Senin, 26 Agustus 2019

7 Distro Linux Media Center Yang Luar Biasa Untuk HTPC Anda

Sejak Microsoft meninggalkan Windows Media Center Edition, pembangun home theatre PC (HTPC) telah beralih ke Linux. Sementara opsi kepemilikan tersedia, solusi terbaik adalah mengandalkan Linux untuk OS pusat media Anda.

Mencari pusat media Linux, atau alternatif untuk Kodibuntu yang ditinggalkan? Coba sistem operasi HTPC open source ini.

7 Alternatif Linux Media Center Kodibuntu
Adegan Linux adalah lingkungan yang terus berubah, berkembang dengan tim pengembangan baru merilis distro baru setiap minggu, sementara yang lain tutup. Sebagai contoh, Kodibuntu adalah nama besar di arena media center Linux, tetapi ini adalah proyek yang hampir mati.

Sudah waktunya bagi Anda untuk pindah ke sesuatu yang baru.

Kami tidak hanya berbicara tentang sistem operasi desktop dan server. Distribusi pusat media berbasis Linux, dengan playback media dan alat manajemen perpustakaan, juga diluncurkan, diperbarui.

Kami telah menyusun daftar distro pusat media Linux berikut:
  • GeeXboX
  • OpenELEC
  • LibreELEC
  • Recalbox
  • LinuxMCE
  • LiniHES
  • DIY dengan Kodi
Mari kita lihat masing-masing secara bergantian.

GeeXboX adalah sistem operasi pusat media Linux lengkap, sebuah distro ringan yang tersedia untuk desktop dan perangkat yang disematkan. Dengan footprint kecil, Anda dapat menjalankannya langsung dari flash drive atau menginstalnya dengan cara tradisional.

Versi terbaru, 3.1, hanya ISO 160 MB. Akibatnya, GeeXboX membuat distro yang sempurna untuk mem-boot dari drive USB atau menginstal pada perangkat keras yang lebih lama. GeeXboX didasarkan pada Kodi, jadi Anda akan melihat antarmuka pengguna yang sudah dikenal.

Awalnya dibangun untuk menjalankan XBMC, OpenELEC (Open Embedded Linux Entertainment Center) telah ada selama beberapa tahun sekarang, dan telah berevolusi untuk menjalankan Kodi. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal file yang diunduh pada partisi hard disk kosong. Setelah selesai, sistem HTPC Linux Anda akan menjalankan Kodi.

Dengan akses ke pustaka lengkap pengaya Kodi, Anda dapat mengonfigurasi pusat media Linux persis seperti yang Anda inginkan. Perlu melakukan streaming video dari akun Netflix? Instal add-on dan Anda bisa. Ingin akses ke podcast favorit Anda melalui TV? Mereka tersedia melalui Kodi, baik sebagai add-on individual atau melalui pemutar podcast.

Kodi bahkan memiliki siaran langsung TV dan DVR, memberi Anda pengalaman media center penuh.

Seperti OpenELEC, LibreELEC adalah sistem operasi Linux yang dirancang untuk menjalankan Kodi sebagai antarmuka pengguna utama. Dengan versi untuk PC 32-bit dan 64-bit, manfaat dari opsi ini adalah lebih mudah untuk menginstal.

Ketimbang mengunduh gambar disk, LibreELEC dilengkapi dengan alat penulisan kartu USB / SD. Ini memandu pembuatan media instalasi pada USB atau kartu SD, menghasilkan instalasi yang mudah.

Setelah diinstal, Anda akan menemukan perangkat lunak pusat media Kodi siap digunakan. Semua add-on Kodi yang biasa dapat dimasukkan untuk menyesuaikan pengalaman Anda.

LibreELEC dan OpenELEC juga tersedia untuk Raspberry Pi.

Ingin menggabungkan game retro dengan HTPC Linux Anda? Recalbox, kombinasi frontend EmulationStation dan Kodi, adalah pilihan yang sempurna. Awalnya dibuat untuk Raspberry Pi, ini adalah sistem operasi berbasis Linux yang juga dapat diinstal pada PC 32-bit dan 64-bit.
Baca Juga
Secara default, Recalbox melakukan booting ke EmulationStation, tetapi dapat diatur untuk boot pertama kali ke Kodi.

Menggabungkan Kodi dan game retro pada platform yang sama adalah langkah yang cerdas. Hubungkan pengontrol permainan retro ke komputer Anda untuk mendapatkan pengalaman bermain game dan media terbaik.

LinuxMCE: Linux Media Center
LinuxMCE adalah hub pusat media Linux dengan sentuhan otomatisasi. Selain organisasi metadata media (ditemukan dalam rilis lain seperti Kodi), ada tanggung jawab untuk streaming dan otomatisasi. Anda dapat mendengarkan dan melihat konten di banyak kamar, mengontrol peralatan audio dan video, dan memainkan game retro.

Ingin memiliki rumah pintar, bukan hanya hub media? LinuxMCE memonitor sensor dan kamera keamanan, terhubung dengan kontrol pencahayaan dan iklim, dan banyak lagi. Bahkan dapat berfungsi sebagai VoIP dan hub manajemen jaringan.

Oleh karena itu, fitur rumah pintar yang ditambahkan ini memposisikan LinuxMCE sebagai alternatif yang bagus untuk perangkat berpemilik pricier dengan otomatisasi rumah.

Jika semua itu terdengar lebih dari yang Anda butuhkan, jangan khawatir — Anda dapat dengan mudah mengabaikan fungsi-fungsi ini. Sebaliknya, tendang kembali dan tonton beberapa film, atau bahkan mainkan beberapa game retro! LinuxMCE mencakup Multiple Arcade Machine Emulator (MAME) untuk game arcade klasik, dan Multiple Emulator Super System (MESS) untuk sistem video rumahan.

LinHES adalah singkatan dari Linux Home Entertainment System dan menawarkan pengaturan HTPC 20 menit. Sorotan termasuk DVR penuh, pemutaran DVD, jukebox musik, dan dukungan metadata. Anda juga akan menikmati informasi video lengkap, seni penggemar, permainan, dan akses ke perpustakaan gambar Anda.

Seperti Mythbuntu yang ditingkatkan, LinHES adalah HTPC yang ditingkatkan. Karena LinHES berpusat pada kemampuan DVR MythTV, ini sedikit lebih cocok untuk pengguna non-DVR.
Pada sisi negatifnya, LinHES memiliki antarmuka pengguna berwarna biru mencolok secara default, yang mungkin membuat sebagian pengguna tidak aktif. Gali lebih dalam, dan Anda akan menemukan pusat media Linux yang cakap.

HTPC Linux Anda Sendiri Dengan Kodi
Jika Anda sudah menginstal sistem operasi Linux pada HTPC yang Anda maksudkan, Anda mungkin tidak perlu melakukan lebih banyak lagi. Daripada membatalkan kerja keras Anda sejauh ini, Anda mungkin memilih untuk hanya menginstal Kodi.

Tersedia dari kodi.tv/download, Anda dapat menginstal lingkungan media center yang populer dalam hitungan menit. Dengan berbagai tambahan Kodi legal yang tersedia, Anda dapat menginstal YouTube, Amazon Prime Video, Netflix, bahkan Plex di HTPC Linux Anda.

Sistem operasi terbaik untuk Kodi adalah Ubuntu untuk dukungan driver lengkap dan pemutaran media. Namun, Anda mungkin menemukan OS pusat media Linux pilihan berbeda, ditentukan oleh preferensi pribadi dan perangkat keras.

Dengan tujuh opsi kuat distro untuk pusat media ini, masuk akal untuk menemukan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik itu HTPC, pusat media, atau distro Kodi langsung, Anda akan menemukan solusi Anda dalam daftar ini.

Ingin tahu lebih banyak tentang sistem operasi Linux? Periksa daftar distro Linux terbaik sesuai kebutuhan atau distro linux untuk programer kami.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar