, yang membuatnya menjadi program berbasis cloud yang mengesankan dan mudah digunakan.

Microsoft telah menerbitkan sumber resmi yang menjelaskan cara mengunduh, menginstal, dan mengonfigurasi Cadangan Azure untuk memfasilitasi proses. Ini bahkan lebih jauh mengenai program Microsoft Azure yang lengkap. Untuk mempelajari tentang bagaimana Anda dapat menggunakan Microsoft Azure sebagai sumber daya bisnis yang kompeten dan cerdas, kunjungi saluran YouTube Microsoft Azure.

Sebutan Terhormat: Sistem NAS
Saya tidak akan melakukan pekerjaan saya jika saya tidak menyebutkan sistem Network Attached Storage (NAS). Sistem NAS pada dasarnya adalah kumpulan hard drive, yang dapat diakses melalui koneksi jaringan. Karena Anda benar-benar memiliki sistem ini, Anda lebih mengendalikan siapa dan apa yang dapat mengakses file dan informasi Anda.

Meskipun penyimpanan cloud lebih banyak digunakan untuk kesederhanaan dan keterjangkauannya yang cepat, itu mungkin bukan pilihan yang paling aman untuk dokumen dan informasi sensitif Anda.

Sistem NAS, di sisi lain, sepenuhnya dalam kendali pemilik.

Harga dan keamanan sistem NAS menjadikannya bagus untuk bisnis kecil atau volume besar informasi yang lebih baik disimpan dalam bentuk fisik, serta memungkinkan pengguna yang lebih paham teknologi mengakses jaringan RAID array yang terhubung.

Singkatnya, mesin NAS adalah cloud pribadi, dapat diukur, dan dapat dikelola.
Namun, bagi pengguna rata-rata, manfaat sistem NAS di atas penyimpanan cloud untuk cadangan dapat diabaikan, dan sistem penyimpanan berbasis cloud seringkali lebih mudah digunakan dan lebih murah di muka untuk dikelola.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar