Selasa, 27 Agustus 2019

Buat Indah Bullet Journal Anda Dengan 6 Aplikasi Ini

Jurnal bullet adalah cara yang bagus untuk tetap teratur dan juga mengekspresikan kreativitas Anda. Tapi itu tidak harus dilakukan hanya di atas kertas.

Ada berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan di tablet untuk membuat spread digital artistik yang indah yang tampak hebat dan membuat Anda tetap di atas tugas Anda.

MetaMoji (Android, iOS, Windows)
MetaMoji tersedia untuk berbagai platform dan sangat bagus untuk membuat catatan tulisan tangan pada perangkat digital, terutama jika Anda memiliki tablet dan pena. Anda dapat membuat anotasi PDF atau membuat file sendiri dari awal. Jadi Anda bisa menggunakan aplikasi untuk membuat jurnal bullet Anda menggunakan templat PDF yang ada, atau Anda dapat membuat spread Anda sendiri secara digital.

Aplikasi ini akan sangat menarik bagi jurnalis yang suka menulis spread mereka, karena mendukung banyak gaya dan warna pena, termasuk opsi pena kaligrafi. Jika Anda belum yakin dengan huruf Anda, ada juga alat konversi huruf yang bagus.

Ini menciptakan kotak teks di mana Anda dapat dengan cepat menulis dengan pena Anda, lalu itu akan dikonversi menjadi font yang rapi. Atau jika Anda suka, Anda dapat memasukkan teks menggunakan keyboard seperti biasa.

Unduh: MetaMoji untuk Android | iOS | Windows (Gratis, berlangganan tersedia)

Squid (Android)
Aplikasi khusus Android ini sangat ideal untuk siswa yang ingin menggunakan jurnal peluru mereka untuk membuat catatan di kelas. Anda dapat memulai dengan ukuran kertas apa pun yang Anda inginkan, dan juga memilih dari kertas yang kosong, dilapisi berbagai lebar, atau memiliki berbagai ukuran kisi. Kotak titik berguna untuk jurnalis peluru, membiarkan Anda memusatkan pos Anda dan memastikan coretan dan catatan Anda rapi.

Anda dapat menulis atau menggambar di aplikasi dengan tablet dan pena, atau Anda dapat menggunakan jari Anda jika suka. Opsi gambar lebih terbatas daripada aplikasi lain sehingga tidak begitu bagus untuk corat-coret atau huruf yang rumit. Tetapi Anda dapat dengan mudah menyalin dalam file PNG dari program menggambar lainnya, sehingga Anda dapat mencorat-coret di tempat lain dan menggunakan Squid untuk organisasi dan perencanaan.

Anda juga dapat mengetik langsung ke spread jika Anda ingin tulisan yang cepat dan dapat dibaca. Misalnya, untuk daftar tugas.

Fitur yang berguna dari Squid adalah kemampuan untuk membuat beberapa notebook terpisah. Ini berarti Anda dapat memiliki bagian terpisah untuk masing-masing kelas Anda. Ini membantu Anda mengatur semua catatan Anda. Dan jika Anda ingin berbagi catatan Anda dengan orang lain, seperti untuk proyek grup, Anda dapat mengekspor catatan Anda sebagai file PDF atau sebagai presentasi slide.

Unduh: Squid untuk Android (Gratis, berlangganan tersedia)

INKredible (Android, iOS)
Penggemar tulisan tangan yang ingin meniru pengalaman mencatat di layar harus mencoba INKredible. Jika Anda seorang jurnalis peluru dan Anda ingin menggunakan jurnal Anda untuk menulis dalam bentuk yang panjang tetapi Anda tidak ingin membawa buku catatan Anda bersamanya, ini adalah solusi yang bagus.

Dalam versi gratis aplikasi, Anda mendapatkan opsi pena pena reguler dan opsi pena yang menghasilkan tulisan tangan yang indah dan elegan. Anda dapat memilih dari tinta dan ketebalan warna yang berbeda, ditambah opsi garis besar dan juga penggeser basah untuk mengontrol bagaimana “bertinta” tulisan muncul di layar.

Pulpen akan cukup untuk membuat banyak pengguna senang, tetapi jika Anda menginginkan lebih banyak opsi, Anda dapat membeli pena kaligrafi ekstra, sikat basah, dan opsi pulpen.

Latar belakang kertas yang tersedia dalam versi gratis termasuk kosong, bergaris, kisi, huruf, dan margin. Anda harus membayar untuk opsi-opsi seperti kertas dot grid yang disukai wartawan, tetapi pengaya itu tidak mahal.
Baca Juga
Salah satu fitur yang paling berguna adalah peningkatan garis otomatis, di mana aplikasi mendeteksi ketika Anda mendekati akhir baris saat ini dan secara otomatis memindahkan tulisan Anda ke baris berikutnya untuk Anda.

Tentu saja, Anda dapat mencorat-coret sekaligus menulis, tetapi ini bukan aplikasi seni. Sebaliknya, aplikasi ini lebih cocok untuk pengguna yang ingin membuat catatan indah yang mempertahankan tampilan tulisan tangan itu.

Unduh: INKredible untuk Android | iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

GoodNotes (iOS)
Pengguna iPad yang ingin membuat jurnal dan tidak keberatan membayar untuk perangkat lunak berkualitas akan menikmati GoodNotes, yang dapat membuat spread dari awal atau memberi templat templat PDF.

Anda dapat membuat notebook dengan sampul digital sehingga Anda dapat melihat masing-masing notebook secara sekilas, baik menggunakan sampul yang sudah dibuat sebelumnya atau membuat sendiri. Kemudian Anda dapat mengimpor gambar PDF, atau membuat spread Anda sendiri menggunakan template termasuk latar belakang kertas, kertas pad legal, kertas hitam, atau daftar periksa.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah bahwa fitur gambar tidak menanggapi tekanan pena. Anda dapat menggambar dan mewarnai corat-coret dasar, tetapi jika Anda ingin membuat ilustrasi yang lebih rumit atau canggih, Anda akan memerlukan aplikasi seni terpisah.

Namun, GoodNotes menebus kekurangan ini dengan kemampuannya yang mirip Evernote untuk mencari melalui catatan Anda. Bahkan catatan tulisan tangan dapat dicari, jadi jika Anda memiliki banyak halaman dan Anda sedang mencari sepotong informasi, Anda dapat menemukannya dengan cepat.

Unduh: GoodNotes untuk iOS ($ 7,99)

Procreate (iOS)
Aplikasi populer untuk pecinta ilustrasi untuk digunakan bersama dengan GoodNotes adalah Procreate. Procreate adalah aplikasi yang harus dimiliki untuk pengguna iPad artistik, dan itu bisa bagus untuk penjurnalan juga.

Jika Anda suka duduk dengan halaman kosong dan membuat spread Anda dari awal, Anda dapat memiliki pengalaman yang sama di iPad Anda menggunakan Procreate. Ada banyak fitur praktis seperti fitur garis pelurusan otomatis untuk menjaga semuanya tetap rapi dan di tempat, dan latar belakang kisi untuk membantu Anda merencanakan tata letak Anda. Salin dan tempel membuatnya mudah untuk membuat spread berulang seperti kalender atau tata letak mingguan.

Dan ada banyak opsi kuas yang dapat Anda instal di Procreate, dan kemampuan untuk menghapus dan memilih warna dan ketebalan kuas Anda. Ini membuat aplikasi ini menjadi pengalaman terdekat untuk menciptakan spread pada notebook nyata.

Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi organisasi, Anda dapat melakukan ilustrasi di Procreate dan kemudian mengekspornya ke Rol Kamera Anda untuk digunakan di salah satu aplikasi yang terdaftar di sini.

Unduh: Procreate Untuk iOS ($ 9,99)

Notability (iOS)
Opsi lain untuk pengguna iOS yang menginginkan fitur doodle-kemampuan dan organisasi adalah Notability. Ini dirancang untuk mengatur beberapa buku catatan sehingga berguna jika Anda ingin menyimpan jurnal pribadi dan juga membuat catatan kelas atau catatan kerja semua tertata di tempat yang sama.

Anda dapat memilih dari berbagai jenis kertas, termasuk polos, bergaris, dan kisi. Dan Anda dapat menulis dalam segala macam warna dan gaya, plus menggunakan highlighting. Anda juga dapat membawa dua buku catatan bersebelahan untuk mentransfer atau membandingkan informasi di antaranya.

Aplikasi ini memang memiliki opsi untuk mengubah catatan tulisan tangan menjadi teks dan untuk mencari kata atau frasa di catatan Anda. Fitur bagus lainnya adalah kemampuan untuk mengimpor berbagai jenis file, termasuk GIF dan PPT, dan kemampuan untuk mencadangkan dan mengekspor catatan Anda melalui email, Dropbox, dan banyak lagi.

Unduh: Notability untuk iOS ($ 11,99)

Jika Anda seorang jurnalis yang tajam dan Anda sedang mencari cara untuk membuat jurnal saat bepergian, aplikasi ini dapat membantu Anda membuat spread jurnal artistik yang indah. Dan untuk membuat jurnal digital Anda menjadi lebih efisien, Anda dapat membuat templat jurnal Anda sendiri. Jika ingin lebih mudah membuat bullet journal lihat aplikasi Bullet Journal yang lain ini

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar