Jumat, 23 Agustus 2019

4 Metode Untuk Menyembunyikan dan Membatasi Aplikasi di Android

Sangat mudah untuk terganggu dengan begitu banyak aplikasi di ponsel Anda. Cara terbaik untuk mengurangi waktu layar Anda adalah menyingkirkan aplikasi ini dari pandangan Anda. Selain itu, jika Anda orang tua, Anda tidak ingin anak-anak Anda memiliki akses ke semua aplikasi itu terutama yang sensitif seperti perbankan.

Untungnya, Anda dapat menyembunyikan dan membatasi aplikasi di Android. Inilah cara melakukannya, apakah Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari diri sendiri, orang lain, atau anak-anak.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android
Ada beberapa skenario di mana Anda ingin menyembunyikan aplikasi tertentu di ponsel Anda.

Orang tua mungkin ingin memastikan anak-anak mereka tidak sengaja menempatkan pesanan melalui rincian kartu kredit yang disimpan, misalnya. Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi dari teman-teman nakal Anda yang dengan senang hati menelusuri obrolan pribadi Anda dan mengirim tanggapan konyol.

Selain itu, menyembunyikan aplikasi adiktif seperti Instagram dapat membantu Anda mengekang kecanduan ponsel cerdas Anda. Karena Anda tidak menghapus instalannya dari telepon sepenuhnya, Anda selalu dapat memiliki hari cheat dan menggunakannya kapan pun Anda mau.

Calculator Vault
Alat praktis ini dapat menyamarkan aplikasi apa pun di ponsel Anda sebagai utilitas kalkulator standar.

Calculator Vault menduplikasi aplikasi yang ingin Anda sembunyikan di ruang terpisah. Setelah Anda menambahkan aplikasi di sini, Anda dapat menghapus instalannya dari telepon Anda. Meskipun aplikasi yang dipermasalahkan tidak lagi tersedia secara normal di tempat lain di ponsel Anda, Anda masih dapat terus mengaksesnya dari Calculator Vault.

Aplikasi ini memungkinkan Anda melindunginya dengan kata sandi; layar kuncinya menyerupai kalkulator untuk mengelabui pengguna yang tidak berwenang. Tetapi ketika Anda memasukkan PIN pada bantalan nomor atau memindai jari Anda, aplikasi akan membuka kunci dan mengungkapkan fungsinya yang sebenarnya. Selain itu, Calculator Vault memiliki karakteristik visual lain untuk membantunya berbaur, seperti ikon dan nama aplikasi kalkulator biasa.

Ada juga pengaturan agar tidak muncul di menu multitasking. Untuk pemberitahuan, Anda dapat meminta Vault Kalkulator untuk hanya menampilkan jumlah pemberitahuan yang tertunda alih-alih kontennya, atau Anda dapat mematikannya seluruhnya.

Unduh: Kalkulator Vault (Gratis)

Google Family Link
Layanan Family Link Google adalah alat pengawasan seluler yang bagus untuk orang tua. Ini memungkinkan Anda untuk memonitor dan mengendalikan ponsel Android anak Anda.

Dengan Family Link, Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari ponsel anak Anda dari jarak jauh. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, dan Family Link akan secara otomatis menyingkirkannya tanpa benar-benar menghapus instalan aplikasi.

Plus, Family Link menawarkan Anda kemampuan untuk mengawasi aktivitas telepon anak-anak Anda dan aplikasi mana yang mereka habiskan bersama. Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda menetapkan batasan, menyetujui unduhan dan pembelian dalam aplikasi, dan mengunci ponsel dari jarak jauh. Fitur lokasi juga tersedia, yang memungkinkan Anda melacak keberadaan ponsel yang terhubung.

Jika Anda tidak puas dengan set fitur Google Family Link, lihat aplikasi kontrol orang tua lainnya untuk Android.

Unduh: Google Family Link (Gratis)
Baca Juga
Cara Membatasi Aplikasi di Android
Proses menyembunyikan aplikasi bisa terasa sedikit ekstrem, tergantung pada penggunaan Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat membatasi aplikasi. Itu memungkinkan Anda untuk mengatasi keinginan mental Anda (atau anak Anda) secara terus-menerus.

Anda dapat membatasi aplikasi tertentu, atau memilih periode waktu di mana Anda tidak akan dapat menggunakan telepon Anda.

Kesehatan Digital 
Dimulai dengan Android 9 Pie, ponsel yang menjalankan Android stock memiliki utilitas bawaan yang mencatat penggunaan perangkat harian Anda dan memberi tahu Anda dengan tepat apa yang menghabiskan waktu Anda. Ini tersedia di Pengaturan> Kesehatan Digital & kontrol orangtua. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda harus mengunduh aplikasi dari Google Play.

Dengan Digital Wellbeing, Anda dapat mengatur batas aplikasi. Ketika batas waktu aplikasi berakhir untuk hari itu, ikonnya akan tampak berwarna abu-abu dan Anda tidak akan dapat membukanya lagi. Android juga akan memblokir notifikasi aplikasi sehingga Anda tidak tergoda untuk menonaktifkan batas setelah melihat pesan atau komentar yang belum dibaca.

Untuk mengonfigurasi batas aplikasi, luncurkan Digital Wellbeing. Ketuk Dasbor, lalu pilih aplikasi yang ingin Anda batasi. Sentuh opsi Pengatur Waktu Aplikasi dan tentukan uang saku harian Anda. Akhirnya, tekan tombol OK.

Jika ponsel Anda belum secara resmi mendukung Digital Wellbeing, Anda dapat menggunakan alternatif pihak ketiga. Kami merekomendasikan untuk melihat ActionDash.

ActionDash memiliki semua fitur Digital Wellbeing dan banyak lagi. Ini menawarkan wawasan lengkap tentang waktu layar Anda, tema gelap, batas aplikasi, dan sejumlah opsi penyesuaian lainnya. Tidak seperti Digital Wellbeing, ActionDash berfungsi pada ponsel apa pun yang menjalankan Android 5 Lollipop atau lebih baru.

Sementara ActionDash adalah unduhan gratis, batas aplikasi dan mode downtime adalah fitur premium. Ini membutuhkan peningkatan $ 7.

Unduh: Digital Wellbeing (Gratis)
Unduh: ActionDash (Gratis, tersedia versi premium)

Google Family Link dan Pembatasan Google Play Store
Selain membiarkan Anda menyembunyikan aplikasi, Google Family Link memiliki opsi untuk menetapkan batas aplikasi. Fungsinya mirip dengan Digital Wellbeing. Karenanya, setelah pengguna menghabiskan batas harian mereka, mereka tidak akan dapat menggunakan aplikasi itu sampai hari berikutnya. Perbedaannya di sini adalah hanya orang tua yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan menyesuaikan pembatasan.

Orang tua juga dapat memanfaatkan kontrol orangtua Google Play Store untuk menetapkan batasan unduhan. Anda memiliki pilihan untuk mengatur peringkat konten untuk aplikasi, game, film, dan musik. Bersamaan dengan ini, Play Store meminta Anda untuk mengkonfigurasi kunci PIN sehingga seorang anak tidak dapat dengan mudah mengubah batasan dari pengaturan.

Anda dapat menemukan kontrol orang tua di Google Play Store> Menu Kiri> Pengaturan> Kontrol Orang Tua. Google Play memberi peringkat pada game dan aplikasi menggunakan sistem peringkat untuk wilayah Anda, jadi lihat panduan kami untuk peringkat ESRB dan PEGI untuk mempelajari lebih lanjut.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar