Kamis, 22 Agustus 2019

6 Cara Untuk Membuka Blokir Situs Web Dari Balik Firewall

Terkadang Anda akan mengunjungi situs di internet dan mendapati situs itu diblokir. Anda tidak akan dapat mengakses situs, meskipun koneksi internet Anda berfungsi.

Anda dapat memeriksa apakah situs berfungsi menggunakan alat pengecekan yang akan memberi tahu Anda jika server situs rusak. Jika tidak, situs tersebut dapat diblokir. Jika situs yang ingin Anda kunjungi diblokir, inilah cara membuka blokir situs web.

Mengapa Situs Diblokir
Ada sejumlah alasan Anda mungkin melihat kesalahan yang mengatakan "Halaman web ini telah diblokir!" Situs ini dapat dibatasi sehingga hanya tersedia di wilayah tertentu. Atau jaringan yang terhubung dengan Anda mungkin memiliki firewall yang membatasi situs mana yang dapat Anda kunjungi. Anda dapat memeriksa status situs menggunakan alat seperti Down For Everyone Or Just Me.

Anda mungkin perlu membuka blokir situs jika mengalami masalah dengan perangkat lunak pendeteksi spam otomatis. Banyak situs akan memblokir akses ke rentang alamat IP jika mereka yakin itu menjadi sumber permintaan spam. Tetapi kadang-kadang pengguna yang tidak bersalah dapat terjebak oleh filter ini bahkan jika mereka tidak melakukan kesalahan.

Cara Membuka Blokir Situs Web
Untuk membuka blokir situs web dari balik firewall, Anda memiliki beberapa opsi. Anda dapat mencoba beralih ke jaringan lain atau memulai ulang modem Anda. Atau Anda dapat mengunjungi alamat IP situs alih-alih URL-nya. Jika Anda hanya perlu melihat halaman, Anda dapat menggunakan cache Google. Dan jika Anda memiliki akses ke VPN atau server proxy, Anda dapat menggunakan ini untuk mengakses situs. Terakhir, Anda dapat mencoba membuka blokir situs dengan menggunakan browser Tor.

Dengan Beralih Dari Wi-Fi ke Data Seluler
Terkadang Anda akan menemukan halaman web diblokir karena batasan seperti firewall di jaringan Wi-Fi. Jika Anda terhubung ke Wi-Fi di sekolah atau di tempat kerja, misalnya, administrator jaringan dapat membatasi situs mana yang dapat diakses. Situs yang dianggap tidak pantas mungkin diblokir, seperti halnya situs yang membutuhkan banyak bandwidth, seperti YouTube.

Jika Anda menemukan firewall memblokir situs web, cara paling sederhana untuk membuka blokir situs adalah dengan memutuskan koneksi dari jaringan Wi-Fi dan menggunakan cara lain untuk mengakses internet. Jika Anda menggunakan ponsel, Anda dapat menggunakan data seluler untuk mencoba dan mengakses situs. Jika Anda dapat mengakses situs menggunakan 3G tetapi tidak dengan Wi-Fi, Anda tahu bahwa masalahnya adalah pembatasan pada jaringan Wi-Fi.

Dengan Mengunjungi Alamat IP Situs Secara Langsung
Jika Anda tidak memiliki opsi untuk menggunakan data seluler, Anda dapat membuka blokir situs dengan melewati URL. Cara kerja nama domain adalah ketika Anda mengetikkan satu di browser Anda, seperti google.com, browser Anda diarahkan ke server. Server itu mengirim lebih dari teks, gambar, atau apa pun yang dibutuhkan browser Anda untuk memuat situs. Jika situs diblokir saat Anda mengetikkan URL, Anda dapat mencoba mengaksesnya dengan langsung ke alamat IP server.

Ini berfungsi karena terkadang blok hanya berlaku untuk nama domain, seperti google.com. Jika Anda dapat langsung menuju ke server, Anda masih dapat menggunakan situs seperti biasa.

Untuk mencoba ini, pertama-tama Anda harus mengetahui alamat IP situs yang ingin Anda kunjungi. Buka halaman seperti alat IP Website Cari IPVoid dan masukkan domain yang ingin Anda ketahui alamat IP-nya, seperti google.com. Kemudian tekan tombol Find Website IP .

Ini akan memunculkan alamat IP di kotak teks bawah. Dalam kasus google.com, alamat IP adalah 172.217.22.142.

Sekarang salin alamat IP ini dan masukkan ke browser Anda. Anda harus dibawa ke situs yang Anda cari, dan Anda mungkin dapat mengaksesnya meskipun domain diblokir.
Baca Juga
Dengan Melihat Versi Situs yang di-cache
Jika sebuah situs sedang down tetapi Anda masih perlu mengaksesnya, Anda dapat mencoba menggunakan cache. Ini sangat ideal jika situs tidak terlalu sering diperbarui dan Anda hanya perlu beberapa informasi darinya.

Cache adalah versi situs web yang lebih lama yang disimpan oleh Google sebagai cadangan. Itu tidak dapat menampilkan halaman yang Anda harus masuki, seperti konten Facebook. Tetapi ini dapat menunjukkan kepada Anda versi lama dari situs berbasis teks sederhana yang tidak memerlukan login.

Untuk menggunakan Google Cache, lakukan pencarian untuk situs yang Anda inginkan. Anda dapat melakukan ini dengan memasukkan situs:zzzzzzzz.com, misalnya.

Di hasil pencarian Google, Anda akan melihat judul situs web, lalu di bawahnya cuplikan konten di situs, lalu di bawahnya URL situs tersebut. Di sebelah URL adalah tautan yang mengatakan Cached. Klik untuk melihat versi Google Cache situs.

Atau, Anda juga dapat mencoba mengakses versi situs yang berbeda, seperti versi seluler atau versi dalam bahasa yang berbeda atau untuk wilayah yang berbeda. Anda mungkin menemukan bahwa hanya satu versi situs yang telah diblokir.

Dengan Memulai Ulang Modem Anda
Terkadang modem Anda akan memberi Anda apa yang disebut alamat IP dinamis. Itu berarti bahwa setiap kali Anda terhubung ke internet, Anda akan diberi alamat IP sementara untuk digunakan untuk sesi itu.

Jika situs web telah memblokir alamat IP Anda, Anda dapat menyiasatinya dengan mendapatkan alamat IP baru. Cara termudah untuk melakukan ini adalah memulai kembali modem Anda dan Anda akan memiliki alamat IP baru setelah modem Anda reboot.

Namun, jika ISP Anda memberikan Anda alamat IP statis, yang lebih umum, maka alamat IP Anda akan tetap sama tidak peduli berapa kali Anda me-restart modem Anda.

Cara Membuka Situs Web yang Diblokir dengan Proxy atau VPN
Jika Anda memiliki alamat IP statis, ada cara lain untuk mengubahnya. Anda dapat menggunakan VPN atau server proxy untuk mengakses situs yang diblokir dengan menutupi alamat IP asli Anda di balik yang palsu.

Kedua alat ini bekerja sedikit berbeda, tetapi untuk tujuan membuka blokir situs web, keduanya sama. Anda memulai proxy atau VPN Anda, dan layanan tersebut memberi Anda alamat IP baru. Kemudian, ketika Anda mengirim permintaan di internet, misalnya untuk memuat halaman tertentu, permintaan itu tampaknya berasal dari alamat IP yang baru.

Ini berarti Anda dapat menggunakan server proxy untuk membuka situs yang diblokir. Jika situs diblokir di wilayah geografis Anda, Anda dapat terhubung ke proxy atau server VPN yang berlokasi di negara lain.

Cara Membuka Blokir Situs Web Menggunakan Tor Browser
Jika semua metode ini gagal, Anda dapat mencoba menggunakan browser Tor atau yang lain. Tor dirancang untuk menyembunyikan lokasi penggunanya, sehingga mereka dapat menjelajahi internet tanpa sensor.

Mirip dengan VPN atau proksi, saat Anda menggunakan Tor, alamat IP asli Anda tersembunyi di balik alamat IP baru yang ditetapkan untuk Anda. Itu berarti Anda dapat menggunakan Tor untuk mengakses situs web meskipun situs tersebut diblokir di browser lain.

Kerugian menggunakan Tor adalah lambat dan tidak kompatibel dengan semua perangkat seperti perangkat iOS. Tetapi jika Anda menggunakan desktop atau Android dan Anda mencari solusi yang memungkinkan Anda mengakses situs teks dari mana saja, ada baiknya dicoba.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar