Selasa, 06 Agustus 2019

Apa itu Stalkerware dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Ponsel Android

Baru-baru ini, dunia teknologi melihat pemberontakan kecil stalkerware pada smartphone; namun, tidak sepenuhnya jelas apa itu "stalkerware". Apa itu stalkerware, dan mengapa Android menjadi target utama saat ini

Mari kita uraikan stalkerware, cara mendeteksinya, dan bagaimana penyebarannya. 

Apa itu Stalkerware
Stalkerware adalah sejenis malware yang merekam data yang dimasukkan ke dalam perangkat dan mengirimkannya ke pihak ketiga yang dipasok ke program saat instalasi. Stalkerware bertindak tanpa korban mengetahui bahwa ia mengambil informasi mereka; karena itu, ini merupakan pelanggaran privasi dan dianggap sebagai program yang tidak diinginkan. 

Stalkerware dapat melacak berbagai jenis informasi. Misalnya, seseorang dapat memonitor pesan SMS korban, sementara yang lain mengirim pesan ke lokasi target. Dengan demikian, desain setiap stalkerware berubah tergantung pada apa yang dirancang untuk dilacak. 

Bukankah Stalkerware Hanya Spyware
Bagi orang yang suka dengan malware, ini semua mungkin terdengar sangat akrab. Stalkerware terdengar sangat mirip spyware, sebuah istilah yang mencakup program seperti keyloggers dan clipper malware. Apa yang membuat stalkerware berbeda dengan spyware? 

Perbedaan utama adalah bahwa spyware menyelinap ke sistem dengan kedok program yang sah, dan mengirimkan data ke agen jahat yang tidak dikenal. Stalkerware, di sisi lain, secara terbuka mengiklankan fitur-fiturnya kepada pelanggan potensial, dan mengirimkan data ke alamat email yang disediakan pengguna. 

Seperti yang sudah Anda tebak, stalkerware tidak dimaksudkan untuk diinstal pada sistem pengguna; mereka hanya akan login sendiri! Sebagai gantinya, pengguna menginstalnya di perangkat orang lain yang ingin mereka lacak. Ini adalah perbedaan utama antara spyware dan stalkerware; spyware diunduh secara tidak sengaja, sementara stalkerware sengaja diinstal pada perangkat yang ingin dilacak pengguna. 

Dengan demikian, pasar utama stalkerware adalah orang yang tidak sepenuhnya memercayai orang lain. Misalnya, pasangan yang mencurigakan dapat memasang pembaca SMS di ponsel mitra mereka untuk memastikan mereka tidak curang. Demikian pula, orang tua dapat menginstal stalkerware di ponsel anak mereka untuk memantau penelusuran web mereka. 

Dengan semua terminologi yang berbeda ini, dapat membingungkan untuk melacak semua ketentuan keamanan siber. Jika Anda kesulitan dengan dasar-dasarnya, pastikan untuk mempelajari virus, spyware, malware, dan ancaman online lainnya. 

Bagaimana Stalkerware Tiba di Android 
Jadi mengapa kita membawa Android ke dalam campuran? Jawabannya terletak pada laporan terbaru dari Z6Mag bahwa Google telah menghapus tujuh aplikasi stalkerware. Masing-masing memiliki sudut pemasaran yang ditujukan untuk niche tertentu. 

Nama-nama aplikasi, seperti yang dilaporkan oleh Z6Mag, adalah sebagai berikut: 
  • Track Employees Check Work Phone Online Spy Free (Lacak Karyawan Periksa Telepon Kerja Online Gratis Spy)
  • Spy Kids Tracker
  • Phone Cell Tracker (Pelacak Sel Telepon)
  • Mobile Tracking (Pelacakan Seluler)
  • Spy Tracker
  • SMS Tracker (Pelacak SMS)
  • Employee Work Spy (Spy Pekerjaan Karyawan)
Sayangnya, Google Play telah membuktikan dirinya beberapa kali di masa lalu untuk menyembunyikan aplikasi jahat. Misalnya, Google Play store menyimpan malware clipper di Android store pada satu titik. 

Apa yang Dilakukan Stalkerware 
Sementara aplikasi ini sekarang sudah lama hilang, sisa-sisa iklan dari saat mereka masih aktif masih ada. Ini memberikan beberapa wawasan tentang cara kerja aplikasi ini dan mengapa Google menghapusnya. Mari kita lihat dua contoh untuk melihat apa yang dilakukan aplikasi ini. 

Aplikasi Pelacak SMS 
Beberapa aplikasi yang tercantum di atas melakukan apa yang mereka katakan dalam nama. Pelacak SMS, misalnya, melacak pesan SMS. Namun, jika Anda membaca salinan pemasaran Pelacak SMS, Anda akan menemukan alat mata-mata yang lebih menyeramkan yang disertakan bersama stalkerware. 
Baca Juga
Iklan memasarkan aplikasi sebagai sarana orang tua untuk melacak anak-anak mereka. Ini mencapai tujuan ini dengan mencatat dan mengirimkan rincian kepada orang tua yang bersangkutan tentang semua yang dilakukan anak. Log ini termasuk pesan SMS, daftar kontak, log telepon, riwayat penelusuran web, dan bahkan lokasinya melalui GPS. 

Aplikasi Spy Pekerjaan Pegawai 
Spy Kerja Karyawan bekerja dengan cara yang mirip dengan Pelacak SMS tetapi mengambil pendekatan yang lebih fokus pada bisnis dengan iklannya. Itu akan merekam semua SMS, suara, dan aktivitas lokasi smartphone bisnis sehingga bos bisa mengawasi pekerja mereka. 

Pengembang aplikasi mengklaim bahwa ini akan mencegah karyawan malas, membocorkan informasi, atau - cukup ironisnya - melakukan spionase. Spy Pekerjaan Karyawan setidaknya dinyatakan dalam deskripsi bahwa pekerja harus menerima peringatan pemasangan aplikasi sebelum mendistribusikan ponsel. 

Niat Sejati Stalkerware 
Seperti yang Anda lihat, stalkerware biasanya memiliki niat baik; itu tidak pernah ada untuk menyakiti atau mencuri dari orang. Fokus utama dari aplikasi di atas adalah untuk memeriksa orang dan bahkan melindunginya dari bahaya. 

Sayangnya, ketika jantung aplikasi berada di tempat yang tepat, metode mereka tidak etis sama sekali. Alat mata-mata ini menyebabkan pelanggaran privasi besar-besaran dan merupakan alasan utama mengapa stalkerware memiliki label malware. 

Bagaimana Stalkerware Meliputi Jejaknya 
Tentu saja, aplikasi ini harus berhati-hati dengan apa yang mereka lakukan. Jika pengguna menemukan aplikasi yang disebut "Pelacak SMS" di ponsel mereka, mereka kemungkinan akan menghapus instalannya. 

Dengan demikian, ketika pengguna menjalankan aplikasi, ia mengunduh alat mata-mata tambahan dan memasangnya dengan cara yang tidak tergantung pada aplikasi utama. Kemudian, pengguna mencopot pemasangan aplikasi untuk menutupi jejak mereka sementara alat pengintai terus bekerja di latar belakang. Fitur ini membuatnya sangat sulit untuk mengetahui apakah perangkat Anda memiliki infeksi stalkerware. 

Bukan Hanya Masalah Android 
Sayangnya, stalkerware bukan hanya masalah Android. Perangkat apa pun yang dapat menjalankan perangkat lunak khusus di dalamnya secara teoritis dapat mengalami infeksi stalkerware. PC Karyawan dapat menginstalnya untuk memeriksa bagaimana mereka menggunakan waktu kerja mereka, misalnya. 

FlexiSpy adalah contoh yang bagus untuk ini. Itu dijual kepada pecinta yang ingin memantau PC atau ponsel pasangan mereka, dan para pengembang membuat seluruh bisnis dari penguntit digital. 

Cara Menghentikan Stalkerware 
Masalahnya dengan stalkerware adalah ia tidak akan muncul di daftar aplikasi Anda jika Anda memburunya. Itu karena orang yang semula mengunduh malware menghapus aplikasi utama untuk menutupi jejak mereka. "Sisa" itu adalah apa yang bekerja diam-diam di latar belakang, melacak semua data Anda. 

Sayangnya, jika Anda menggunakan program antivirus yang tidak dapat mengidentifikasi stalkerware, itu akan melaporkan pemindaian bersih pada perangkat yang terinfeksi. Itu sebabnya merupakan ide yang bagus untuk melakukan riset dan menemukan antivirus yang dapat mengatasi stalkerware. Kaspersky, misalnya, telah memperbarui antivirusnya untuk menemukan dan menghapus ancaman ini. 

Jika Anda ingin memastikan perangkat Anda bersih dari stalkerware, reset pabrik adalah pilihan terbaik. Reset penuh akan menghapus sisa-sisa aplikasi asli dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan privasi kembali. Ini lebih merepotkan daripada menjalankan antivirus, tetapi tidak ada kemungkinan sisa-sisa bersembunyi tidak terdeteksi di latar belakang. 

Setelah yakin ponsel Anda bersih, Anda harus mengunci ponsel untuk mencegah pelakunya menginstalnya kembali. Letakkan kata sandi yang kuat di ponsel Anda dan simpan di orang Anda setiap saat sehingga tidak terinfeksi kembali.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar