Rabu, 21 Agustus 2019

Bagaimana Android Doze Bekerja Untuk Mengoptimalkan Baterai

Semua orang ingin smartphonnya lebih tahan daya baterai dari ponsel mereka. Dan sementara Anda dapat secara manual mengoptimalkan penggunaan baterai sampai titik tertentu, tidak ada yang ingin khawatir tentang hal itu sepanjang waktu.

Itu sebabnya Google menyertakan pengoptimal baterai sendiri untuk Android, yang disebut Doze, sebagai bagian dari sistem operasi. Meskipun fitur ini sangat bermanfaat sepanjang waktu, fitur ini juga dapat mengganggu fungsi di beberapa aplikasi.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang pengoptimalan baterai di Android dan cara mematikannya untuk aplikasi tertentu.

Apa yang dimaksud dengan Optimalisasi Baterai
Jika Anda tidak terbiasa, optimalisasi baterai adalah fungsi dikenal sebagai Doze bawaan Android 6.0 Marshmallow dan yang lebih tinggi. Ini menghemat masa pakai baterai dengan membatasi apa yang dapat dilakukan aplikasi di latar belakang.

Aplikasi menggunakan apa yang disebut wakelock untuk menjaga perangkat Anda tetap hidup meski Anda tidak menggunakannya secara aktif. Secara default, Android ingin masuk ke "tidur nyenyak" ketika layar Anda mati, tetapi ini dapat menimbulkan masalah untuk beberapa aplikasi. Misalnya, Anda tidak ingin musik Spotify berhenti diputar hanya karena layar ponsel Anda mati. Dengan demikian, pengembang aplikasi menggunakan wakelocks untuk menjaga layanan mereka tetap hidup saat dibutuhkan.

Meskipun wakelocks penting, pengembang dapat menyalahgunakannya. Inilah sebabnya mengapa Facebook dan banyak aplikasi lain membunuh baterai Android Anda di latar belakang. Doze membantu memperbaiki masalah ini dengan menyediakan "jendela perawatan" terbatas yang memungkinkan aplikasi untuk masuk sesekali, alih-alih terus-menerus. Semakin lama ponsel Anda tidak aktif, semakin banyak waktu berlalu di antara jendela-jendela ini.

Dalam banyak kasus, ini adalah fitur hebat. Tetapi untuk aplikasi yang mengandalkan koneksi yang stabil, ini dapat menimbulkan masalah. Untungnya, Anda dapat mematikannya.

Cara Mematikan Pengoptimalan Baterai Android
Untuk menonaktifkan pengoptimalan baterai untuk aplikasi Android apa pun, lakukan langkah-langkah berikut:

Pertama, kunjungi Settings > Apps & notifications. Ketuk Lihat semua aplikasi X di bagian bawah daftar Aplikasi yang baru dibuka untuk melihat semua yang ada di ponsel Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda sesuaikan.

Selanjutnya, perluas bagian Advanced  pada halaman Info aplikasi. Pilih Baterai dan Anda akan membuka menu lain dengan beberapa pengaturan baterai.
Baca Juga
Melanjutkan, ketuk entri Battery optimization dan Anda akan melihat daftar aplikasi lagi. Pada bilah di bagian atas layar, ketuk Not optimized dan ubah ke All apps  sehingga Anda dapat melihat semuanya. Sekali lagi, pilih aplikasi yang ingin Anda ubah.

Anda akan melihat jendela baru; pilih Don’t optimize di sini untuk mematikan optimisasi baterai untuk aplikasi itu.

Ini akan mencegah Doze membatasi penggunaan latar belakang aplikasi. Jika aplikasi masih bertingkah aneh setelah Anda melakukan ini, Anda juga dapat mempertimbangkan mematikan Baterai Adaptif di bawah Settings > Battery. Ini adalah fitur terpisah namun serupa yang digunakan Android untuk mengoptimalkan penggunaan baterai.

Seiring waktu, ia mempelajari aplikasi apa yang tidak sering Anda gunakan, dan membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi tersebut. Namun, Anda tidak perlu menonaktifkan ini dalam banyak kasus.

Untuk Aplikasi Apa Yang Anda Nonaktifkan Pengoptimalan
Apa jenis aplikasi yang mengalami masalah dengan Doze? Berikut ini adalah beberapa yang mungkin Anda pertimbangkan untuk mengubah:
  • Aplikasi olahpesan seperti WhatsApp, Telegram, dan aplikasi SMS Anda. Optimalisasi baterai dapat menyebabkan pemberitahuan pesan terlambat tiba.
  • Aplikasi VPN. Optimalisasi baterai dapat menyebabkan VPN menjatuhkan koneksi saat layar ponsel mati.
  • Aplikasi cadangan foto. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menonaktifkan pengoptimalan baterai untuk aplikasi seperti Foto Google yang secara otomatis mencadangkan foto Anda ke cloud. Seringkali, Anda akan membukanya dan melihat bahwa aplikasi tidak mencadangkan gambar dalam beberapa hari. Ini dapat menyebabkan Anda kehilangan foto jika terjadi sesuatu pada perangkat Anda.
  • Aplikasi apa pun yang sensitif terhadap waktu. Aplikasi seperti penjadwal SMS mungkin gagal mengirim pesan terjadwal tepat waktu ketika mereka dioptimalkan untuk penggunaan baterai.

Ingatlah bahwa Anda harus menonaktifkan hemat baterai dengan hemat. Melakukannya untuk terlalu banyak aplikasi akan berdampak negatif pada usia baterai.

0 komentar:

Posting Komentar