Selasa, 20 Agustus 2019

4 Cara untuk Menyinkronkan dan Mengunggah Foto ke Penyimpanan Cloud di Android

Jika seseorang mencuri ponsel Anda besok, atau Anda menjatuhkannya ke dalam air dan menghancurkannya, berapa banyak foto berharga yang akan lenyap?

Dari semua data yang Anda bawa di ponsel, gambar seringkali paling berharga. Untungnya, tidak ada alasan untuk kehilangan foto lagi, berkat aplikasi pencadangan foto otomatis ini untuk Android.

Google Foto
Kemungkinannya adalah Google Foto sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda. Tidak mengherankan, aplikasi ini menyediakan salah satu cara terbaik untuk mencadangkan foto Anda di Android. Itu terikat dengan akun Google Anda dan memungkinkan Anda untuk menyinkronkan sebanyak mungkin gambar yang Anda inginkan.

Namun, ada tangkapan kecil. Cadangan hanya tidak terbatas jika Anda memilih opsi Kualitas Tinggi di Foto Google. Ini mengkompres gambar ke 16MP dan video ke 1080p. Jika Anda ingin mencadangkan foto dengan resolusi penuh, gambar-gambar itu akan dihitung berdasarkan ruang yang Anda bagikan yang dibagikan di Gmail, Foto, dan Google Drive. Akun gratis datang dengan penyimpanan 15GB untuk ini.

Konfigurasikan Google Foto
Untuk menyesuaikan pengaturan cadangan otomatis Anda di Foto Google, buka aplikasi dan geser keluar menu kiri. Pilih Pengaturan dari ini dan masuk ke bagian Cadangkan & sinkronkan.

Di sini, pastikan Anda mengaktifkan slider Cadangkan & sinkronisasi untuk menggunakan fitur ini. Di bawah ini, Anda dapat memilih tingkat kualitas yang ingin Anda gunakan.

Seperti yang Anda harapkan, Foto akan secara otomatis mencadangkan gambar dari kamera Anda; pilih Cadangkan folder perangkat jika Anda ingin menyertakan gambar lain di perangkat Anda. Anda mungkin ingin mengecualikan aplikasi seperti WhatsApp untuk menghindari penyumbatan akun Foto Google Anda dengan meme dari obrolan grup.

Setelah semua dicadangkan, Foto Google menawarkan fitur keren lainnya: pembersihan foto secara otomatis dari perangkat Anda. Pilih Kosongkan ruang dari menu kiri, dan Foto akan menghapus gambar dari penyimpanan lokal Anda yang telah dicadangkan. Anda dapat melihat foto-foto ini di Foto Google kapan saja, selama Anda online.

Foto Google memiliki banyak fitur hebat lainnya yang tidak terkait dengan cadangan cloud, yang harus Anda periksa.

Unduh: Google Foto (Gratis)

Microsoft OneDrive
Jika Anda tidak ingin menggunakan Foto Google, banyak penyedia penyimpanan cloud terkenal menawarkan fungsionalitas serupa.

Dropbox telah memiliki fitur Unggah Kamera untuk beberapa waktu, tetapi paket gratis membatasi Anda hingga hanya 2GB. Jadi, kami memilih OneDrive untuk daftar ini hanya karena ia menawarkan 5GB lebih besar pada paket gratis. Jika Anda berlangganan Office 365, akun Anda menyertakan penyimpanan OneDrive 1TB gratis, menjadikannya opsi yang jauh lebih menarik.

Masuk ke aplikasi OneDrive dengan akun Microsoft Anda, dan Anda siap untuk mengaktifkan fungsi unggah fotonya. Untuk melakukan ini, kunjungi tab Saya di sudut kanan bawah dan pilih Pengaturan. Dari daftar yang dihasilkan, pilih Unggah kamera. Di sini, pastikan Anda mengaktifkan slider unggah Kamera untuk mengaktifkan fitur.

Seperti Google Foto, Anda dapat memilih apakah akan mengunggah hanya menggunakan Wi-Fi atau Wi-Fi dan data. Ketuk Folder tambahan untuk mencadangkan lokasi selain kamera Anda. Terakhir, gunakan penggeser lain untuk membatasi cadangan hanya saat perangkat Anda sedang diisi, dan putuskan apakah akan memasukkan video.
Baca Juga
Di aplikasi OneDrive, Anda bisa melihat gambar Anda di tab Foto. Ketuk satu untuk lebih banyak opsi seperti berbagi atau melihat detail.

Unduh: OneDrive (Gratis, berlangganan tersedia)

G Cloud
Tidak ingin menggunakan layanan penyimpanan cloud dari salah satu nama besar? G Cloud menyediakan alternatif yang cocok; ini adalah solusi pencadangan langsung untuk semua data Android Anda, termasuk foto. Terlepas dari namanya, aplikasi ini tidak terhubung dengan Google.

Setelah Anda membuat akun, aplikasi akan menanyakan kategori apa yang ingin Anda buat cadangannya. Pastikan untuk memilih Foto di sini. Jika mau, Anda dapat mengetuk panah di sebelah kanan bidang ini dan memilih untuk mencadangkan Hanya Foto Kamera. Kunjungi tab Data jika Anda ingin mengubahnya di masa mendatang.

Anda dapat mengetuk Cadangan Sekarang di layar beranda untuk memulai pencadangan kapan saja. Tapi ada baiknya mengetuk ikon Gear di bilah atas untuk mengubah cara fungsi aplikasi. Pilih Unggah Otomatis dan Anda dapat membatasi cadangan hanya saat perangkat Anda sedang diisi daya, atau sesuai jadwal yang ditentukan. Anda juga dapat mencegah pencadangan agar tidak berjalan saat Anda menggunakan data seluler.

G Cloud menyediakan sejumlah kecil ruang penyimpanan secara gratis. Jika Anda membutuhkan lebih banyak, kunjungi tab Store. Di sana, Anda dapat memperoleh ruang kosong tambahan atau membeli sesuai kebutuhan.

Saat Anda perlu mendapatkan kembali gambar Anda, ketuk tombol Pulihkan di halaman utama. Anda akan melihat bahwa G Cloud memisahkan setiap perangkat, memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola file yang telah Anda buat cadangannya dari telepon yang berbeda. Pilih perangkat yang ingin Anda pulihkan, lalu konfirmasikan kategori data.

Meskipun mencadangkan foto Android Anda penting, G Cloud adalah solusi yang bagus untuk melindungi konten ponsel Anda yang lain.

Unduh: G Cloud (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

Foto Amazon
Foto Amazon sangat mirip dengan Foto Google dan fitur unggah otomatis OneDrive. Dan penyimpanan gratis 5GB bukan sesuatu yang mengesankan. Namun, yang menarik di sini adalah bahwa anggota Perdana mendapatkan penyimpanan resolusi penuh tak terbatas untuk foto mereka. Ini adalah salah satu dari banyak manfaat Prime yang mungkin Anda abaikan.

Layanan ini memberikan pengalaman serupa dengan para pesaingnya. Setelah masuk dengan akun Amazon Anda dan memungkinkan akses aplikasi ke foto Anda, Anda dapat memilih untuk mengunggah semua foto Anda secara otomatis. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan menemukan bahwa Foto Amazon memiliki alat yang kuat untuk mencari, berbagi, dan mengatur gambar Anda. Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda menyembunyikan foto tertentu agar tetap terlindungi.

Buka More > Settings  untuk mengubah beberapa opsi. Anda khususnya harus mencari di bawah Auto-Save, di mana Anda dapat memilih apa yang akan dicadangkan secara otomatis, kapan melakukannya, dan folder apa yang harus dilindungi.

Unduh: Foto Amazon (Gratis, berlangganan tersedia)

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar