Jumat, 30 November 2018

Ultimate Guide & Info Ragnarok Mobile : Eternal Love

Ragnarok Mobile Eternal Love merupakan game MMORPG yang ditujukan untuk platform mobile dengan tema yang diadaptasi dari game pendahulunya yaitu Ragnarok Online PC. Ragnarok Mobile Eternal Love atau yang selanjutnya saya singkat ROM ini adalah persembahan dari Gravity dan X. D Global Ltd dan sudah tersedia di Playstore Indonesia sejak tanggal 31 Oktober 2018 (Masa Open Beta).



Game ini sebelumnya sudah pernah dirilis di china dengan nama Ragnarok : Guardian of Eternal Love dan kini dirilis kembali dengan nama berbeda yaitu Ragnarok Mobile Eternal Love di Wilayah Asia Tenggara Termasuk Indonesia.

Berdeda dari game game Ragnarok Mobile sebelumnya yang pernah ada, ROM merupakan game Ragnarok Mobile yang memiliki gameplay paling mirip dengan Ragnarok Online PC ditambah lagi ROM memiliki Kualitas Grafik yang baik dan dapat menampilkan fitur sudut pandang kamera sehingga pemain dapat mengambil foto foto screenshot dengan view yang bagus dari dunia Ragnarok. Sungguh pantas dengan namanya Eternal Love yang menyajikan cinta abadi pada pemainnya dan jadi pilihan game nostalgia Ragnarok Online terbaik untuk saat ini.

Bagi kalian ingin mulai memainkan game ini saya sarankan untuk membaca habis artikel ini karena dalam artikel ini saya akan membahas poin poin apa saja yang ada dalam ROM mulai dari hal Basic sampai Advance yang kiranya dapat bermanfaat bagi kalian terutama untuk para pemain yang benar benar baru mengenal game Ragnarok.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Isi Artikel :
- How To Play 
- Penjelasan Character
- Job di Ragnarok
- Basic Quest
- Penjelasan Stamina
- Auto Battle
- Adventure Book
- Assisten Fitur 
- Pet Guide
- Tentang Guild
- Exchange System
- Cooking Guide
- Equipment Guide

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Permulaan

+ How To Play

Perlu diketahui diawal bahwa ROM ini adalah game platform mobile yang memerlukan spesifikasi yang tidak kecil mengingat game ini merupakan game adapatasi Ragnarok Online PC ke Platform Mobile jadi mungkin akan menciptakan perasaan tidak enak jika Handphone kalian sering Freeze atau Force Close saat memainkannya. Jadi harap pastikan dulu spesifikasi Handphone kalian memadai untuk memainkannya.

Spesifikasi Ragnarok Mobile Eternal Love Bisa Kalian Baca Disini

Selanjutnya tentang bagaimana cara bermain Ragnarok Mobile Eternal Love ini sama saja seperti game MMORPG Lain. Pemain akan memainkan karakter yang dibuat oleh pemain sendiri layaknya avatar dari pemain dan memainkannya sesuai peran / role yang diinginkan serta menjalani cerita atau main quest dalam game. Pemain juga dituntut untuk memperkuat karakter sendiri dengan cara mengumpulkan berbagai equipment, leveling, dan build status karakter. Dan pemain juga bisa bermain bersama pemain lain baik dalam PvE atau PvP.

Basic Guide

+ Character 

Untuk memulai petualangan baru didunia Ragnarok kalian akan diminta untuk membuat karakter baru untuk dimainkan. Setiap satu akun pemain akan mendapat jatah 2 slot karakter secara gratis dan maksimal 3 slot karakter namun untuk membuka slot ke tiga memerlukan topup.

Perlu kalian ketahui setiap karakter dalam satu akun dapat berbagi slot penyimpanan item yang sama, artinya setiap karakter dalam satu akun dapat saling bertukar item melalui gudang penyimpanan. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pamain yang suka main lebih dari satu karakter dan memang disaran kan untuk kalian yang suka membuat lebih dari satu karakter untuk membuatnya diakun yang sama saja tidak di akun yang berbeda.

Namun perlu diketahui juga kalau masing masing karakter tidak bisa dimainkan diwaktu yang bersamaan, jika mencoba memainkan langsung kedua karakter sobat dalam satu akun yang sama dengan 2 perangkat berbeda maka salah satu perangkat akan keluar otomatis. Jadi kalian tidak bisa memainkan secara bersamaan untuk dipakai grinding / farming disaat yang sama kecuali dipakai satu satu.

+ Job di Ragnarok Mobile

Saat memulai karakter baru kalian akan langsung disajikan 6 pilihan job yaitu swordman, mage, archer, acolyte, thief, atau merchant yang dapat kalian pilih. Ke-enam Job tersebut merupakan job tingkat kedua dari empat tingkatan job dalam RO dan sebenarnya job pertama kalian semua tetaplah sama yaitu novice walau kalian memilih pilihan job manapun saat memulai game. Namun tentunya ke-enam pilihan job awal ini kiranya sudah menjadi pengenalan dan garis beras bagi kalian nantinya untuk menentukan job dan peran apa yang akan kalian mainkan digame.

Untuk versi ROM sekarang, pilihan job dan upgrade job yang dapat kalian pilih yaitu :
Starter = Novice.
1st Job = Swordman, Mage, Archer, Acolyte, Thief, Merchant.
2nd Job (2-1) = Knigt, Wizard, Hunter, Priest, Assasin, Blacksmith
2nd Job (2-2) = Crusader, Monk, Rogue, Alchemist.
Rebirth 2nd Job (2-1) = Lord Knigt, High Wizard, Sniper, High Priest, Assasin Cross, Whitesmith.
Rebirth 2nd Job (2-2) = Paladin, Champion, Stalker, Biochemist.

Job yang ada di RO tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing dan tidak ada job terbaik dalam RO hal itu hanya pilihan pribadi kalian dan tergantung kalian ingin main kearah mana, entah fokus buat grinding, atau mau main PvP ataupun mau buat karakter yang bisa membuat item maka kalian hanya perlu memilih job yang dapat memadai keinginan kalian tersebut.

+ Basic Quest

Quest di dalam game terbagi menjadi 3 yaitu :  Main Quest, Side Quest, dan Daily Quest.

- Main Quest : ditandai dengan tanda seru (!) berwarna merah di map. Main quest adalah quest plot cerita utama dalam game yang umumnya menjadi prioritas utama untuk diselesaikan karena memberikan reward yang besar berupa exp dan lainnya.

- Side Quest : ditandai dengan tanda seru (!). berwarna hijau di map. Side quest merupakan quest sampingan dari quest utama, kalian bisa menemui berbagagai macam npc dimap yang memiliki side quest untuk diselesaikan, reward dari side quest bisa bermacam macam seperti untuk membuka fitur atau membuka akses skill lain dalam game atau hanya memberi reward item biasa.

- Daily Quest : ditandai dengan tanda seru (!) berwarna biru dimap. Daily Quest bisa ditemui disetiap kota ragnarok dan bisa di akses dengan berbicara dengan npc atau quest board yang ada di kota. Daily quest seperti namanya adalah quest harian dan memiliki waktu reset setiap harinya yaitu setiap 5.00 GMT. Daily quest bisa memberikan reward exp yang banyak jadi sebaiknya jangan sampai absen mengerjakannya tiap hari.

+ Stamina

Agak sedikit berbeda dari versi RO PC yang memperbolehkan pemain Grinding / Farming sepanjang hari tanpa batas. Ragnarok Mobile versi ini memberlakukan system stamina didalam gamenya yang membuat adanya batasan efektif untuk para pemain saat mau grinding dikarenakan jika pemain grinding saat sudah melampaui batas stamina yang diberikan maka hasil drop dari monster yang dilawan akan berkurang. Tentunya ini menjadi permasalahan bagi pemain pemain hardcore yg suka bermain hampir 24 jam dan harus mencari cara bagaimana memaksimalkan stamina yang diberikan setiap harinya.

System stamina di ROM singkatnya seperti ini :
- Stamina bisa dicek di bagian setting.
- Stamina bukan waktu bermain tapi waktu maksimal untuk combat battle.
- Setiap Character akan diberikan 300 Stamina setiap pukul 5.00 GMT.
- Jika Character tidak menghabiskan waktu 300 Stamina yang diberikan setiap harinya maka sisa stamina yang ada akan ditumpuk dengan 300 Stamina yang akan diberikan dihari berikutnya.
- Maksimal Stamina yang dapat ditumpuk adalah 900.
- Stamina hanya akan berkurang saat melakukan combat dengan monster.
- Jika pemain sudah melampaui batas stamina yang ada (akan berwarna merah di status stamina) maka tingkat drop monster yang dilawan selanjutnya akan berkurang.
- PvP tidak mempengaruhi stamina.
- Saat Party, setiap pengurangan stamina akan dibebankan pada setiap member party didalam map (walau afk tetap dikenakan).
- Saat Party, Pinalty pengurangan drop rate hanya berlaku untuk pemain yang melampai batas staminanya.

+ Auto Battle

Selanjutnya yang harus kalian ketahui adalah adanya fitur auto battle di game ROM. Fitur Auto battle ini akan membuat charakter kalian secara otomatis menyerang monster yang ditargetkan dalam map. Hal ini menjadi keuntungan dan kemudahan bagi pamain saat ingin melakukan grinding sehingga pemain tidak perlu repot repot lagi dan tidak perlu pegal lagi mengklik klik skill, semua dijalankan oleh bot system jadi kalian bisa tinggal untuk mengerjalan yang lain, walau namun juga membawa efek yang kurang baik yaitu game tidak menjadi otentik lagi.

Auto battle dapat kalian atur di bagian skill, di bagian bawah sebelah kanan adalah slot skill yang bisa diatur untuk memasukan skill apa yg akan digunakan.

+ Adventure Book

Adventure Book merupakan fitur dari Ragnarok Mobile yang berfungsi untuk mencatat dan memberikan reward atas pencapaian pencapaian karakter pemain dan juga sebagai fitur pencatatan informasi database game milik pribadi karakter seperti buku ensiklopedia.

- Adventure Rank & Adventure Skill
Sebagai Petualang kalian akan diberikan Tittle berdasarkan tingkat pencapaian kalian yang kalian dapat di Adventure Book. Adapun Adventure Rank sebagai berikut :

1. Novice : Novice adalah tittle pertama untuk semua petualang setelah mendapat Adventure Book.
2. Scout : Novice > Scout (syarat Adventure Lv 5)
3. Grade F : Scout > Grade F (syarat Adventure Lv 10)
4. Grade E : Grade F > Grade E (syarat Adventure Lv 15)
5. Grade D : Grade E > Grade D (syarat Adventure Lv 20)

Nb : Untuk mengupgrade Adventure Rank Berbicara dengan Adventure NPC di prontera (Bersebelahan dengan Adventure Skill NPC) dan selesaikan quest yang diberikan. Untuk lebih detailnya bisa dibaca disini : Cara mengupgrade Adventure Rank Novice, Scout, Grade F/ E/ D Ragnarok Mobile Eternal Love.

- Apa keuntungan dari Mengupgrade Adventure Rank ? Dengan mengupgrade adventure rank kalian akan bisa mengakses dan mempelajari lebih banyak Adventure Skill.

- Apa itu Adventure Skill ? Adventure Skill adalah skill unik yang dimiliki oleh para petulang yang memiliki berbagai macam fungsi untuk membantu para petualang. Contohnya menambah slot tas, menambah slot auto skill, mempermudah pencarian monster mvp, dll.

- Cara mempelajari Adventure Skill ? Berbicara dengan Adventure Skill NPC yang ada di Prontera. Setiap Adventure Skill memerluakan persyaratan untuk mempelajarinya yaitu Adventure Poin dan Zenny, kalian akan membayarkan sejumlah persyaratan yang diperlukan untuk setiap adventure skill. Untuk penjelasan skill apa saja yang bisa kalian pelajari : Adventure Skill Guide Ragnarok Mobile Eternal Love.


+ Assisten Fitur

Selanjutnya adalah fitur Assisten, Fitur assiten ada dibagian atas layar di sebelah event. Fitur Assisten bisa dibuka jika karakter sudah mencapai lv 20 dan menjalankan quest untuk mendapatkan assiten. Ada dua assinten yang bisa kalian pilih, namun perbedaan antara keduanya hanyalah gender saja dan tidak ada perbedaan pada fungsinya.

Fungsi Assisten sendiri yaitu :
- Dapat memberikan Reward Advanture saat menyelesaikan Quest Rekomendasi dari Assisten.
- Untuk dapat melihat kondisi pasar item yang ada di Ragnarok. Di menu assisten dibawah pilihan rekomendasi ada pilihan Finansial Hari ini yang dapat memperlihatkan kondisi pasar 3 hari terakhir atau 7 hari terakhir seperti barang apa yang harganya sedang naik atau turun, dan barang apa yang sedang banyak laku atau populer.

+ Pet Guide

- Cara mendapatkan Pet
Setelah Kalian mencapai Lv 30 kalian bisa menjalankan Quest menangkap pet yang ada di South Gate Prontera. Hanya tinggal mengikuti arahan saja dan kalian bisa mendapat Poring sebagai pet pertama kalian.

Ada berbagai jenis pet yang bisa kalian tangkap di Ragnarok ini. Dan cara menangkapnya hampir sama saja dengan penjelasan yang diberikan oleh npc saat quest tsb hanya saja perbedaannya untuk berbagai jenis pet memerlukan item penangkap pet yang berbeda pula. Item untuk menangkap pet bisa didapat di Tower Endless atau kalian bisa membelinya di Excange.

Untuk detail bagaimana cara menangkap berbagai jenis Pet bisa kalian baca di Sini : Penjelasan Lengkap Bagaimana Menangkap Pet Di Ragnarok Mobile Eternal love.

- Kegunaan Pet
Setelah Kalian menangkap Pet pertama kalian, Kalian bisa mendapatkan 2 Item ini yaitu Pet Adventure dan Labor Traveling machine.

Pertama, Pet Adventure dapat mengirimkan pet yang kita miliki untuk mengerjakan misi sendiri atau berpetualang sendiri. Setiap pet adventure akan menggurangi stamina pemain dan ada waktu seberapa lama adventure pet dilakukan setiap stagenya. Jika pet sudah selesai berpetualang dan kembali kalian akan mendapat berbagai macam reward yang ada distage adventure pet tsb.

Kedua adalah Labor Traveling Machine, Fungsi dari item ini adalah hampir sama dengan pet adventure namun bedanya disini pemain mengirimkannya untuk bekerja seperti menjadi penjada toko dll. Pet Labor juga tidak menghabiskan stamina pemain dan Pet Labor bisa memberi reward reward yg banyak seperti pot exp base dan pot exp job. Ini adalah cara terenak untuk mendapatkan Exp.

Untuk detail dan tips lebih lanjut tentang bagaimana cara memanfaatkan sebaik mungkin pet yang kalian miliki, baca tips ini : Penjelasan Lengkap Manfaat Pet di Ragnarok Mobile Eternal Love.

+ Guild Fitur

- Cara membuat atau bergabung dengan Guild
Untuk membuat guild, kalian bisa membuat Guild dengan berbicara kepada Valkyre yabg ada di arah jam 12 di kota Izule. Adapun persyaratan yang diperlukan yaitu : sudah mencapai lv 25, membayar 200.000 Zenny, dan memberikan 1 Emperium kepada Valkyre.

Sementara cara bergabung dengan guild yang sudah ada tinggal hanya mengajukan permohonan ke guild yang ingin kita bergabung. Permohonan bida diajakun di menu guild saat kalian tidak memiliki guild.

- Menaikan Level Guild
Semakin tinggi level guild kalian maka akan semakin banyak fitur yang bisa dibuka di guild.

Cara meningkatkan Level Guild adalah dengab cara mengerjakan hal hal yang dapat memberikan poin contribusi guild, seperti donasi, dojo, mengerjakan quest board bersama sama. Semakin banyak poin contribusi yang terkumpul semakin cepat guild kalian naik level.

- Cara mendapatkan Poin Contribusi
1. Memberikan Donasi Item Ke Guild
Kalian bisa menemui NPC di Guild Hall untuk mengetahui Item apa yang sedang diperlukan Guild sekarang. Item yang diperlukan guild bermacam macam dan diatur oleh system. Setiap kalian mendonasikan item kalian yang diperlukan guild maka kalaian akan mendapat reward poin kontribusi sesuai yang tertera.

2. Dojo
Kalian bisa melakukan dojo di Guild Hall, temui saja NPC yang ada disana untuk menuju dojo. Untuk melakukan dojo kalian memerlukan party bersama teman satu guild kalian. Setalah selesai dojo kalian akan diberikan reward kontribusi. Masing masing karakter hanya bisa mendapat satu kali reward dojo setiap harinya, namun bisa memasuki dojo berulang kali jika untuk membantu teman lain yang belum dojo.

3. Quest Board Bareng
Dengan membentuk party bersama teman satu guild dan mengerjakan bersama sama quest board harian kalian juga akan menambah kontribusi guild.

- Fungsi Guild
Selain sebagai perkumpulan pemain dalam game. Guild juga memiliki beberapa fungsi utama yang tidak bisa dilewatkan, yaitu :

1. Untuk mendapat Rune Character
Setelah masuk ke Guild Hall kalian bisa menemui NPC Valkyrie untuk menjalankan quest berkah dari dewa. Jika Quest ini kalian selesaikan kalian akan mendapat item Aesir Monument.

Aesir Monument inilah yang dapat menambahkan rune ke karakter kalian. kalian hanya perlu membuka item aesir monument tsb didalam tas kalian dan pilihan rune akan muncul. Cara menambahkan rune ke karakter kalian hanyalah dengan membayarkan kontribusi guild atau medal yang diperlukan untuk tiap tiap rune yang ingin kalian ambil.

Disarankan untuk tidak mengambil rune sembarangan, dan usahakan mencari build rune yang sesuai job karakter kalian.

2. Prey to Valkyrie
Fitur lain yang ada dalam guild, yaitu kalian bisa berdoa kepada Valkyre yanh ada di guild hall. Manfaat yang dapat kalian ambil setelah berdoa adalah dapat meningkatkan status karakter kalian seperti meningkatkan Hp, PAtk, MAtk, dll. Namun fitur ini memiliki bayaran yang cukup mahal.

3. Fasilitas Guild
Ada berbagai fasilitas guild lain yang kalian bisa dapatkan jika berapa dalam satu guild seperti membuka dungeun guild atau membuka fasilitas refine diguild, namun tentunya tiap fasilitas yang bisa kalian akses tetap bergantung pada level guild. Jadi tetap konsisten untuk berkontribusi kepada guild untuk cepat meningkatkan level guild kalian.

+ Exchange System

Exchange adalah fitur jual/beli yang disediakan untuk pemain dapat melakukan transaksi jual/beli item dalam game dengan mudah.

Adapun hal yang harus kalian ketahui tentang Exchange yaitu :
- Exchange bisa kalian akses di NPC Exchange yang ada disetiap kota.
- Kalian bisa mencari berbagai barang yang ingin kalian beli dengan pencarian.
- Kalian bisa menjual berbagai barang yang bisa dijual diexchange dari menu jual, kalian memiliki 8 slot barang untuk menaruh barang jualan kalian.
- Harga dari setiap Item Exchange ditentukan oleh System dan bisa berubah ubah sesuai kondisi pasar.
- Kalian bisa mengambil hasil jual/beli kalian di menu Trade.
- Barang yang tidak terjual selama 24 jam akan dianggap kadaluarsa dan dikirim kembali.
- Harga pajak penjualan diexchange bervariasi sesuai harga barang dirak.

+ Cooking Guide

Cook merupakan fitur yang membuat kalian dapat membuat masakan dalam game. Ada berbagai recipe makanan yang dapat kalian buat dalam game dan masing masing makanan dapat memberikan sejumlah buff yang luar biasa untuk pemakannya. Tentunya kalian tidak boleh menganggap remeh kemampuan memasak dalam game ini.

- Cara mengunlock fitur Cooking ?
1. Pergi menuju Royal Cooking Association dari Prontera (arah jam 12 pada map, dan kalian juga bisa berbicara dengan NPC Entrance yang berada didepan Prontera Royal untuk kesana) 
2. Berbicara dengan NPC Pizza di Royal Cooking Association untuk mengambil quest.
3. Jalankan Quest yang diberikan oleh Pizza, dan jika sudah selesai kalian akan mendapat item Cook Book ditas kalian.

- Cara mengakses Fitur Cooking ? Gunakan Cook Book yang ada di Tas kalian, Happy Cooking
- Cooking Recipe ? Cooking Recipe Ragnarok Mobile Eternal Love.

+Equipment Guide

Equipment merupakan salah satu bagian penting dari setiap karakter agar dapat menjadi lebih kuat. Walau karakter kalian sudah memiliki level yang tinggi tapi jika tanpa adanya Equipment yang bagus, karakter kalian hanya akan tetap menjadi karakter prematur yang lemah.

Untuk mendapatkan Equipment, pada dasarnya kita bisa memperoleh equipment dari : Shop, Crafting. Drop Item, dan Gatcha. Selain dari itu kita juga bisa mendapatkan equipment dengan membeli di exchange. Hanya saja perlu diingat bahwa setiap equipment dengan kualitas yang bagus memiliki harga yang tidak lah murah, dan hal ini menjadikan keinginan kita untuk mendapat set equipment yang luar biasa menjadi sangat susah untuk diwujudkan terkecuali jika kita mau berkerja keras mencari jutaan zenny atau mengambil jalan pintas yaitu Topup.

Equipment juga dapat di Upgrade untuk mendapat status yang lebih kuat. Ada 5 macam jenis Upgrade yang perlu kita ketahui, yaitu : Refine, Enhanting, Enchanting, Upgrade, Card Socket.

- Enhancing :

Merupakan penguatan dasar dari equipment dengan memberikan penambahan status dasar seperti menambah atk ataupun def.

Untuk meningkatkan level Enhance dapat dilakukan langsung dari menu backpack / tas dan hanya memerlukan Zenny untuk meningkatkan setiap level enhanting.

Kita bisa meningkatkan level enhance tiap equipment sebanyak jumlah base level yang kita miliki, artinya jika kita punya level 35 maka kita hanya bisa meningkatkan enhance sampai level 35 juga.

Enhance merupakan cara termurah untuk meningkatkan performa equipment, karena hanya memerlukan zenny untuk melakukan upgrade dan enhance juga tidak akan pernah gagal, ditambah lagi hasil level Enhance pada satu equipment bisa diturunkan atau dipindahkan ke equipment lain dengan mudah.

- Refine :

Memperkuat Equipment dengan menambahkan status refine yang memiliki efek menambah atk ataupun def sesaui jenis equipment yang di refine. Berbeda dengan Enhancing, hasil peningkatan status Refine memiliki efek yang lebih kuat dari enhanting biasa.

Untuk melakukan Refine equipment, bicara saja dengan NPC Blacksmith di Prontera. Kemudian kalian memerlukan material Oridecon atau Elunium dan juga sejumlah zenny untuk setiap kali refine equipment kalian.

Refine merupakan cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas equipment kita, namun refine terbilang sangat mahal karena memerlukan material yang murah, ditambah lagi refine juga memiliki potensi gagal.

Perlu diingat : Untuk refine 1 - 4 memiliki 100% keberhasilan jadi tidak akan gagal, kemudian untuk 5 dan seterusnya persentase keberhasilan akan turun dan ada banyak kemungkinan untuk gagal terkecuali mengunakan safe refine. Jika refine gagal, ada dua skenario yang dapat terjadi : pertama level refine akan turun saja, kedua level akan turun ditambah equipment akan menjadi Broken (hancur).

- Enchaning :

Memperkuat Equipment dengan menambahkan random bonus set status unik pada equipment. Random bonus set status dapat kalian lihat dengan meng click info icon pada Jendela Menu Enchantment.

Untuk melakukan Enchantment, bicara saja dengan NPC Cat yang berada di kota Geffen. Kalian memerlukan Zenny untuk menlakukan Basic Enchantment dan Mora Koin untuk melanjutkannya menjadi Advanced Enchanctment.

- Upgrade :

Menambahkan set atribut bonus Equipment sesuai dengan apa yang tertera pada penjelasan equipment tersebut. Tidak semua equipment memiliki fungsi upgrade dan kebanyakan equipment yang dapat diupgrade adalah equipment hasil crafting dan juga drop rare monster. Umumnya equipment upgrade memiliki beberapa tingkatan upgrade seperti I~IV, dan untuk beberapa equipment jika mencapai end-upgrade atau tingkat IV akan dapat merubah equipment menjadi equipment lain yang merupakan meningkatan dari equipment sebelumnya.

Untuk melakukan Upgrade kalian bisa langsun meng-click icon upgrade seperti tanda panah merah keatas yang berada di tab menu equipment saat kalian membuka tas. Kalian memerlukan sejumlah material dan zenny untuk meng-upgrade setiap equipment kalian. Tidak perlu kwatir saat ingin meng upgrade equipment kalian karena upgrade selalu berhasil, hanya saja kalian perlu hati hati untuk memilih equip mana yang benar benar ingin kalian upgrade agar tidak membuang buang zenny nantinya.

Perlu diingat : Jika Equip diupgrade ke End Upgrade dan berubah menjadi Equip baru, maka hasil refine akan berkurang 2 level dan juga penambahan slot card (jika slot card dibuka) akan kembali menjadi 1. Jadi untuk menjaga zenny sebaiknya jika kita ingin meng refine atau menambah slot card pastikan dulu equipment yang kita pilih sudah end equipment atau tidak berubah menjadi equip baru lagi saat di upgrade.

- Card Socket :

Menambahkan jumlah slot card yang dapat dipasang diequipment. Dapat diakses melalui NPC card slot yang ada di kota Gaffen. Untuk menambah jumlah card slot pada satu equipment kita memerlukan 10 equipment dengan nama yang sama sebagai materialnya, jadi upgrade dengan menambah card slot ini juga terbilang mahal.

Detail lebih lengkap mengenai Upgrading Equipment bisa kalian baca disini : Equipment Guide

Penutup

Hanya sampai ini saja Basic Guide dari Ragnarok Mobile Eternal Love yang dapat Hizaku buat. Semoga Basic Guide ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang Ragnarok terutama bagi kalian yang baru mulai memainkannya.

Tentunya diluar dari artikel ini masih banyak yang dapat digali dari Ragnarok Mobile untuk meningkatkan gameplay dan efesiensi permainan kita, oleh karena itu saya akan selalu berusaha untuk terus update dan memperbaharui artikel guide dari Ragnarok Mobile ini.

Terakhir tidak lupa saya ucapkan Terima kasih bagi kalian yang sudah membaca Artikel ini.

Happy Gaming (^.^ )_

0 komentar:

Posting Komentar