Kamis, 15 Agustus 2019

8 Tips dan Aplikasi Untuk Multitasking di Android

Anda mungkin terbiasa membuka dan menggunakan satu aplikasi di ponsel Android Anda sekaligus. Tetapi apakah Anda tahu bahwa mungkin untuk meningkatkan produktivitas Anda dengan melakukan banyak tugas?

Dengan menggunakan beberapa trik dan aplikasi Android, Anda dapat membuat dua aplikasi sekaligus, beralih di antara aplikasi dengan mudah, dan bahkan menonton video saat bekerja di aplikasi lain. Untuk mencapai ini, mari kita lihat banyak cara untuk melakukan banyak hal di Android.

Pintasan Native Switcher Android
Android 7.0 Nougat dan di atasnya memiliki pintasan praktis untuk beralih secara instan antara aplikasi saat ini dan yang terakhir digunakan. Untuk menggunakannya, cukup ketuk tombol Recents berbentuk persegi (salah satu yang menarik semua aplikasi aktif) pada bilah navigasi. Jalankan pintasan ini sekali untuk kembali ke aplikasi terakhir yang Anda buka, lalu kembali untuk kembali ke yang asli ketika diinginkan.

Jika Anda menjalankan Android 9.0 Pie atau lebih, Anda tidak akan memiliki tombol navigasi yang lebih lama di bagian bawah layar Anda. Sebagai gantinya, Anda perlu menjentikkan tombol beranda berbentuk pil ke kanan untuk berpindah aplikasi. Gerakan ini hanyalah salah satu fitur baru dari Android Pie.
Perhatikan bahwa meskipun ini adalah fungsi Android asli, fungsi ini mungkin tidak ada di ponsel Anda (atau mungkin dalam bentuk lain) tergantung pada pabrikannya.

Mode Layar Terpisah
Android juga memiliki opsi multi-jendela untuk menjalankan dua aplikasi berdampingan. Misalnya, Anda dapat membuka dokumen di Google Documents di bagian bawah layar dengan jendela Google Search di bagian lain untuk penelitian.

Plus, Android memungkinkan Anda untuk menyeret teks dari satu aplikasi ke aplikasi lain dalam mode layar terbagi. Anda bahkan dapat menyesuaikan ukuran jendela tergantung pada penggunaan Anda. Hampir setiap aplikasi utama mendukung multi-jendela di Android seperti Netflix, Google Documents, YouTube, Twitter, dan WhatsApp.

Mode Gambar-dalam-Gambar
Fitur pintar bawaan multitasking Android lainnya adalah mode picture-in-picture (PiP). Ini memungkinkan Anda menonton video di jendela mengambang yang dapat diseret.

Ada banyak skenario di mana Anda akan menemukan mode PiP nyaman. Anda dapat mencari restoran saat mengobrol video dengan seorang teman, atau Anda dapat menonton klip YouTube dan menjelajah Reddit secara bersamaan. Tampilan PiP tersedia di beberapa aplikasi video termasuk YouTube, Netflix, dan VLC.

Namun, mode gambar-dalam-gambar Android tidak terbatas pada aplikasi streaming. PiP berfungsi untuk navigasi Google Maps, obrolan video Google Duo, dan lainnya.

Untuk beralih ke mode gambar-dalam-gambar dalam aplikasi, cukup sentuh tombol beranda saat konten diputar, dan aplikasi akan secara otomatis mengecilkan konten aktifnya menjadi jendela kecil. Anda tidak perlu mengaktifkan pengaturan apa pun secara manual untuk mengaktifkannya.

Dukungan gambar-dalam-gambar hanya tersedia di Android 8.0 Oreo dan di atasnya.

Lynket Browser 
Lynket Browser mencoba memperbaiki fungsi Tab Kustom Android yang buruk dengan meneruskan halaman web ke aplikasi terpisah. Namun, alasan kami menyebutkannya di sini adalah karena keterampilan multitasking aplikasi.

Lynket dapat memuat halaman web di latar belakang dan menambahkannya sebagai gelembung mengambang di layar Anda. Anda dapat segera hadir untuk mereka dan kemudian kembali ke apa yang Anda lakukan sebelumnya, atau membiarkan mereka berkeliaran di tepi layar Anda untuk nanti.

Aplikasi ini memungkinkan Anda meluncurkan beberapa tautan sebagai gelembung mengambang ke multitask yang mudah di antara peramban dan aplikasi lainnya.

Unduh: Lynket Browser (Gratis, tersedia versi premium)

Split Screen Launcher
Aplikasi ini menambah utilitas layar terbagi Android dengan menambahkan satu fitur kunci yang hilang.
Baca Juga
Split Screen Launcher, Anda dapat membuat pintasan untuk kombinasi layar terbagi yang sering Anda gunakan. Katakanlah Anda secara teratur memiliki YouTube dan Twitter dalam mode multi-jendela. Anda dapat mengubahnya menjadi pintasan layar beranda untuk membuka mode layar terbagi dengan dua aplikasi ini secara cepat.

Split Screen Launcher memiliki antarmuka yang mudah. Untuk mengonfigurasi pintasan baru, ketuk tombol Buat Pintasan di aplikasi, tentukan aplikasi atas dan bawah, dan tekan Simpan. Di bisikan, tahan dan seret untuk menempatkan pintasan baru di layar beranda Anda.

Pada saat penulisan, Split Screen Launcher masih dalam akses awal. Oleh karena itu, terkadang ada masalah stabilitas.

Unduh: Split Screen Launcher (Gratis)

Taskbar 
Taskbar adalah alat multitasking terbaik untuk ponsel Android. Ini pada dasarnya menjepit bilah tugas seperti desktop di bagian bawah layar ponsel Anda. Di paling kiri bar, Anda akan menemukan semacam menu mulai untuk mengakses semua aplikasi yang diinstal. Di sebelah kanan, aplikasi menyimpan aplikasi yang paling terakhir Anda gunakan.

Karena dapat diakses di mana-mana, Anda dapat dengan mudah melompat di antara aplikasi dan melewati tombol navigasi Terbaru. Selain itu, Taskbar dapat menampung sebanyak mungkin widget yang Anda inginkan.

Untuk menghindari menghalangi pandangan Anda ketika Anda tidak menggunakannya, Taskbar secara otomatis bersembunyi di bawah tombol panah. Itu juga tidak harus tetap di bawah; Anda dapat memposisikannya ke tepi kiri atau kanan dan mengubah orientasinya.

Pada Android 7.0 dan di atasnya, Taskbar bahkan dapat meluncurkan aplikasi di jendela bentuk bebas untuk benar-benar mengubah ponsel Anda menjadi workstation seluler. Namun, fungsi ini hanya dimungkinkan melalui perintah shell ADB. Setelah Anda mengatur ADB di komputer Anda, buka tab Freeform Taskbar dan ikuti instruksi di layar.

Unduh: Taskbar (Gratis)

Edge Screen
Edge Screen supercharges tepi ponsel Anda dengan menambahkan serangkaian panel ditarik. Ini memungkinkan Anda mengakses aplikasi, kontak, pengaturan, pintasan navigasi, dan banyak lagi lainnya dengan cepat.

Anda dapat memanggil Edge Screen dengan menarik di bilah sisi dan terus menggesekkan untuk menggulir panel. Plus, Edge Screen menampung beberapa aplikasi mini termasuk kontrol pemutaran musik, kalkulator, kalender, perekam suara, dan penjelajah file.

Fungsi ini sangat berguna dalam banyak situasi. Mungkin Anda sedang mengobrol dengan seorang teman dan ingin melakukan perhitungan untuk tagihan makan malam tadi malam. Anda cukup menarik keluar Layar Ujung, geser hingga Anda mencapai aplikasi kalkulator mini, cari tahu hasilnya, dan kembali ke obrolan semua dalam hitungan detik.

Unduh: Edge Screen (Gratis, tersedia versi premium)

Floating Bar V40
Anda dapat menganggap aplikasi ini sebagai alternatif Edge Screen yang tidak terlalu mencolok, karena konsepnya identik. Floating Bar V40 memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi, kontak, tindakan cepat, dan item lainnya tanpa meninggalkan aktivitas Anda saat ini.

Tetapi alih-alih mengambil alih separuh layar Anda, Floating Bar V40 hidup dalam bilah mengambang yang ringkas dan dapat ditarik. Seperti Layar Tepi, layar ini dapat digesek dan dapat menampung beberapa widget serta koleksi. Anda bahkan dapat mengonfigurasi tab untuk menghasilkan roll mati acak.

Unduh: Floating Bar V40 (Gratis, tersedia versi premium)

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar