Senin, 12 Agustus 2019

10 Cara Untuk Memperbaiki Masalah Pemasangan Bluetooth di Windows 10

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat bersama. Pada Windows 10, Anda dapat menggunakan Bluetooth untuk memasangkan keyboard, telepon, speaker, dan lainnya.

Bluetooth sangat baik ketika berfungsi, tetapi Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba memasangkan perangkat Anda ke sistem Windows 10. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki masalah pemasangan itu.

Periksa apakah perangkat Anda memiliki Bluetooth
Ini mungkin terdengar konyol, tetapi mudah untuk secara keliru menganggap bahwa suatu perangkat memiliki Bluetooth. Periksa spesifikasi produk perangkat Anda cari logo Bluetooth pada kemasan. Jika Anda tidak dapat menemukan referensi untuk itu, kemungkinan itu tidak mendukung Bluetooth dan sebaliknya harus terhubung melalui Wi-Fi atau kabel.

Jika komputer Windows 10 Anda yang tidak memiliki Bluetooth, jangan khawatir. Anda dapat membeli adaptor Bluetooth murah yang kecil dan masuk ke slot USB.

Pastikan Bluetooth Diaktifkan
Perangkat Anda tidak harus mengaktifkan Bluetooth secara default.

Pada Windows 10, tekan tombol Window + A untuk membuka Action Center. Pastikan ubin Bluetooth disorot dan hidup. Jika tidak, klik ubin untuk mengaktifkannya. Jika Anda tidak melihat ubin Bluetooth, klik Expand. Saat Anda di sini, periksa kembali bahwa Flight mode dinonaktifkan karena ini mematikan Bluetooth.

Atau, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Devices > Bluetooth & other devices dan geser Bluetooth ke On.

Perangkat yang ingin Anda pasangkan akan memiliki metode sendiri untuk mengaktifkannya, jadi periksa dokumentasinya. Bahkan mungkin ada saklar fisik untuk mengaktifkan Bluetooth.

Periksa Status Layanan Bluetooth
Bluetooth adalah layanan pada Windows 10. Layanan itu harus dihidupkan sebagai bagian dari proses di atas. Tetapi selalu terbaik untuk memeriksa lagi.

Tekan tombol Windows + R untuk membuka Run dan menginput services.msc. Daftar ini diurutkan berdasarkan Nama alfabet, jadi cari semua yang dimulai dengan Bluetooth.

Klik dua kali masing-masing dan periksa Service status. Jika ditampilkan sebagai Stopped, klik Start untuk menjalankannya.

Buat Sistem Anda Dapat Ditemukan
Yang membingungkan, pengaturan Windows 10 masih terfragmentasi, dan ini juga berlaku untuk Bluetooth.

Pengaturan untuk membuat PC Anda dapat ditemukan oleh perangkat Bluetooth lain tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Tekan tombol Windows + I dan pergi ke Devices > More Bluetooth options.

Centang Allow Bluetooth devices to find this PC ini dan klik OK. Ini tidak diperlukan jika Anda ingin memasangkan sesuatu seperti mouse atau keyboard, tetapi dapat membantu untuk memasangkan perangkat seperti ponsel.

Ubah Posisi Perangkat Anda
Bluetooth memiliki jangkauan terbatas. Nilai spesifiknya bervariasi, tetapi dalam pengaturan rumah, kira-kira sepuluh meter. Itu bisa sangat dikurangi dengan hambatan fisik seperti dinding.

Dengan demikian, pastikan perangkat yang ingin Anda pasangkan ke komputer Anda dihidupkan, terisi penuh, dan dalam jarak dekat dengan sistem Windows 10 Anda.

Juga, pastikan itu tidak terlalu dekat dengan perangkat lain menggunakan port USB 3.0. Perangkat USB tanpa pelindung terkadang dapat mengganggu koneksi Bluetooth.

Nonaktifkan Perangkat Bluetooth Lain
Secara teknis, Anda tidak perlu menonaktifkan perangkat Bluetooth lain, tetapi mereka mungkin menyebabkan gangguan ketika Anda mencoba memasangkan perangkat baru.
Baca Juga
Untuk menonaktifkannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan klik Devices. Pada gilirannya, klik setiap perangkat Bluetooth dan klik Remove device > Yes

Tentu saja, ingatlah untuk memasangkan perangkat ini lagi jika Anda masih membutuhkannya.

Baca Log Kejadian
Pada Juni 2019, Microsoft menambal Windows 10 untuk melindungi dari kerentanan keamanan Bluetooth. Namun, ini menyebabkan beberapa perangkat Bluetooth mengalami masalah konektivitas.

Anda dapat melihat apakah ini berdampak pada Anda. Tekan tombol Windows + X dan klik Event Viewer. Di bawah Ringkasan Acara Administratif, perluas Kesalahan dan cari yang berikut:

  • ID Peristiwa: 22
  • Event Source: BTHUSB atau BTHMINI
  • Name: BTHPORT_DEBUG_LINK_KEY_NOT_ALLOWED
  • Event Message Text: Perangkat Bluetooth Anda berusaha membuat koneksi debug. Tumpukan Windows Bluetooth tidak memungkinkan koneksi debug ketika sedang tidak dalam mode debug.

Jika Anda melihat ini, Microsoft merekomendasikan untuk menghubungi produsen perangkat Bluetooth Anda untuk melihat apakah mereka telah membuat tambalan. Jika tidak, Anda mungkin perlu membeli perangkat Bluetooth baru sepenuhnya.

Periksa Pembaruan Windows
Sebaiknya perbarui Windows untuk mendapatkan manfaat dari fitur dan tambalan keamanan terbaru. Ini dapat membantu menyelesaikan masalah dengan Bluetooth.

Windows 10 akan secara otomatis memperbarui, tetapi Anda dapat memeriksa dan menginstal pembaruan secara manual. Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan. Buka Pembaruan & Keamanan dan klik Periksa pembaruan.

Sistem Anda akan sudah menjalankan versi terbaru, atau akan mulai mengunduh dan menginstal tambalan baru.

Perbarui Driver
Driver Bluetooth Anda mungkin sudah usang. Ini akan sering terjadi jika Anda baru saja memperbarui Windows 10.

Untuk memeriksa pembaruan driver, tekan tombol Windows + X dan klik Device Manager. Buka Bluetooth dan klik kanan adaptor.

Klik Perbarui driver> Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui. Ikuti petunjuk. Setelah driver diperbarui, mulai ulang sistem Anda.

Jika proses ini tidak menemukan driver apa pun, periksa situs web pabrikan Anda dan unduh dari sana. Jika ini file EXE, buka dan ikuti instruksi.

Atau, itu format lain, seperti INF atau SYS, ikuti instruksi di atas untuk memperbarui melalui Pengelola Perangkat, tetapi pilih Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver ketika diminta. Jelajahi apa yang baru saja Anda unduh, pilih lokasi, klik OK, lalu Berikutnya untuk melihat panduan sampai akhir. Nyalakan kembali komputer Anda setelah selesai.

Jalankan Pemecah Masalah Bluetooth
Windows 10 memiliki pemecah masalah Bluetooth bawaan. Ini akan mendeteksi masalah dan secara otomatis mencoba memperbaikinya.

Untuk menjalankannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Update & Security > Troubleshoot > Bluetooth > Run the troubleshooter. Ikuti petunjuk.

Seharusnya memperbaiki masalah yang ditemukannya, tetapi beberapa dari mereka mungkin memerlukan tindakan manual Anda.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar