Jumat, 09 Agustus 2019

5 Perbaikan Kesalahan "Access Denied" Folder Ditolak Windows 10

Anda mungkin merasa aneh ketika Windows memberi tahu Anda bahwa Anda tidak memiliki izin untuk mengakses sesuatu di komputer Anda sendiri. Biasanya, ini adalah hasil dari izin dalam sistem file NTFS yang digunakan Windows secara default.

Jika Anda melihat akses ditolak pesan pada Windows 10 saat mencoba mengakses file atau folder, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menyelesaikan ini.

Apakah Anda Administrator
Dalam sebagian besar kasus, Anda harus menjadi administrator di PC Anda untuk membuat perubahan pada kepemilikan file / folder. Anda mungkin dapat mengubah izin di direktori milik Anda, tetapi tidak akan memiliki banyak kendali di tempat lain.

Ini untuk menjaga file semua orang di komputer tetap pribadi. Hanya administrator yang dapat memperoleh akses ke file milik pengguna lain. Selain itu, Anda harus memberikan izin admin untuk membuat perubahan pada file sistem, seperti yang ada di Program Files dan folder Windows.

Lihat panduan kami untuk membuat dan menghapus hak admin di Windows jika Anda belum melakukannya. Kami akan menganggap Anda seorang administrator yang bergerak maju.

Perbaiki Kesalahan Akses Ditolak dengan Mengambil Kepemilikan
Perbaikan paling mendasar untuk dicoba ketika Anda melihat "akses folder ditolak" adalah dengan mengambil kepemilikan folder melalui File Explorer. Inilah cara melakukan ini.

Pertama, klik kanan folder atau file yang dimaksud dan pilih Properties. Pada jendela yang dihasilkan, beralih ke tab Security pada tombol Advanced ; klik ini.

Di bagian atas jendela berikutnya, Anda akan melihat bidang berlabel Pemilik. Ini kemungkinan akan mengatakan Tidak dapat menampilkan pemilik saat ini jika Anda mengalami masalah. Klik tautan Ubah biru di sebelah ini untuk memperbaikinya perhatikan bahwa Anda harus menjadi administrator untuk melakukannya.

Anda sekarang akan melihat kotak dialog berjudul Pilih Pengguna atau Grup. Di dalam ini, masukkan nama akun pemilik folder baru. Ini bisa berupa nama pengguna akun, atau sekelompok pengguna di PC Anda. Grup menyertakan unit standar seperti Administrator (jika Anda ingin semua admin komputer memilikinya), atau Pengguna (untuk semua orang memilikinya). Dalam penggunaan di rumah, biasanya paling masuk akal untuk menetapkan kepemilikan kepada satu orang.

Kami berasumsi bahwa Anda ingin mengambil kepemilikan folder dengan akun Anda sendiri, jadi ketikkan nama pengguna Anda di sini. Jika Anda menggunakan akun Microsoft untuk masuk ke Windows 10, nama pengguna Anda adalah lima huruf pertama dari alamat email Anda. Tekan Periksa Nama setelah Anda selesai untuk memastikan itu benar. Jika ya, maka secara otomatis akan berubah menjadi PCNAME \ USERNAME. Klik OK.

Kembali ke jendela Advanced utama, Anda akan melihat sebuah kotak di bagian bawah yang dimulai dengan Mengganti semua entri izin objek anak. Jika Anda ingin perubahan diterapkan ke semua folder di dalam folder saat ini (yang mungkin Anda lakukan dalam kebanyakan kasus), centang kotak ini. Lalu tekan OK dua kali, dan Anda semua selesai.

Berhati-hatilah Saat Mengubah Pengaturan Kepemilikan File
Saat berurusan dengan kesalahan "akses ditolak", Anda harus menerapkan langkah-langkah di atas dengan hati-hati. Hindari kepemilikan folder di direktori sistem seperti Windows, Program Files, Data Program, atau yang serupa.

Melakukannya akan melemahkan keamanan sistem Anda, karena akun normal tidak dimaksudkan untuk menjadi pemilik direktori ini. Mereka berisi folder Windows penting yang tidak boleh Anda sentuh.

Anda masih bisa mendapatkan akses ke folder-folder ini, menggunakan metode di atas, tanpa menjadi pemilik.

Tinjau Izin Folder
Jika kepemilikan suatu folder tidak berfungsi, atau Anda seorang administrator yang mencoba memberikan izin kepada orang lain, Anda harus meninjau kembali apa yang dimiliki pengguna yang memiliki izin pada folder tersebut.

Baca Juga


Tarik tab Keamanan yang sama di properti folder seperti sebelumnya. Di bagian atas, Anda akan melihat daftar pengguna dan grup di PC Anda. Pilih entri di sini, dan panel bawah akan menunjukkan izin apa yang mereka miliki untuk folder ini.

Seperti yang Anda harapkan, Kontrol penuh memberi Anda kekuatan penuh atas folder dan semua yang ada di dalamnya. Membaca adalah opsi yang paling membatasi, karena hanya memungkinkan Anda untuk melihat apa yang ada di folder. Lihat halaman Microsoft tentang izin file dan folder untuk rincian lebih rinci.

Periksa Pengaturan Antivirus Anda
Terkadang, antivirus Anda bisa menjadi terlalu bersemangat dan akhirnya mengacaukan kemampuan Anda untuk mengakses file. Jika Anda telah mengonfirmasi bahwa semuanya sesuai dengan izin file Anda di atas, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengujinya selanjutnya.

Lihatlah di sekeliling pengaturan program antivirus Anda dan lihat apakah ada perisai file atau pengaturan serupa. Coba nonaktifkan ini dan kemudian akses file lagi. Jika tidak berpengaruh, nonaktifkan antivirus Anda untuk sementara dan lihat apakah itu membantu.

Periksa Enkripsi File
Alasan lain Anda mungkin melihat pesan "akses ditolak" adalah karena isi folder dienkripsi. Seperti yang Anda ketahui, enkripsi melindungi file dengan hanya membolehkan seseorang dengan kunci untuk melihatnya.

Anda dapat mengenkripsi konten folder di Windows, meskipun fitur ini hanya tersedia dalam versi Profesional. Untuk melakukannya, klik kanan, dan pada jendela yang dihasilkan, klik tombol Advanced pada tab General. Di sini, periksa  Encrypt contents to secure data. Dengan ini, semua yang ada di dalam folder akan dikunci.

Jenis enkripsi ini transparan, artinya pemilik tidak pernah memperhatikan enkripsi. Selama mereka masuk ke sistem, mereka dapat mengakses file-file ini. Tetapi jika Anda tidak memiliki sertifikat yang digunakan untuk mengenkripsi folder, Windows akan menolak akses Anda. Siapa pun yang dienkripsi file harus membukanya.

Ini bukan satu-satunya cara untuk mengenkripsi file di Windows 10, tetapi ini bisa menyebabkan kesalahan yang Anda lihat.

Potensi Lain “Akses File Ditolak” Perbaikannya
Kami telah membahas solusi paling penting untuk masalah "akses folder ditolak". Anda akan melihat banyak saran beredar di web untuk masalah ini, tetapi tidak semuanya bagus. Beberapa di antaranya berkisar pada mendapatkan izin admin, yang telah kita bahas.

Nasihat lain mungkin tidak berfungsi dalam setiap kasus, tetapi ada baiknya jika tidak ada hal lain yang berhasil untuk Anda.

Salah satu taktik yang umum adalah menonaktifkan Kontrol Akun Pengguna (UAC). Untuk melakukan ini, ketik UAC ke dalam Start Menu dan pilih Ubah pengaturan Kontrol Akun Pengguna. Seret slider ke bawah dan tekan OK.

Setelah selesai, coba langkah-langkah di atas lagi untuk mengambil kepemilikan. Setelah selesai, pastikan untuk mengatur ulang pengaturan UAC ke tempat sebelumnya.

Sebagai langkah pemecahan masalah lainnya, coba boot komputer Anda dalam Safe Mode dan jalankan melalui langkah-langkah untuk mengambil kepemilikan. Ini mengesampingkan gangguan dari program pihak ketiga.

Terakhir, pastikan tidak ada yang menggunakan folder atau file yang ingin Anda akses. Proses lain dapat membuat file terkunci, itulah sebabnya Anda tidak dapat melakukan perubahan apa pun terhadapnya.

Memperbaiki "Akses Folder Tujuan Ditolak"
Anda mungkin melihat masalah “akses folder tujuan ditolak” yang lebih spesifik muncul. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat memperbaikinya menggunakan metode pemecahan masalah yang sama seperti di atas.

Terlepas dari pesannya, jangan mencari untuk memperbaiki folder tujuan saja. Periksa izin pada folder sumber juga.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar