Sabtu, 11 Mei 2019

Tips Bermain Rise of Kingdoms (RoK) Untuk Pemula


Rise of Kingdoms, game membangun dan mengembangkan kerajaan serta pasukan menjadi kerajaan yang kuat dan tangguh untuk bersaing dengan pemain lain secara langsung dilapangan terbuka.

Sudah cukup lama sejak Game Strategy yang bernama Rise of Kingdoms atau yang dulunya adalah Rise of Civillizations ini dirilis secara Global September 2018 lalu. Dan sekarang sudah banyak sekali pemain aktif yang memainkan game ini baik pemain luar negeri atau dari indonesia sendiri.

Untuk para pemain lama pastinya mengerti bagaimana Lika Liku susah gampangnya bermain Game ini, dan juga mengetahui berbabagai tips dan triks dasar yang bagus untuk dilakukan atau dikerjakan saat bermain games ini agar kerajaan miliknya menjadi lebih kuat dengan cepat.

Tetapi disisi lain bagi para pemain baru mungkin akan menemui beberapa kebingungan saat bermain game ini. Seperti Mimin sendiri saat pertama kali bermain RoK ini yang kebingungan tentang apa yang sebaiknya dilakukan agar Kerajaan kita menjadi lebih kuat dengan cepat.

Oleh karena itu mimin ingin berbagi Tips bermain RoK untuk para pemula setelah mimin sudah cukup lama bermain game ini. Berikut Tips Bermain Rise of Kingdoms semoga ini dapat membantu kalian.


1. Pilih Kerajaan / Peradaban Terbaik Menurut Kalian.

- Ketahui Kelebihan Masing Masing Peradapan
Ada 12 Jenis Peradaban yang bisa kita pilih saat pertama kali memulai game ini. Masing Masing Peradapan tersebut tentunya memiliki sisi kelebihan masing masing yang akan menjadi bahan pertimbangan kita untuk memilih peradaban yang akan kita gunakan. 

- Alasan tepat memilih Peradaban sesuai keinginan Kalian
Ada 3 Alasan Umum untuk memilih jenis peradaban yang baik untuk digunakan, yaitu : Karena Starter Komandan, Karena Buff Peradaban, atau Karena Unit Unik dari Peradaban Tersebut.

2. Upgrade Komandan Kalian dengan Benar.

- Ketahui Masing Masing Jenis Komandan dan perannya
Ada berbagai macam Talent di RoK ini yang akan menjadi acuan peran dari setiap komandan. Masing masing Talent tentunya memiliki kelebihan masing masing dan penting untuk kita memahami setiap talent komandan agar nantinya tidak salah dalam meng upgrade talent komandan yang kita ingin gunakan.

- Focus Satu Satu Untuk Upgrade Komandan Andalan Kalian.
Pemain lama pastinya tau bagaimana sulitnya meng Upgrade Komandan hingga mencapai Exercise atau Max Skill maupun Max Level. Untuk meng Upgrade satu komandan saja hingga Max diperlukan banyak pengerbonan baik dari banyaknya exp yang perlukan dan juga patung komandan untuk upgrade skillnya. 

Oleh karena itu untuk pemain baru, sebaiknya kalian memilih salah satu komandan saja untuk menjadi komandan utama kalian dan selanjutnya focus upgrade hingga Max Upgrade. Setelah Max barulah kalian berpindah untuk mencari komandan mana lagi yang ingin kalian Maksimal kan. Hal ini lebih efektif dari pada kalian pukul rata memberikan exp dan patung komandan kepada setiap komandan kalian akhirnya malah tidak focus dan tidak ada satupun komandan kalian yang Max Upgrade.


F2P ? Jangan Upgrade Legendary Commander
Satu hal yang perlu diingatkan untuk para pemain baru RoK. Jika kalian hanyalah pemain modal gratisan atau Free To Play (F2P) sebaiknya jangan coba memilih Legendary Commander untuk menjadi Komandan Utama kalian diawal game. Kenapa ? Karena sulitnya untuk mencari Item Upgrade yang diperlukan untuk Legendary Commander seperti banyaknya exp, Patung, dan juga Bintang.

Lebih baik untuk memilih Epic Commander saja untuk menjadi Komandan Utama kalian. Karena Lebih mudah untuk di Upgrade ketimbang Legendary Commander. (Lebih baik memiliki Epic Commander dengan Max Upgrade ketimbang memiliki Legendary Commander namun Skill satu aja tidak Max AHaha) 

3. Tingkatkan Power dengan Cepat dan Efisien.

- Non Stop Upgrade Bangunan, Riset, dan Latih Pasukan
Jangan buat Builder, Academy Research, dan Area Pelatihan Troops kalian nganggur. Itu akan memperlambat peningkatan power kerajaan kalian. Oleh karena itu usahakan untuk mempunyai jadwal online yang pas agar Builder, Academy Research, dan area pelatihan kalian tetap bekerja sepanjang waktu.

Jika kalian merasa sibuk dengan urusan dunia, ingatlah kapan waktu selesai pekerjaan builder, academy research, atau area pelatihan kalian dan kemudian online disaat itu. Tidak akan sampai 5 menit untuk hanya click dan click tugas pekerjaan baru untuk kerajaan kalian, setelahnya kalian bisa offline kembali ke kesibukan kalian.

Jika kalian ingin tidur, buatlah pekerjaan upgrade yang memerlukan waktu lama yang mencakup seluruh waktu tidur kalian. Dengan hal itu maka tidak akan ada pekerja dikerajaan kalian yang ngganggur dan power kalian akan naik dengan efesien.

- Dahulukan Upgrade Bangunan atau Riset yang menambahkan Buff Penyingkatan waktu
Setelah kalian Upgrade City Hall. Periksalah lah Next upgrade bangunan bangunan kalian dan juga riset kalian. Jika ada yang memiliki buff atau efek penyingkatan waktu maka dahulukan lah untuk upgrade hal itu. Kenapa ? jelas dengan kalian meng upgrade bangunan atau riset yang memiliki buff atau efek mempersingkat waktu membangun atau riset sehingga setelah upgrade itu selesai maka waktu upgrade bangunan lain atau riset lain akan menjadi lebih cepat.

Sebagai contoh adalah Aliance Center. Selalu setelahnya mimin meng Upgrade City Hall selanjutnya mimin akan Upgrade Aliance Center. Karena dengan Aliance Center level yang lebih tinggi maka jumlah teman aliansi yang bisa membantu pembangunan atau riset kerajaan kita menjadi lebih banyak 1 orang dan untuk setiap teman yang membantu akan mempersingkat waktu upgrade sebanyak 1%, Jika mimin punya Aliance Center Level 16 yang memiliki jumlah maksimal dibantu adalah 20 teman maka mimin bisa mendapat total 20% penyingkatan waktu Upgrade dan itu luar biasa berguna untuk kerajaan mimin.

Contoh lainnya adalah dengan Riset Tehnologi Builder dan Riset. 

4. Focus Upgrade Bangunan Bangunan Prioritas.

- Upgrade City Hall (CH)
City Hall atau CH adalah bangunan utama dan menjadi pusat pembangunan dari kerajaan kalian. Dengan terbukanya level City Hall yang lebih tinggi maka akan banyak pula opsi opsi pembangunan baru terbuka. Selain itu CH dengan level yang lebih tinggi juga akan menambah jumlah maksimal daya tampung komandan kalian yang artinya akan menambah power pasukan kalian di battle field nanti.

- Upgrade Aliance Center
Setelah kalian Upgrade City Hall selanjutnya Upgrade lah Aliance Center kalian karena Alience Center dengan level lebih tinggi akan menambah jumlah maksimal teman yang membantu kalian untuk upgrade dan itu sangat efisien untuk mempersingkat waktu upgrade bangunan atau riset kalian berikutnya.

Upgrade Research Academy
Academy Research dengan level lebih tinggi akan membuka lebih banyak opsi opsi riset baru yang akan berguna untuk kita. Contohnya adalah Riset Militer yang bisa membuka Troop dengan tier lebih tinggi.

- Upgrade Hospital
Para pemain baru banyak yang lupa untuk upgrade Hospital mereka dan hanya mengupgrade Hospital meraka seadanya. Padahal Hospital adalah bangunan penting yang sangat berguna untuk menyokong kita disaat War.

Disaat War dengan Aliansi lain tentunya akan banyak pasukan kalian yang akan gugur atau terluka parah nanti. nah jika pasukan yang terluka parah melebihi daya tampung Hospital kalian maka pasukan kalian yang tidak bisa masuk kedalam Hospital akan mati. Itu sangat merugikan.

Jadi upgrade lah Hospital Kalian untuk memperbanyak daya tampung hospital kalian.

- Upgrade Wall dan Wacthtower
Wall dan Wacthtower adalah bangunan pertahanan dari Kerajaan kalian. Semakin tinggi Level Wall dan Wacthtower maka semakin kuat kerajaan kalian bertahan dari serangan pemain lain. Upgrade lah Wall dan Wacthtower sebelum kalian menyesal dan melihat kerajaan kalian terbakar dan dijarah oleh pemain lain.

5. Simpan dan Gunakan Gems dengan Tepat.

- Gunakan Gems untuk Membeli VIP 6
Vip 6 memiliki efek untuk membuka slot pembangungan kalian menjadi dua secara permanent. Itu sangat Signifikan jadi jangan gunakan Gems Kalian untuk hal lain sebelum kalian mendapat Vip  6.

- Gunakan Gems untuk Membeli Item Discount 70% di Courier Station
Rajin periksa Courier Station jika ada speed up diskon 70% atau lebih maka tidak ada salahnya untuk membeli itu.

6. Simpan dan Gunakan Item Speed Up disaat yang Tepat.

- Gunakan Item Speed Up disaat Event
Jangan terlalu terburu buru untuk menggunakan semua Speed Up kalian. Karena ada beberapa Event RoK yang memerlukan Item Speed Up untuk mendapatkan Rewardnya. 

Contohnya adalah Event : Siapa yang Dominan, yang akan memberikan reward jika kalian mencapai peningkatan power tertentu seperti 1 Juta Power Up. Tidak mungkin kalian bisa mencapai peningkatan Power 1 Juta dalam seminggu tanpa speed up, Jadi ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan speed up jadi kalian bisa berpeluang mendapatkan Reward dari Eventnya.

- Gunakan Item Speed Up Jika Terdesak
Ada waktu waktu terdesak saat kalian bermain RoK. Contohnya adalah saat war yang mana kalian memerlukan speed up Heal pasukan agar kalian bisa kembali kemedan perang dan membantu teman teman aliansi kalian. Tidak msalah menggunakan Beberapa Speed Up kalian jika itu untuk kemenangan kalian sendiri didalam War.

Contoh lain yang mimin sering adalah saat mimin mau tidur hehe.. Disaat mimin mau tidur tetapi waktu selesai pelatihan troop tinggal 30 menit lagi. Jika mimin tidur sekarang maka setelah 30 menit pelatihan troops akan selesai dan seterusnya akan mengganggur selama mimin tidur. Jika mimin tidur selama 6 jam maka ada waktu 5 jam 30 menit yang akan terbuang haha.. Oleh karena itu mimin terpaksa menggunakan speed up 30 menit dan menyelesaikan Pelatihan Upgrade kemudian langsung melatih troops baru lagi agar tidak ada waktu yang terbuang.

7. Simpan dan Gunakan Resouce Token disaat Terdesak.

- Hanya Gunakan Resouce Token disaat Terdesak Seperti War
Jangan Gunakan Resouce Token yang ada di Bag kalian jika kalian tidak memerlukannya. Jika kalian menghabiskan Resouce Token di Bag tanpa berpikir terlebih dahulu maka Resouce akan masuk ke StoreHouse kalian dan SDA yang ada didalam Storehouse dapat diintai dan dijarah oleh pemain lain. 

Gunakan Resouce token saat kalian benar benar memerlukannya saja dan gunakan secukupnya sebagai contoh disaat war karena saat war ada banyak SDA yang diperlukan untuk Heal Pasukan yang terluka.

8. Tugas Harian Para Pemain RoK yang juga harus kalian kerjakan.

- Selesaikan Daily Mission 
Daily Mission mempunyai Reward yang berharga dan berguna untuk kita. Jadi jangan sampai tertinggal mengerkakannya.

- Habiskan Action Poin (AP) Setiap Hari
AP atau Action Poin akan selalu dipulihkan. Jika AP Kalian sudah mencapai maksimal atau 1000 AP, Jangan dianggurkan. Gunakanlah untuk melawan barbarian ataupun ikut rally Fort.

- Kirim Troops Untuk Farming
SDA adalah Faktor penting dalam RoK baik untuk Keperluan War ataupun untuk Upgrade Bangunan. Semakin Tinggi Level kalian semakin banyak SDA yang diperlukan. Oleh karena itu jangan buat Komandan Farmer kalian ngganggur dan kirim mereka untuk Farming setiap ada kesempatan.

9. Selesaikan Tugas Expedisi.

- Selesaikan Expedisi Sebanyak banyaknya untuk Hadiah Harian
Cobalah untuk menyelesaikan sebanyak mungkin Expedisi dengan 3 Bintang. Karena semakin banyak Misi Expedisi yang selesai dengan 3 Bintang maka semakin banyak Reward Harian Expedisi yang kita dapatkan.

10. Buka Peta dan Jelajahi Dunia dengan Scout.

- Buka Peta untuk Melihat Situasi Kingdom
Ini adalah Game Real Time Strategy dan Diplomatic. Penting untuk kalian membuka peta menghilangkan kabut sebanyak mungkin agar kalian bisa memantau keadaan Aliansi lain yang mungkin akan menjadi musuh atau teman kalian nanti.

- Buka Peta untuk Mendapat Tribal Village dan Mysterius Cave 
Membersihkan kabut juga akan membuka lokasi tempat adanya Tribal Village dan Mysterius Cave. Tribal Village dan Mysterius Cave bisa memberikan kita hadiah yang lumayan berguna jika kita menemukannya. Jadi Terus gunakan lah Scout kalian untuk membuka Kabut sebanyak banyak nya. 

11. Bergabung dengan Aliansi Kuat dan Aktif

RoK adalah game yang tidak bisa dimainkan sendiri. Kita memerlukan teman atau partner dalam bermain game ini. Oleh karena itu bergabunglah dengan Aliansi. Dengan kalian bergabung ke dalam sebuah alian akan banyak faedah yang akan kalian dapatkan yang tentunya hal hal itu akan sangat membantu dalam perkembangan power kerajaan kalian.

12. Aktif dan Ikuti Event Sebisa Mungkin.

Event yang ada di RoK dapat terbilang sangat sering, Setiap minggu pasti ada saja Event yang akan dilaksanakan. Dan didalam sebuah Event pastinya ada Reward yang dapat diambil jika berhasil mengerjakan tugas tugasnya.

Kalian bisa memeriksa Event apa yang akan dilaksanakan di Kingdom kalian dalam seminggu kedepan dengan melihatnya di Kalender Event. 

Periksa hadiah apa saja yang bisa kalian ambil dari Event. dan jika menurut kalian Event tersebut dapat memberikan hadiah yang berguna untuk kalian maka cobalah yang terbaik untuk mengerjakan tugas dan mendapatkan semua reward yang kalian inginkan.

---------------------------------

Akhir Kata

Itulah tadi Tips Bermain Rise of Kingdoms untuk Pemula yang dapat mimin sampaikan berdasarkan pengalaman mimin sendiri dalam bermain game ini. Semoga Tips-Tips diatas dapat bermanfaat bagi teman teman pembaca sekalian.

Jikalau ada dari teman teman pembaca disini yang punya saran tambahan berupa tips bermain Rise of Kingdoms untuk para pemula, jangan sungkan untuk berbagi kepada kita semua dengan menambahkan di kolom kemontar ya.

Cukup sekian dari Mimin
Happy Gaming~

0 komentar:

Posting Komentar