Senin, 12 Agustus 2019

7 Tips dan Trik Untuk Menguasai Aplikasi Kalender Mac Anda

Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan aplikasi Kalender Apple Mac Anda dari sekadar membuat kalender dan acara. Jadi, jika Anda hanya melihat permukaan kalender macOS asli sejauh ini, mari selami lebih dalam dengan tips Kalender canggih di bawah ini.

Untuk mengetahui dasar-dasar aplikasi, lihat tips Kalender Mac kami untuk pemula terlebih dahulu.

Tambahkan Acara Multi-Hari
Tahukah Anda bahwa Anda dapat menambahkan acara beberapa hari ke kalender dengan tindakan klik-dan-seret yang sederhana? Untuk memulai, dalam tampilan Bulan, klik pada hari pertama acara yang akan datang, seret kursor sampai ke hari terakhir acara, lalu lepaskan kursor. Kalender kemudian menjadwalkan acara tersebut sebagai sesi sepanjang hari yang berlangsung beberapa hari.

Untuk menjadwalkan acara multi-hari di tampilan Minggu, seret seluruh hari yang relevan berturut-turut di bagian sepanjang hari di bagian atas. Jika Anda mengklik dan menarik berhari-hari di bagian di bawah ini, acara tersebut dijadwalkan antara slot waktu pertama dan terakhir yang Anda klik.

Tambahkan Acara Dari Surat dan Catatan
Apakah tidak nyaman jika Anda dapat menambahkan undangan email ke pesta, rapat, dan acara lainnya ke kalender Anda tanpa meninggalkan aplikasi Mail?

Itu memang mungkin, tetapi hanya setelah Anda mengaktifkan kotak centang di bawah  Mail > Preferences > General: Add invitations to Calendar automatically.

Setelah mengubah pengaturan ini, ketika Anda mengarahkan kursor pada tanggal / waktu dalam email apa pun, Anda akan melihat pilihan tenda muncul di atasnya. Ketika Anda mengklik tombol panah ke bawah kecil di sebelah tenda, Mail memungkinkan Anda menambahkan acara itu ke aplikasi Kalender dari sembulan. (Lihat tangkapan layar di atas untuk contoh tampilan sembulan Tambah ke Kalender di Mail.)

Karena Anda hanya dapat menjadwalkan acara mendatang, pemilihan tenda tidak muncul untuk tanggal di masa lalu.

Aplikasi Notes juga memungkinkan Anda untuk mengubah tanggal dan waktu dalam catatan Anda menjadi acara. Prosesnya mirip dengan yang ada di Mail, tetapi melibatkan langkah tambahan. Di sini, ketika Anda mengklik tombol di sebelah pilihan tenda, Anda akan melihat menu sembulan kecil. Anda harus mengklik opsi Acara Lihat Cepat di menu ini untuk mengungkapkan popup Tambah ke Kalender.

Tetapkan Pengingat untuk Ulang Tahun, Rapat, dan Lainnya
Jika Anda ingin, katakanlah, menerima peringatan tentang ulang tahun seseorang atau pengingat tentang penerbangan yang akan datang, Anda dapat memprogram Kalender untuk mengirimkannya.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur peringatan sambil menambahkan acara ke kalender Anda. Jika Anda melewatkan menambahkan peringatan, Anda masih bisa kembali dan menambahkannya nanti. Untuk menambahkan peringatan ke acara yang ada, klik dua kali pada acara di kalender Anda untuk membuka popup Edit Acara.

Selanjutnya, klik pada bagian tanggal dan waktu di sembulan untuk mengungkapkan bagian yang tersembunyi. Di sana, dari opsi menu dropdown lansiran, pilih kapan Anda ingin Kalender mengirimi Anda lansiran tentang acara tersebut. Setelah Anda memilih opsi, Anda akan melihat tombol tambah muncul di sebelah lansiran baru. Tombol itu, seperti yang Anda duga, memungkinkan Anda membuat banyak peringatan.

Untuk acara yang membutuhkan pengingat berulang, pilih juga opsi yang sesuai dari menu tarik turun berulang.

Pengaturan gabungan peringatan dan menu dropdown berulang berguna untuk kalender ulang tahun. Dengan pengaturan ini, Kalender membuat item baru untuk acara berulang secara otomatis dan juga mengirimkan peringatan ulang tahun kepada Anda tepat waktu.

Jika Anda membutuhkan sistem Jurnal yang lebih kuat, lihat aplikasi jurnal yang hebat ini untuk macOS.

Buka File dan Aplikasi sesuai Jadwal
Katakanlah Anda bekerja pada templat faktur PDF tertentu pada hari pertama setiap bulan sebelum mengirimkannya ke klien. Atau mungkin Anda perlu menyiapkan file-file tertentu sebelum setiap pertemuan. Untuk tugas berulang seperti itu, mengapa tidak memprogram Kalender untuk membuka file terkait secara otomatis sesuai jadwal? Itu mudah dilakukan.
Baca Juga
Untuk memulai, buat acara untuk tugas dan kemudian klik dua kali di kalender untuk membuka popup Edit Acara.

Di munculan, klik pada tanggal untuk mengungkapkan opsi tersembunyi, lalu pilih opsi Kustom dari menu dropdown peringatan. Anda akan melihat popup kecil lain muncul. Dalam munculan kedua ini, klik pada menu dropdown Pesan dengan suara untuk membuka opsi Buka file.

Setelah Anda mengklik Buka file, menu dropdown baru muncul, dari mana Anda dapat memilih file (atau aplikasi) yang Anda ingin agar Kalender diluncurkan secara otomatis. Tweak menu dropdown lain yang tersedia untuk menentukan kapan tepatnya Anda ingin membuka file dan tekan tombol OK untuk menyelesaikannya.

Perhatikan tombol plus yang muncul di sebelah peringatan pertama. Gunakan itu untuk membuat peringatan untuk meluncurkan beberapa file / aplikasi, satu peringatan pada satu waktu.

Jika file tertentu tidak buka sesuai jadwal, periksa apakah Do Not Disturb aktif di Mac Anda. Jika file terjadwal tidak terbuka sama sekali, lihat apakah Anda memiliki pemberitahuan / peringatan tersembunyi melalui Kalender> Preferensi> Peringatan atau di bawah Preferensi Sistem> Pemberitahuan> Kalender.

Lihat Acara sebagai Daftar
Sangat menyenangkan bahwa Anda dapat melihat acara yang diadakan selama seminggu atau sebulan di Kalender. Tetapi bagaimana dengan ketika Anda ingin melihatnya sebagai daftar atau agenda? Kalender tidak memiliki opsi tampilan satu klik untuk itu.

Tetapi Anda dapat menggunakan solusi tersembunyi ini untuk tampilan daftar sementara: ketikkan kutipan ganda (“) ke dalam kotak pencarian di kanan atas aplikasi dan tekan Enter. Ini mengungkapkan daftar gulir dari semua acara Anda dulu, sekarang, dan mendatang di semua kalender. Itu berguna, bukan?

Sembunyikan Acara Sepanjang Hari
Saat Anda melihat semua acara yang dijadwalkan sekilas dalam tampilan Bulan, acara sepanjang hari seperti ulang tahun dan tugas dapat mengganggu. Tetapi Anda dapat menyembunyikannya sementara waktu dengan opsi menu Lihat> Sembunyikan Acara Sepanjang Hari.

Untuk mengungkapkannya lagi, klik pada View> Show All-Day Events.

Biarkan Orang Lain Mengelola Jadwal Anda
Kalender macOS memungkinkan Anda mendelegasikan tugas manajemen kalender Anda ke orang lain, seperti kolega.

Untuk mengundang orang lain untuk melihat dan mengedit kalender Anda, kunjungi Calendar > Preferences > Accounts. Di sana, pilih akun di bilah sisi dan klik tab Delegasinya di panel sebelah kanan. Tombol Edit di bawah panel ini memungkinkan Anda memberikan akses ke kalender Anda untuk akun itu.

Klik untuk mulai menambahkan nama orang yang ingin Anda undang untuk mengelola kalender Anda. Pastikan untuk memilih kotak centang Perbolehkan Tulis jika Anda ingin memberikan hak edit kepada delegasi.

Bagaimana mendelegasikan perbedaan dengan berbagi di Kalender? Saat Anda berbagi kalender, Anda memberikan akses ke kalender selektif saja. Tetapi ketika Anda mendelegasikan, Anda membagikan semua kalender yang terkait dengan akun tertentu.

Perhatikan bahwa akun kalender tertentu tidak mendukung delegasi. Anda dapat mengandalkan tab Delegasi untuk memberi tahu akun tersebut kepada Anda.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar