Rabu, 28 Agustus 2019

9 Cara Untuk Memeriksa Versi Linux Yang Sedang Anda Jalankan

Versi Linux apa yang Anda jalankan? Ubuntu, Arch, atau Red Hat. Tentu, bukan itu yang benar-benar ingin Anda ketahui, bukan? Yang Anda inginkan adalah versi Linux yang sebenarnya, atau bahkan versi kernel Linux.

Lagipula, itu tidak ditampilkan di mana pun, jadi bagaimana Anda bisa tahu? Berikut adalah sembilan perintah untuk membantu memeriksa versi Linux dan versi Kernel dari distro Anda saat ini.

Versi OS atau Kernel: Apa Perbedaannya
Hal pertama yang perlu diperiksa adalah apakah Anda mencari versi OS atau versi Kernel.

Misalnya, jika Anda menggunakan Ubuntu, Anda mungkin ingin memeriksa versi sistem operasinya. Bisa jadi 19,04, tetapi apakah ada nomor yang dibangun selanjutnya?

Di sisi lain, Anda mungkin perlu mengetahui versi kernel Linux. Kernel adalah inti dari Linux, kode yang memungkinkan perangkat lunak berkomunikasi dengan perangkat keras.

Tampilkan Versi Linux Anda di Desktop
Selain sembilan opsi baris perintah di bawah ini, Anda juga dapat memeriksa versi Linux Anda dari desktop. Ini akan berbeda tergantung pada lingkungan desktop dan sistem operasi. Namun, jika Anda ingin memeriksa versi Ubuntu Anda, versi CentOS Anda, atau apa pun, tanpa baris perintah, Anda bisa.

Misalnya, untuk memeriksa versi Ubuntu Anda dari desktop, buka System Settings > Details. Di sini, Anda akan melihat versi distro yang Anda jalankan. Meskipun ini tidak akan memberi Anda detail seperti baris perintah, itu sudah cukup untuk mengonfirmasi versi Linux Anda.

Cara Memeriksa Versi Linux Distro dan Kernel Anda
Seperti yang telah Anda kumpulkan, desktop hanya akan memberi Anda informasi dasar tentang versi Linux Anda. Untuk detail lebih lanjut, Anda harus bergantung pada baris perintah.

Berbagai perintah dapat digunakan untuk mengungkapkan informasi menarik tentang sistem Linux Anda. Bersamaan dengan perincian versi Linux Anda, Anda dapat mencari tahu tentang rilis distribusi, nama kode, dan Kernel. Informasi ini terbukti bermanfaat karena beberapa alasan. Anda memerlukannya untuk pemecahan masalah, misalnya, atau hanya untuk memeriksa apakah versi Linux Anda telah diperbarui.

Sembilan perintah berikut memungkinkan Anda memeriksa versi Linux dan versi Kernel dari terminal.

Tampilkan Versi OS Linux Anda dengan Mudah dengan cat / etc / os-release
Opsi pertama Anda adalah memeriksa file os-release di direktori / etc /. Ini akan memberikan akun yang cukup terperinci tentang versi sistem operasi Linux Anda. Kami dapat memeriksa ini dengan cepat menggunakan perintah cat (concatenate), yang dapat digunakan untuk menampilkan atau membuat file baru.
cat /etc/os-release
Contoh kami diuji dengan Ubuntu. Di sini, nama OS, versi lengkap, ID versi, dan nama kode terdaftar.

Opsi Lain untuk Memeriksa Versi Linux Anda: cat /etc/*release
Sedikit informasi lebih lanjut dapat dikumpulkan menggunakan file * rilis saja. Ini menampilkan semua informasi dari file yang diakhiri dengan kata "release" di direktori / etc /, disatukan menjadi satu output.
cat /etc/os-release
Outputnya sebagian besar sama dengan sebelumnya, tetapi dengan informasi distribusi tambahan.

Dapatkan Versi Linux Anda: cat / etc / issue
Untuk respons yang lebih langsung terhadap permintaan Anda untuk nomor versi OS Linux, coba perintah cat ini.
cat /etc/issue
Di sini Anda akan melihat nama dan versi distro. Sederhana!
Baca Juga
Temukan Versi Linux Anda: lsb_release -a
Perintah lsb_release akan menampilkan informasi Linux Standard Base (lsb) tentang distro Linux Anda.
lsb_release -a
Perhatikan nama distributor, serta nama distro, rilis, dan nama kode. Sekali lagi, ini adalah perintah langsung dengan hasil yang ringkas dan jelas.

Tampilkan Versi Kernel Linux Dengan hostnamectl
Perintah hostnamectl dapat digunakan untuk mengubah nama host sistem tetapi digunakan sendiri akan menampilkan detail versi Linux.
hostnamectl
Menggunakan perintah menampilkan nama host perangkat, bersama dengan ID mesin, dan arsitektur. Anda juga akan menemukan versi Linux dan versi kernel Linux ditampilkan dengan perintah ini.

Gunakan uname -r untuk Memeriksa Versi Kernel Linux
Meskipun perintah sebelumnya menampilkan detail tentang versi kernel Linux, jika itu semua mau, coba uname -r sebagai gantinya.
uname -r
Ini akan menampilkan nomor versi untuk kernel Linux distro Anda. Tidak ada konteks untuk ini, hanya nomor versi.

Ingin Lebih Banyak Detail Kernel Linux Dengan uname -mrs
Informasi tambahan tentang versi Linux distro Anda saat ini dapat ditemukan dengan memperluas -r beralih ke -mrs.
languaguname -mrs
Ini tidak ada hubungannya dengan istri atau ibumu. Sebaliknya, perintah -mrs memberikan informasi tentang nama Kernel dan versi perangkat keras. Dalam contoh kami, kami telah menjalankan perintah pada Raspberry Pi 4, yang menampilkan armv71. Arsitektur berbasis Intel / AMD 32-bit atau 64-bit akan menampilkan x86_64 sebagai gantinya.

Menampilkan Lebih Banyak Informasi Versi Kernel Linux: uname -a
Bahkan lebih banyak informasi dapat ditampilkan tentang kernel Linux Anda dengan ekstensi perintah -a.
uname -a
Dengan menggunakan ini, Anda akan melihat nama perangkat, versi kernel Linux, tanggal rilis, arsitektur, dan nama OS lengkap (biasanya GNU / Linux).

Informasi Kernel Linux Terperinci Dengan cat / proc / version
Opsi terakhir untuk memeriksa versi kernel Linux Anda adalah perintah cat lainnya. Ini menggunakan file versi di direktori / proc.
cat /proc/version
Anda akan menemukan nomor versi kernel Linux Anda saat ini, dikompilasi dari informasi dari file / proc / sys / kernel / ostype, / proc / sys / kernel / osrelease, dan / proc / sys / kernel / versi. Seperti disebutkan sebelumnya, perintah cat menggabungkan informasi dari berbagai file, yang terjadi di sini.

Sekarang Anda Tahu Apa Versi Linux yang Sedang Anda Jalankan

Ingin berbuat lebih banyak di terminal Linux? Menjadi master baris perintah Linux dengan referensi perintah.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar