Rabu, 28 Agustus 2019

5 Aplikasi Image Viewer (Penampil Gambar) Untuk Mac Dengan Fitur Unik

Tampilan Galeri Finder memungkinkan Anda dengan cepat menelusuri folder foto di Mac Anda dengan panel pratinjau yang ditingkatkan dan metadata yang kaya. Namun, pratinjau ini masih belum cukup besar untuk memeriksa bidikan mana yang terbaik. Pratinjau berfungsi dengan baik untuk penggunaan dasar, tetapi tidak memiliki kontrol navigasi yang kuat dan fitur yang Anda butuhkan untuk pengalaman yang unggul.

Anda tidak perlu aplikasi berat seperti Apple Photos atau Adobe Lightroom, atau yang mendukung database yang rumit, untuk memperbarui dan mengatur koleksi Anda saat menampilkan gambar. Kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa aplikasi penampil foto terbaik untuk macOS dengan fitur unik, dan bagaimana Anda dapat menggunakannya.

XnView MP
XnView MP adalah aplikasi melihat dan katalogisasi media yang penuh fitur. Ini memberikan banyak fitur yang sering hanya ditemukan di aplikasi berbayar, termasuk alat untuk mengklasifikasikan dan mengurutkan foto, operasi batch untuk memproses beberapa gambar, kemampuan untuk mengedit metadata, dan dukungan untuk 500 format gambar. Lihat daftar format yang didukung XnView MP untuk memeriksanya.

Saat Anda meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya, Anda akan melihat tiga panel. Di sebelah kiri adalah sistem file Finder dengan tiga tab bagian. Folder memungkinkan Anda menjelajahi daftar folder di komputer Anda. Foto yang Anda sukai menjadi terlihat di Favorit. Sementara itu, tab Filter Kategori terdiri dari kategori yang sudah dikonfigurasi yang memungkinkan Anda menggabungkan dan memberi label secara bersamaan.

Panel tengah menunjukkan pratinjau gambar kecil dari gambar yang dipilih dari kiri. Seret penggeser untuk menyesuaikan ukurannya. Anda juga dapat menyesuaikan jenis tampilan untuk menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit detail. Kepala ke View> View as dan pilih jenisnya. Selanjutnya, aplikasi ini memungkinkan Anda mengurutkan gambar berdasarkan judul, tanggal, dan ukuran file, atau bahkan memfilternya berdasarkan peringkat, label, komentar, atau tag.

Di sisi kanan, Anda akan melihat panel pratinjau dengan dua tab bagian: Info dan Pratinjau. Info memungkinkan Anda melihat properti file, histogram, dan data EXIF. Beralih ke panel Pratinjau untuk memeriksa gambar.

Fitur unik:
  • Mendukung jenis file non-standar, lama, Photoshop, Corel, Autodesk, dan HEIF (Format File Gambar Efisiensi Tinggi). Ini juga menangani karakter tertulis untuk nama file dan folder dalam berbagai bahasa.
  • Aplikasi ini menangani format file RAW dan menggunakan GPU Anda untuk meningkatkan kinerja, caching, dan pemrosesan. Ini juga mendukung gambar kedalaman bit penuh internal 8/16/32 bit per komponen.
  • XnView memberi Anda banyak opsi penyesuaian. Anda dapat dengan bebas mengatur tata letak sesuai kebutuhan Anda. Arahkan ke View> Layout dan pilih satu opsi. Atau pilih Gratis untuk membuat tata letak khusus Anda.
  • Aplikasi ini terintegrasi dengan XnConvert untuk membantu Anda mengonversi, mengatur ukuran gambar, dan menerapkan berbagai jenis penyesuaian. Ini termasuk rotasi, tanda air, filter, efek mewah, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat membatalkan operasi file ini.
  • XnView memungkinkan Anda membuat tayangan slide khusus dan memproyeksikannya ke monitor lain. Anda dapat mengatur penghitung waktu (atau papan ketik), ukuran layar, efek transisi, dan musik latar.
Unduh: XnView MP (Gratis)

ApolloOne
ApolloOne adalah aplikasi penampil gambar intuitif yang memungkinkan Anda mengatur dan melihat foto secara efisien. Aplikasi ini memiliki mesin pengolah RAW kamera bawaan sehingga Anda dapat dengan cepat melihat gambar sebelum mengimpornya. Aplikasi ini memberi Anda akses ke berbagai folder lokal dan jaringan melalui Places. Untuk mengonfigurasi tempat, tekan Cmd + N atau klik tombol Browser pada bilah alat.

Klik simbol Plus (+) untuk menambahkan folder. Dengan beberapa penekanan tombol, Anda dapat menelusuri konten dengan bebas. Untuk memeriksa gambar apa pun, tekan Cmd + I atau klik tombol Inspektur pada bilah alat. Di sini, Anda dapat melihat detail gambar dan informasi terkait kamera seperti nomor seri, jumlah rana, dan lainnya. ApolloOne memiliki dukungan bawaan untuk ribuan kamera digital.

Anda dapat mengurutkan gambar berdasarkan kreasi, tanggal modifikasi, ukuran file, dan jenis, atau menentukan opsi pengurutan khusus Anda dengan cara naik atau turun. Anda juga dapat memfilter gambar dengan tag, peringkat, dan label.

Mode rangkai salindia (Preferensi> Rangkai salindia) menampilkan foto dengan 12 efek dan loop transisi yang berbeda. Anda bahkan dapat mengatur daftar putar untuk diputar di latar belakang. Untuk memulai pertunjukan slide, tekan F5; gunakan F6 untuk menghentikannya.

Fitur unik:
  • Aplikasi ini memiliki mesin pemrosesan RAW yang kuat yang dapat membuat gambar RAW tanpa penundaan. Ini juga memiliki dekoder RAW kamera bawaan, yang berguna untuk penilaian cepat file RAW.
  • ApolloOne menggunakan GPU untuk mempercepat tampilan gambar. Ini mengorbankan kualitas untuk kecepatan sampai batas tertentu. Untuk meningkatkan kualitas, aktifkan Preferensi> Tampilan> Penskalaan gambar berkualitas tinggi. Anda tidak perlu mengutak-atik opsi ini di Mac yang lebih baru.
  • Saat meramban foto, aplikasi memberi Anda tampilan lain dari semua gambar seperti strip film (Alat> Tampilkan Filmstrip) di bagian atas jendela. Strip ini dihasilkan dari thumbnail gambar beresolusi tinggi dan meningkatkan pengalaman navigasi.
  • Anda juga dapat mengedit metadata yang digunakan Spotlight untuk pengindeksan. Untuk melakukan ini, edit bidang Kata Kunci, dan dalam beberapa detik, Anda dapat mencari gambar dengan kata kunci. ApolloOne sepenuhnya mendukung atribut diperluas macOS, yang membuat penandaan jauh lebih kuat.
  • Dengan mode lembar kontak (Lihat> Lembar Kontak), thumbnail ditampilkan dalam mode kisi. Dengan ini, Anda dapat melakukan operasi file secara massal.
Unduh: ApolloOne (Gratis, tersedia versi premium)

qView
qView adalah aplikasi penampil gambar yang sederhana, lintas platform, minimal tanpa bilah alat atau item menu yang tidak perlu. Itu hanya berfokus pada gambar Anda dengan bilah judul deskriptif yang menunjukkan nama file, angka, resolusi, dan ukuran. Saat Anda meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya, Anda akan melihat jendela kosong. Arahkan ke File> Open dan pilih folder untuk menampilkan isinya.
Baca Juga
Tekan tombol panah kiri atau kanan untuk menavigasi foto. Gulir roda mouse untuk memperbesar atau memperkecil dan klik kanan gambar untuk mengakses kotak dialog informasi. Anda dapat memutar, membalik gambar, atau beralih ke ukuran asli untuk melihatnya secara detail.

Fitur unik:
  • Aplikasi ini ringan pada sumber daya. Bahkan ketika melihat gambar resolusi tinggi, konsumsi RAM dan CPU tetap masuk akal. Dengan preloading multithreaded, Anda tidak akan melihat penundaan saat bernavigasi di seluruh foto.
  • qView mendukung GIF, memungkinkan Anda untuk menambah atau mengurangi kecepatan atau menyimpan bingkai tertentu. Navigasikan ke Alat> Kontrol GIF untuk menjelajahi opsi.
  • Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat foto dalam mode tampilan slide. Pergi ke Preferensi> Lain-lain untuk mengakses opsi rangkai salindia. Di sini, Anda dapat menyesuaikan timer, pengaturan preload, loop, dan arah tampilan slide.
  • qView menawarkan beberapa pintasan untuk dinavigasi, mengakses berbagai opsi, dan kegunaan. Buka halaman qView GitHub untuk melihat daftar pintasan.
Unduh: qView (Gratis)

Fragmen
Fragment adalah aplikasi penampil gambar lintas platform. Berbasis di sekitar antarmuka tampilan kepala-HUD, mirip dengan video game, untuk secara visual mewakili data. Anda tidak akan melihat bilah alat, menu, atau tombol apa pun. Kontrol ditampilkan pada layar hanya ketika Anda menunjuk elemen antarmuka dengan mouse. Kontrol apa yang Anda lihat tergantung pada posisi mouse Anda di layar.

Untuk memulai, klik tautan tanpa gambar dan ramban ke lokasi folder. Saat Anda mengarahkan mouse di bagian atas jendela, Anda akan melihat strip thumbnail tipe garis waktu. Lalu, arahkan mouse Anda ke samping untuk membuka panel tepi.

Panel kiri menawarkan mode tampilan berbeda. Dan panel kanan memungkinkan Anda memotong atau memutar gambar. Di bagian bawah, Anda akan melihat detail gambar Anda.

Fitur unik:
  • Saat Anda mengarahkan mouse ke atas, seret indikator untuk melakukan pencarian cepat dengan kecepatan tinggi. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat mengintip foto, dan ketika Anda mengklik gambar thumbnail, itu akan langsung membuka gambar itu.
  • Di Preferensi, Anda dapat mengatur roda mouse untuk memperbesar / memperkecil, atau menelusuri gambar berikutnya / sebelumnya. Selain itu, Anda juga dapat mengubah latar belakang, geometri jendela, dan opsi lainnya.
  • Mendukung melihat 30 format gambar, plus PSD, HDR, PFM, TIFF, dan banyak lagi. Penampil GIF animasi bawaan memiliki kontrol kecepatan dan juga memungkinkan Anda menyimpan bingkai tertentu.
  • Klik tombol dropdown gambar untuk membuka menu konteks. Dari sana, Anda dapat langsung membagikan foto Anda ke Facebook, memindahkan atau menyalin gambar ke lokasi lain, dan melihat properti file.
  • Fragment juga menawarkan fitur terkait tayangan slide yang unik. Ada lebih dari 50 transisi dengan pengaturan berbeda. Saat pertunjukan slide diputar, Anda masih dapat menavigasi, menelusuri, mengedit, dan menghapus gambar.
Unduh: Fragmen (Gratis)

Lyn
Lyn adalah pengatur dan penampil media ringan untuk macOS. Ini dirancang untuk fotografer, seniman grafis, dan desainer web. Ini mendukung format gambar non-standar, lama, dan RAW dari berbagai kamera digital. Dengan model kamera yang didukung Lyn, dapat memuat dan secara progresif skala gambar resolusi tinggi lebih cepat.

Aplikasi ini menggunakan struktur folder khas Finder. Berbeda dengan Photos atau Adobe Lightroom, itu tidak menggunakan pustaka gambar apa pun. Database overhead dari prosedur ini memperlambat proses tampilan dan juga menghabiskan sumber daya Mac Anda.

Saat meluncurkan aplikasi, Anda akan melihat tiga panel. Di sebelah kiri, Anda akan melihat seluruh struktur folder, semua folder pintar yang Anda buat, dan perangkat yang telah Anda sambungkan. Penampil menunjukkan konten folder yang dipilih, dengan opsi tampilan yang berbeda. Tampilan ikon menunjukkan tampilan thumbnail gambar, dan Tampilan daftar menunjukkan thumbnail kecil dengan metadata gambar. Di sebelah kanan, Anda akan melihat panel Inspektur.

Fitur unik:
  • Lyn mendukung operasi multi-threading untuk menampilkan gambar beresolusi tinggi tanpa penundaan. Dalam pengujian saya, tidak memakan terlalu banyak sumber daya.
  • Aplikasi ini memiliki fitur manajemen profil warna bawaan. Itu dapat mendeteksi dan menerapkan profil warna apa pun yang ditentukan di bagian EXIF ​​atau Markernote.
  • Lyn mendukung perpustakaan foto yang disimpan di hard drive eksternal. Itu dapat melampirkan dan menelusuri perpustakaan tanpa masalah.
  • Aplikasi ini mendukung pengeditan yang tidak merusak, artinya Anda dapat dengan bebas memotong, memutar, dan mengedit metadata tanpa merusak gambar aslinya. Detailnya tersimpan dalam atribut file khusus.
  • Anda dapat mempublikasikan foto Anda langsung ke Flickr, Dropbox, dan SmugMug.
Unduh: Lyn ($ 20, percobaan gratis tersedia)

Jika Anda ingin mengedit gambar setelah melihatnya, maka tentu saja Anda memerlukan editor gambar. Semua aplikasi ini memiliki menu berbagi atau Buka dengan untuk langsung membuka gambar di editor pilihan Anda. Jika ini menarik minat Anda, lihat editor gambar gratis dan berbayar terbaik untuk Mac.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar