Minggu, 18 Agustus 2019

6 Layanan Cloud Selain iCloud Untuk Pengguna Apple

Apple menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak yang luar biasa tetapi ketika Anda memasukkan layanan internet dan cloud ke dalam, pendekatan perusahaan terhadap pengembangan produk benar-benar kurang berhasil.

Dalam beberapa hal, hal-hal yang membuat Apple menjadi perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak yang hebat membuatnya kurang maksimal di cloud.

Anda mungkin menggunakan iCloud dengan cara yang berbeda (kadang-kadang bahkan tidak tahu bahwa Anda menggunakan iCloud). Jika Anda pernah merasa bahwa opsi tersebut tidak kaya fitur atau dapat diandalkan, berikut adalah beberapa alternatif yang tersedia.

iWork untuk iCloud
Apple iWork suite cukup bagus, terutama karena sekarang tersedia secara gratis untuk semua orang. Rancangan dan fitur fitur iWork menjadikannya alternatif yang bagus untuk membuat presentasi dan dokumen. Tapi itu tidak bertahan ketika Anda mencoba dan berkolaborasi, atau Anda mencoba menggunakannya di browser.

Jika Anda akan berkolaborasi pada dokumen, opsi Google (Documents, Spreadsheet, dan Slide) jauh lebih baik. Untuk kolaborasi dokumen, Quip dan Dropbox Paper juga layak untuk dilihat.

iCloud Drive
Jika Anda pernah memberikan akses aplikasi iOS ke akun iCloud Anda, itu akan menyimpan file ke akun iCloud Anda - khususnya, iCloud Drive. Ini versi Dropbox Apple, tapi cukup mendasar.

Di Mac, Anda bisa membuka iCloud Drive dengan mengeklik pintasan di bilah samping di Finder. Di iOS 10, Anda dapat membuka aplikasi iCloud Drive untuk melihat file dan folder yang disimpan di sini.

Berikut adalah dua alasan terbesar mengapa tidak pada iCloud Drive.
  • Kurangnya transparansi - iCloud Drive di Mac tidak akan menunjukkan kepada Anda ketika sinkronisasinya aktif dan tidak ada cara untuk menjeda atau menghentikan sinkronisasi secara manual.
  • Fitur berbagi yang buruk - iCloud Drive tidak memiliki cara sederhana dalam hal berbagi file dengan siapa pun di web.
  • Keandalan - Sama seperti iCloud, iCloud Drive tidak cukup dapat diandalkan.
Alternatif terbaik adalah menggunakan Dropbox. Google Drive 


Notes 
Apple Notes adalah solusi pencatatan bawaan, yang menyinkronkan antar perangkat menggunakan iCloud. Fungsionalitas pencatatan, meskipun mendasar, masih solid. Tapi terkadang ada masalah aneh ketika menyinkronkan catatan antara iOS dan Mac, terutama jika Anda tidak menggunakan OS terbaru di kedua platform.

Jika Anda mencari solusi pencatatan dengan sinkronisasi yang lebih andal, Anda harus memeriksa Bear (menyinkronkan, memerlukan langganan berbayar). Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih kaya fitur, Anda bisa menggunakan Evernote. Microsoft OneNote adalah opsi gratis lain yang bagus.

Anda juga dapat mencoba menggulirkan sistem pencatatan Anda sendiri berdasarkan pada teks atau file Markdown yang disinkronkan menggunakan Dropbox (sehingga Anda memiliki transparansi atas sinkronisasi dan kontrol). Gunakan aplikasi pencatat yang diaktifkan Dropbox di Mac dan iOS (seperti Ulysses, Byword, atau iA Writer).
Baca Juga
Reading List
Reading List adalah implementasi Apple dari fungsionalitas baca-nanti dasar. Itu dibangun ke Safari. Anda dapat menambahkan artikel ke Daftar Bacaan dan mereka akan disimpan secara offline di semua perangkat (Apple) yang terhubung. Anda dapat menggunakan Mode Pembaca untuk membaca artikel di lingkungan yang bebas gangguan.

Reading List sebenarnya terinspirasi oleh Pocket aplikasi pihak ketiga dan dalam banyak hal, itu adalah pilihan yang lebih baik. Untuk satu hal, Anda akan menemukan aplikasi dan ekstensi Pocket di semua platform: Chrome, Android, Windows, dll. Pocket juga lebih kaya fitur. Anda mendapatkan lebih banyak opsi tampilan, bersama dengan text-to-speech dan umpan yang direkomendasikan sesuai selera.

iCloud Keychain
iCloud Keychain adalah cara Apple yang rumit dan rumit untuk menyimpan dan menyinkronkan kata sandi menggunakan Safari dan iCloud. Pengalaman saya dengannya sama sekali tidak mulus. Kadang-kadang ada masalah basis data, kadang-kadang saya lupa kata sandi Keychain sehingga saya tidak bisa menyinkronkannya ke perangkat lain.

Saya belum menemukan cara yang transparan dan dapat diandalkan untuk mencadangkan dan mengembalikan Keychain iCloud ketika saya memformat atau menginstal ulang macOS.

Saya pikir ketika datang ke sesuatu yang serius seperti kata sandi dan informasi pribadi, transparansi dan kontrol harus di bagian atas daftar - itulah sebabnya Anda harus menggunakan 1Password atau LastPass. 1Password adalah solusi yang sepenuhnya lokal untuk manajemen kata sandi (meskipun untuk keamanan yang lebih, Anda dapat menyinkronkan file yang dienkripsi dengan Dropbox).

1Password memiliki aplikasi untuk Mac dan iOS, serta Android. Jika Anda mencari solusi berbasis cloud dan gratis, LastPass layak untuk dicoba.

iCloud Photo Library 
iCloud Photo Library adalah layanan cadangan dan sinkronisasi foto milik Apple. Secara otomatis mencadangkan foto dari semua perangkat Anda ke iCloud. Ini memiliki beberapa trik rapi di lengan bajunya juga. Ketika perangkat Anda terisi, ia dapat secara otomatis menghapus foto-foto lama dari perangkat Anda (asalkan dicadangkan ke iCloud) untuk membebaskan sebagian ruang.

Dalam mode Apple sejati, tidak ada transparansi untuk ini. Anda tidak dapat memulai proses ini secara manual. Bahkan, Anda bahkan tidak dapat menghentikan proses pencadangan foto.

Ada banyak opsi dalam hal layanan pencadangan foto tetapi opsi terbaik yang mungkin adalah Foto Google. Layanan ini akan memungkinkan Anda mengunggah foto tanpa batas (terkompresi) secara gratis, dan beberapa fitur luar biasa menunggu. Sama seperti Apple's Photos, Anda dapat mencari objek dan adegan di foto dan Anda dapat mengatur album bersama dengan mudah.

Mudah untuk mengelola koleksi Anda dari seluler dan web, plus Anda memiliki kontrol penuh atas proses sinkronisasi.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar