Kamis, 29 Agustus 2019

5 Perbaikan Yang Harus Dicoba Saat Tombol Ponsel Android Anda Tidak Bekerja

Saat ini, tombol fisik pada ponsel semakin langka. Tapi kami masih mengandalkan beberapa tombol untuk melakukan tindakan dasar seperti membangunkan layar dan mengubah volume. Karena kami berinteraksi dengannya berkali-kali per hari, kunci mekanis dapat aus seiring waktu.

Jika tombol ponsel Android Anda telah berhenti berfungsi, jangan buru-buru ke pusat layanan. Berikut adalah beberapa trik yang dapat Anda coba untuk memperbaiki tombol ponsel cerdas yang tidak berfungsi.

Periksa Apakah Tombolnya Benar-benar Mati
Ada kemungkinan kesalahan perangkat lunak mungkin menyebabkan tombol Anda tidak berfungsi. Untuk memastikan kunci benar-benar mati, kami sarankan Anda melalui langkah-langkah pemecahan masalah dasar berikut.

Mulai Ulang Ponsel Anda
Urutan pertama bisnis Anda adalah melakukan reboot sederhana. Ini akan memulai kembali semua layanan latar belakang dan menyegarkan komponen inti ponsel Anda, seandainya ada sesuatu yang macet atau tidak berfungsi.

Jika tombol daya Anda tidak merespons, Anda dapat mengunduh aplikasi Google Android Accessibility Suite. Setelah diinstal, aktifkan Menu Aksesibilitas dari Settings > Accessibility. Akan ada pintasan baru di bilah navigasi yang terlihat seperti orang dengan lengan terentang. Ketuk itu, pilih Power, dan tekan Restart dari menu yang muncul.


Boot ke Mode Aman
Cara lain untuk menguji apakah bug perangkat lunak menyebabkan masalah tombol Anda boot ke mode aman. Pada intinya, safe mode adalah lingkungan terisolasi yang membatasi ponsel Anda ke perangkat lunak yang awalnya dikirim.

Oleh karena itu, tidak ada layanan pihak ketiga dan aplikasi yang Anda instal akan berjalan dalam mode aman. Jika tombol tersebut berfungsi normal dalam mode aman, Anda tahu pasti bahwa pelakunya adalah layanan pihak ketiga.

Untuk masuk ke mode aman di sebagian besar perangkat Android baru, tekan dan tahan tombol daya. Di menu yang dihasilkan, sentuh dan tahan tombol Power Off. Setelah menerima konfirmasi, ponsel Anda akan segera restart dalam mode aman. Untuk keluar dari safe mode, ulangi prosedur, pilih opsi Restart sebagai gantinya.

Jika Anda tidak dapat membuka menu daya karena tombol daya Anda tidak berfungsi, lihat langkah-langkah di atas untuk membuka menu daya melalui pintasan aksesibilitas.

Diagnosis Tombol Perangkat Keras Ponsel Anda
Metode terakhir untuk mengonfirmasi bahwa masalah Anda disebabkan oleh kegagalan perangkat keras adalah dengan mendiagnosis tombol ponsel Anda melalui aplikasi pihak ketiga.

Untuk melakukan itu, instal aplikasi yang disebut TestM dari Play Store. Luncurkan dan ketuk Hardware di halaman beranda. Selanjutnya, pilih Tombol Hardware  dan ikuti petunjuk di layar. Jika TestM dapat mendeteksi input tombol Anda, Anda telah mengonfirmasi bahwa masalah Anda disebabkan oleh perangkat lunak.

Berdasarkan tes ini, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apakah tombol ponsel Anda benar-benar mati. Jika ini adalah bug perangkat lunak, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi terbaru, serta aplikasi apa pun yang tidak Anda percayai atau belum digunakan untuk sementara waktu. Jika gagal, Anda mungkin ingin melanjutkan dengan pengaturan ulang pabrik lengkap pada Settings > System > Advanced > Reset options.

Unduh: TestM (Gratis, tersedia versi premium)

Bersihkan Kesenjangan Di Sekitar Tombol
Kunci perangkat keras ponsel Anda secara teratur terpapar ke dunia luar dan semua kotorannya. Dengan demikian, ada kemungkinan celah di sekitar mereka menumpuk puing-puing beberapa menit, yang dapat menghambat koneksi internal.

Meskipun tidak banyak yang dapat Anda lakukan di sini tanpa bantuan profesional, Anda memiliki opsi untuk meniupkan udara kaleng ke dalam area yang berpotensi terkena dampak dan membersihkannya menggunakan tusuk gigi.
Baca Juga
Tindakan Tombol Replikat Hampir Dengan Aplikasi
Sebelum mencari bantuan profesional, Anda dapat mencoba aplikasi pengganti virtual. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mereplikasi aksi tombol sehingga Anda dapat bertahan tanpa menggunakan tombol fisik.

Kunci dan Buka Kunci Ponsel Anda Tanpa Tombol Daya
Jika tombol daya Anda yang tidak berfungsi, membangunkan ponsel Anda dari tidur adalah masalah pertama Anda.

Cara terbaik ke depan adalah mengonfigurasi aplikasi yang memungkinkan Anda membuka kunci ponsel tanpa tombol daya. Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini jika Anda memiliki ponsel dengan sensor sidik jari, karena Anda dapat membukanya menggunakan itu. Selebihnya, Anda memiliki beberapa opsi.

Anda dapat menginstal aplikasi seperti Gravity Screen, yang mendeteksi gerakan ponsel Anda dan dapat membangunnya segera setelah Anda mengambilnya. Aplikasi ini bahkan mampu mengunci ponsel ketika Anda meletakkannya di saku atau di atas meja.

Atau, Anda dapat mengatur ketukan dua kali untuk membangunkan gerakan layar. Setelah diaktifkan, Anda cukup ketuk layar untuk mengaktifkan layar. Banyak pembuat ponsel seperti OnePlus dan Samsung menyertakan opsi bawaan untuk ini. Jika Anda tidak dapat menemukannya, coba cari dari bilah di bagian atas aplikasi pengaturan.

Unduh: Gravity Screen (Gratis, tersedia versi premium)

Android Aksesibilitas Suite 
Suite Aksesibilitas Android Google sendiri, yang kami sebutkan sebelumnya, adalah pilihan yang baik untuk mereplikasi aksi tombol. Aplikasi ini menambahkan panel cara pintas untuk berbagai fungsi penting seperti daya, volume naik dan turun, penyesuaian kecerahan, multitasking, dan banyak lagi.

Pada ponsel yang menjalankan Android 9 Pie atau lebih tinggi, Android Accessibility Suite sudah diinstal sebelumnya di bawah Settings > Accessibility. Kalau tidak, ini unduhan gratis dari Play Store.


Tombol Volume Asisten
Aplikasi ini adalah untuk orang-orang yang menginginkan alternatif langsung ke tombol volume telepon mereka yang tidak berfungsi. Tombol Volume Bantu menempelkan dua tombol mengambang ke tepi layar untuk menaikkan dan menurunkan volume.

Ketika Anda mengetuk salah satunya, Anda mendapatkan tiga bilah untuk secara terpisah menyesuaikan volume media, panggilan, dan notifikasi. Selain itu, Anda memiliki opsi untuk menyesuaikan tampilan, ukuran, dan lainnya dari tombol virtual.

Unduh: Assistive Volume Button (Gratis, tersedia versi premium)

Kemungkinan Kerusakan Air? Biarkan Kering
Jika tombol ponsel Anda berhenti bekerja setelah kecelakaan air, Anda belum boleh melakukan apa pun. Pertama, Anda harus memastikan internal ponsel Anda benar-benar kering.

Ada berbagai metode untuk menghemat ponsel yang jatuh ke air. Matikan perangkat Anda segera, biarkan benar-benar kering, dan kemudian Anda dapat memulai pemecahan masalah.

Dapatkan Bantuan Profesional
Dalam sebagian besar skenario, Anda harus dapat menemukan solusi di setidaknya salah satu langkah yang dibahas. Secara khusus, dengan kasus kunci volume mati, penggantian virtual harus melakukan trik.

Resep terakhir Anda, tentu saja, adalah mengunjungi pusat layanan dan mendapatkan bantuan profesional. Selama tidak ada kerusakan air dan ponsel Anda masih dalam garansi, mudah-mudahan tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar