Selasa, 27 Agustus 2019

4 Cara Menjalankan Program Apa Saja Sebagai Administrator di Windows

Ketika Anda membuka sebagian besar program di Windows, mereka tidak dijalankan sebagai administrator, bahkan jika Anda masuk ke akun admin. Ini disebabkan oleh fitur yang disebut User Account Control  (UAC), yang memungkinkan Anda hanya menjalankan aplikasi dengan hak admin jika diperlukan.

Ini mungkin tampak menjengkelkan, tetapi ini melindungi PC Anda. Dengan tidak memberikan hak istimewa yang tidak dibutuhkan akun Anda, Anda menghindari kemungkinan membahayakan keamanannya.

Namun, seringkali Anda perlu menjalankan program sebagai administrator untuk membuat perubahan atau memecahkan masalah. Inilah cara menjalankan program Windows apa pun sebagai administrator, dan cara memperbaiki masalah terkait admin saat muncul.

 Metode Standar untuk Menjalankan Program sebagai Admin
Apakah Anda ingin meluncurkan program dari desktop Anda, Start Menu, atau File Explorer, mengklik kanan padanya akan menampilkan opsi Run as administrator. Setelah Anda mengklik ini, Anda akan melihat prompt UAC untuk menjalankan program dengan hak admin.

Ini dapat diandalkan tetapi membutuhkan beberapa klik tambahan. Anda bahkan dapat melakukannya dengan ikon di Taskbar Anda klik kanan ikon tersebut sekali untuk membuka menu, lalu klik kanan nama aplikasi di menu itu untuk memperlihatkan opsi Run as administrator.

Gunakan Keyboard untuk Buka sebagai Admin Lebih Cepat
Seperti banyak operasi, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk lebih cepat meluncurkan program sebagai administrator. Untuk melakukannya hanya dengan menggunakan keyboard, tekan tombol Windows untuk membuka bilah pencarian, maka Anda dapat segera mulai mengetik nama program yang ingin Anda buka.

Setelah disorot, tahan Ctrl + Shift dan tekan Enter. Ini akan meluncurkan prompt UAC, dan Anda dapat menekan tombol panah kiri diikuti oleh Enter untuk menerimanya tanpa menyentuh mouse.

Di beberapa tempat, Anda dapat menahan Ctrl + Shift ketika mengklik ikon program untuk meluncurkannya sebagai admin. Namun, ini tidak konsisten dalam pengujian kami.

Cobalah Metode Geeky untuk Dijalankan sebagai Admin
Untuk sesuatu yang sedikit berbeda, Anda dapat meluncurkan program sebagai admin melalui Task Manager. Gunakan pintasan Ctrl + Shift + Esc untuk membukanya, dan perluas dengan lebih jelas jika diperlukan.

Klik File > Run new task  dan masukkan nama yang dapat dieksekusi yang ingin Anda jalankan. Gunakan tombol Browse untuk menemukannya di PC Anda jika perlu. Create this task with administrative privileges, dan klik OK untuk menjalankannya.

Selalu Menjalankan Program sebagai Administrator
Mungkin ada program tertentu yang ingin Anda jalankan sebagai admin setiap saat. Dalam hal ini, Anda dapat mengaturnya agar tidak menggunakan salah satu metode di atas setiap kali Anda meluncurkannya.

Mulailah dengan mencari aplikasi yang ingin Anda modifikasi. Klik kanan entri pada hasil pencarian dan pilih Open file location untuk menunjukkan executable utamanya. Pada ini, klik kanan lagi dan pilih Properties.

Di jendela yang dihasilkan, beralih ke tab Kompatibilitas. Di dekat bagian bawah, centang kotak berlabel Run this program as an administrator, lalu tekan OK ketika Anda selesai. Setelah Anda selesai melakukannya, aplikasi akan meminta Anda untuk meluncurkan dengan izin admin setiap kali Anda membukanya.

Kami merekomendasikan menggunakan ini dengan hati-hati. Anda tidak boleh memberikan izin admin aplikasi kecuali Anda perlu secara aktif; menjalankan aplikasi sebagai admin setiap kali memudahkan malware untuk mendapatkan kontrol.
Baca Juga
Jika Anda suka, solusi yang sedikit lebih aman adalah membuat pintasan untuk aplikasi dan mengaturnya agar berjalan sebagai admin sepanjang waktu. Pertama, klik kanan yang dapat dieksekusi dan pilih Send to > Desktop (create shortcut) untuk menempatkan pintasan di desktop Anda.

Selanjutnya, klik kanan pintasan itu dan pilih Properti. Di kotak dialog yang dihasilkan, beralih ke tab Shortcut dan klik tombol Advanced di bagian bawah. Di sini, centang kotak Run as administrator.

Setelah melakukan ini, hanya pintasan itu, bukan file yang dapat dieksekusi utama, yang akan berjalan dengan hak admin.

Jalankan sebagai Administrator Tidak Bekerja
Terkadang, Anda akan menemukan bahwa tidak ada metode di atas untuk menjalankan program karena admin akan berfungsi. Jika ini terjadi, Anda dapat mencoba beberapa perbaikan berbeda.

Tinjau Pengaturan UAC
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Kontrol Akun Pengguna di Windows memungkinkan Anda mengontrol cara program dijalankan dengan hak admin. Jika Anda masuk ke akun administrator, Anda harus memberikan konfirmasi saat program ingin dijalankan sebagai admin. Mereka yang masuk ke akun standar harus memberikan kredensial administrator untuk melakukan ini.

Untuk memeriksa pengaturan Anda saat ini, ketik uac ke menu Start dan buka opsi User Account Control settings . Di sini Anda akan melihat empat level UAC untuk dipilih.
Dari atas ke bawah, ini adalah:
  • Selalu beri tahu ketika Anda membuat perubahan pada pengaturan Windows atau aplikasi membuat perubahan. Ini setara dengan implementasi UAC asli Windows Vista.
  • Beri tahu hanya ketika aplikasi mencoba melakukan perubahan. Ini adalah pengaturan default dan yang harus digunakan kebanyakan orang.
  • Beri tahu hanya ketika aplikasi mencoba melakukan perubahan, tetapi jangan redupkan desktop. Ini sama seperti di atas, kecuali jendela UAC tidak menggelapkan desktop.
  • Jangan pernah memberi tahu. Ini menonaktifkan permintaan UAC sama sekali. Kami tidak merekomendasikan pengaturan ini, karena ketika menggunakan akun admin, secara otomatis menyetujui semua permintaan untuk dijalankan sebagai administrator tanpa izin Anda. Dan jika Anda menggunakan akun Standar, itu secara otomatis menolak semua permintaan admin.

Dengan demikian, jika UAC Anda dinonaktifkan, Anda tidak akan dapat menggunakan perintah Run as admin dengan benar. Pastikan Anda telah mengaktifkannya, lalu coba lagi.

Pastikan Anda Memiliki Akses ke Akun Admin
Untuk menggunakan UAC dengan benar, Anda harus memiliki akses ke akun administrator. Jika Anda tidak memiliki kata sandi administrator atau Anda mengetikkan kredensial untuk akun yang bukan admin, itu tidak akan berfungsi. Dengan demikian, Anda harus memastikan Anda memiliki akun pengguna yang lurus.

Cara termudah untuk memeriksa ini adalah dengan memasukkan netplwiz ke menu Mulai untuk membuka panel Akun Pengguna. Di sini Anda akan melihat daftar semua pengguna di PC Anda dan grup apa yang mereka ikuti. Klik dua kali dan beralih ke tab Keanggotaan Grup untuk mengubah tingkat izin akun.

Tentu saja, Anda harus masuk ke akun admin untuk mengubahnya. Jika Anda lupa kata sandi untuk semua akun admin, Anda harus mengatur ulang kata sandi Windows Anda yang hilang. Jika Anda terus memiliki masalah setelah ini, cobalah membuat akun baru dan lihat apakah itu membuat perbedaan.

Jalankan Pemindaian SFC
Pemindaian File System Checker SFC, atau akan memeriksa file sistem Windows yang rusak dan mencoba memperbaikinya. Layak dicoba jika Anda sampai sejauh ini tanpa solusi, meskipun Anda harus memiliki izin admin untuk melakukannya.

Untuk menggunakannya, tekan Win + X dan pilih Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin) di menu yang dihasilkan. Kemudian masukkan perintah berikut:
sfc / scannow
Setelah selesai, Anda akan melihat pesan jika melakukan perbaikan.

Coba Safe Mode
Jika Anda telah memeriksa ulang semuanya di atas dan menemukan bahwa Anda masih tidak dapat menjalankan program sebagai admin dengan benar, selanjutnya Anda harus mencoba mem-boot dalam Safe Mode. Ini akan menonaktifkan semua kecuali layanan penting dari berjalan, memungkinkan Anda untuk melihat apakah ada layanan pihak ketiga yang mengganggu menjalankan sebagai fungsi admin.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar